Rpp PAI dan BP Kls 5 K13 ( Mari Belajar al-Qur’an ) Tahun Ajaran 2018-2019

PENDIDIKAN - Selamat pagi siang sore petang kepada anda semua, salam kenal dari kami kepada anda yang berada dari sabang sampai merauke , pada kesempatan ini kita ingin berbagi mengenai Rpp PAI dan BP Kls 5 K13 ( Mari Belajar al-Qur’an ) Semester 1 yang mudah mudahan dapat membantu yang sedang membutuhkan dan perlu dicatat bahwa ini gratis alias free untuk siapa saja

RPP adalah Rencana Program Pembelajaran yang harus dibuat oleh para tenaga pendidik di lingkungan pendidikan formal yang dicanangkan oleh pemerintah, Contoh Rpp ini dibuat sebelum melaksanakan proses belajar mengajar di dalam kelas, dan pada kali ini kita bagikan gratis ( tidak perlu download muter-muter ) cukup kopikan dan pindahkan ke word dan edit sedikit jadi deh

Pai dan bp merupakan singkatan dari pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti yang mana suatu pelajaran yang wajib dilaksanakan di tiap jenjang sekolah formal, dan Rpp PAI dan BP Kelas 5 Kurikulum 2013 dengan materi pokok atau pelajaran tentang Mari Belajar al-Qur’an ini berada pada Semester 1 jenjang SD ( Sekolah Dasar ) atau MI ( Madrasah Ibtidaiyyah ) dan kita dapat dari beberapa sumber terpercaya dan sudah yang terbaru ( update tahun ajaran 2018 2019 ) revisi 2018 tahun ini

Dan sekali lagi contoh Rpp PAI dan BP Kls 5 SD K-13 ( Mari Belajar al-Qur’an ) ini tidah pertu di download , cukup di copy pastekan pada mc.word yang ada pada komputer atau PC dan dapat di perbaharui sesuai dengan kondisi yang ada di sekolahan anda sekalian, karena tiap sekolah berbeda-beda situasi dan kondisinya


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :    SD N ............................................
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                   :    V / I
Materi Pokok                      :    1. Mari Belajar al-Qur’an
Alokasi Waktu                    :   3 x 4 Jam Pelajaran (3 pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KI-1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI-3    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
1.1 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil.

2.
2.4 Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S.at-Tin.
2.41. Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tin
3.
3.3 Mengetahui makna Q.S. al-Ma’µn dan Q.S.at-Tin dengan benar.
3.3.1 Mengetahui makna Q.S.at-Tin dengan benar
4.
4.1  Membaca Q.S. al- Ma’µn dan Q.S.at-Tin dengan tartil.
4.2  Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al- Ma’µn dan Q.S.at-Tin dengan baik dan benar.
4.3  Menunjukkan hafalan Q.S. al- Ma’µn dan Q.S.at-Tin dengan baik dan benar.
4.4  Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tin.
4.1.1 Membaca Q.S.at-Tