Rpp 1 Lembar Pai dan Bp kelas 4 kurikulum 2013 revisi Terbaru ( Iman kepada Allah dan Rosul-Nya)

PENDIDIKAN - Halo selamat beraktifitas para pembaca semua, pada malam ini kita ingin berbagi mengenai contoh Rpp Pai dan Bp kelas 4 kurikulum 2013 revisi 2018 bab Iman kepada Allah dan Rosul-Nya yang semoga dapat membantu anda sekalian yang sedang membutuhkannnya untuk keperluan proses belajar mengajar di sekolahan dasar / SD atau di madrasah ibtidaiyyah / MI

Pada kesempatan yang memasuki tahun ajaran baru ini, kita akan membagikan RPP PAI dan BP kelas 4 untuk bapak / ibu guru yang sedang membutuhkannya, agar tidak capek mengganggu waktu para guru yang seharusnya digunakan untuk membimbing dan mendidik pura-putri harapan bangsa

Rpp 1 Lembar Pai dan Bp kelas 4 kurikulum 2013 revisi Terbaru

Rpp adalah singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk para guru yang hendak mengajar, jadi sewajarnya RPP disusun ketika awal masuk tahun ajaran baru 2018 - 2019 seperti saat ini

Dan RPP yang Paling Baru Adalah yang model RPP 1 lembar sesuai peraturan kemendikbud terbaru, yaitu membuat RPP cukup dengan 1 lembar saja, agar tidak ribet dan mudah dipahami, namun RPP satu lembar tersebut sebenarnya adalah ringkasan dari RPP terdahulu, dan mudah membuatnya kok, cukup download RPP yang ada, terus cari pon poin penting dan dijadikan 1 lembar saja, gampang banget

Rpp Pai dan Bp kelas 4 kurikulum 2013 revisi 2020

Meskipun sudah ada dalam buku guru rencana pembelajaran untuk satu tahun, namun sebagai pelengkap maka guru wajib membuatnya, dan agar waktu lebih efektif maka sebaiknya tinggal download saja , tapi tetap sebelum di print harus diedit dan disesuaikan dengan keadaan situasi sekolahannya

Visit Link:






Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang sudah di revisi tahun 2018, materi pokok Beriman kepada Allah dan Rasull-Nya  semester 1 tahun pelajaran 2018 - 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah    :           SD N ...................................................
Mata Pelajaran   :           Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester   :           IV / I
Materi Pokok      :           2. Beriman kepada Allah dan Rasull-Nya
Alokasi Waktu    :           1 x 2 Jam Pelajaran ( 70 menit )

A. Kompetensi Inti
KI-1 Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI-2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.

KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain

KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
NO
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
1
3.3 Memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil,danAl-‘Azim
3.3.1  Menyebutkan makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil,dan Al-‘Azim
3.3.2  Menjelaskan makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil,dan Al-‘Azim

2
4.3 Membaca al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, danAl-‘Azim dengan jelas dan
benar
4.3.1  Melafalkan al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil,dan Al-‘Azim
4.3.2  Hafal al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil,dan Al-‘Azim

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui model kooperatif learning peserta didik dapat:
•           Menyebutkan makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil,dan Al-‘Azim
•           Menjelaskan makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil,dan Al-‘Azim
•           Melafalkan al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil,dan Al-‘Azim
•           Hafal al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil,dan Al-‘Azim

D. Materi Pembelajaran
Beriman kepada Allah dan Rasull-Nya





E. Metode Pembelajaran     
1.Metode Pembelajaran : Kooperatif learning           
2.Teknik Pembelajaran : Jigsaw         


F. Media dan Sumber Pembelajaran  
1.         Media 
            -          
2.         Sumber Belajar           
-          Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls IV SD, Kemdikbud Jakarta, 2017; Hal. 11-22
-           

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
NO
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU
1
Pendahuluan        
a. Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’abersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;                       
b. Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan programpembiasaan yang ditentukan sebelumnya); 
c. Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;              
d. Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi beriman kepada Allah dan Rasull-Nya;                      
e. Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;                      
15 menit
2
Kegiatan Inti
a.  Mengenal Allah Swt. melalui Asmaul Husna                             b. Peserta didik mencermati gambar dan menjelaskan isi gambar!
b. Tanya jawab tentang asmaul husna. Misalnya: “Apakah kalian pernahmendengar asmaul husna yang jumlahnya 99?”. Jika ya. Coba kamu lafalkan yang kalian sudah  hafal!          
c. Guru menyampaikan pelajaran asmaul husna, hanya al-Bashir, al-‘Adl dan al-‘Azim. Secara berpasangan, guru meminta peserta didik membaca asmaul husna tersebut.         
d. Peserta didik mendiskusikan asmaul husna al-Bashir, al-‘Ad dan al-‘Azim secara berpasangan/kelompok kecil. Agar pembelajarannya fokus,guru diperkenankan membuat rambu-rambu. Misalnya, carilah arti dari ketiga asma itu, apa beda melihat Allah dengan melihat manusia. Apa makna adil di depan Tuhan? Mengapa A llah itu disebut ‘Azim, dan seterusnya. (tugas kelompok, guru harus mengamati sikap peserta didik di dalam kelompok. Misalnya, kerjasamanya, keaktifannya, kontribusinya).
e. Peserta didik  mempresentasikan hasil diskusi perkelaompok  di depan kelas, dan kelompok yang lain menanggapinya          
40 menit
3
Penutup
a. Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
b. Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan, 
c. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok; 
d. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
15 menit

H. Penilaian
Pada kolom kegiatan “Insya Allah kamu bisa,” untuk penguatan pemahaman, peserta didik secara kelompok menjelaskan kembali tentang mengenal Allah Swt. melalui asmaul husna. Penilaian terhadap kegiatan ini guru dapat menggunakan contoh rubrik berikut.
Rubrik Penilaian
# Aspek Pengetahuan
           
1.   Jelaskan Pengertian Beriman kepada Allah, SWT dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari !

2.  Jelaskan pengertian al-Basir Allah Swt dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari                             
3.  Jelaskan pengertian al-Adl Allah Swt dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari !                                                     
4.   Jelaskan pengertian al-Azim Allah Swt dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari !                                                                                      
# Aspek Spiritual                                                     
Perilaku syukur                      
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan                
Toleransi beragama                                                                                                                                                    
I. Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik yang sudah mencapai kompetensinya dalam memahami beriman kepada Allah dan beriman kepada Rasul Allah, maka peserta didik diminta untuk mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan. Karena peserta didik sudah kompeten dalam pemahaman dan dapat memberikan contoh-contoh, guru boleh menjadikan peserta didik tersebut sebagai tutor sebaya, dengan tujuan untuk lebih memantapkan kemampuannya. Alternatif lain, peserta didik dapat membaca/menghafal/menulis ayat/surat pendek yang lain.

J. Remidi
Bagi peserta didik yang belum menguasai materi, guru terlebih dahulu mengidentifikasi hal-hal yang belum dikuasai. Berdasarkan hal itu, peserta didik kembali memelajarinya dengan bimbingan guru, dan melakukan penilaian kembali. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30 menit setelah jam belajar selesai.

L. Interaksi ruru dan orang tua
Aktivitas peserta didik di sekolah sebaiknya dikomunikasikan dengan orang tuanya. Komunikasi ini berguna untuk keterpaduan pembinaan terhadap peserta didik. Secara teknis,
Sekolah (guru) dan orang tua menyediakan buku penghubung. Peserta didik diminta memperlihatkan komentar guru pada buku penghubung kepada orang tuanya dengan memberikan komentar balasan dan paraf.


                                                                                                            JAKARTA,   20 Juli 2018
Mengetahui :

Kepala SD .............................................                                 Guru Pendidikan Agama Islam




......................................................                                          .................................................
NIP.                                                                                        NIP.

Rpp Pai dan Bp kls 4 kurikulum 2013 revisi 2018 2019


Nah, itulah contoh Rpp Pai dan Bp kelas 4 kurikulum 2013 revisi 2018 ( Iman kepada Allah dan Rosul-Nya) yang dapat kita bagikan kepada anda, dan sekali lagi anda tidak usah ribet downlod Rpp nya, tinggal salin pada word dan edit sedikit bisa langsung tancap gas siap untuk diperiksa oleh pengawas

Dan sebagai pendukung kita juga bagikan soal kelompok pendidikan Agama Islam dan budi pekerti untuk kelas 4 ini, yaitu sebagai berikut:

TUGAS KELOMPOK
NAMA KELOMPOK :

SOAL
1.         Jelaskan Pengertian Beriman kepada Allah, SWT dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari !
JAWAB...........................................................................................................................

2.         Jelaskan pengertian al-Basir Allah Swt dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari !
JAWAB...........................................................................................................................

3.         Jelaskan pengertian al-Adl Allah Swt dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari ! 
JAWAB...........................................................................................................................
                                   
4.         Jelaskan pengertian al-Azim Allah Swt dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari !
JAWAB...........................................................................................................................

Nah, itulah Rpp Pai dan Bp kelas 4 kurikulum 2013 revisi 2018 ( Iman kepada Allah dan Rosul-Nya), dan Yang paling baru adalah RPP 1 lembar dan kalo ada kesempatan akan kita update, terimakasih

Postingan terkait: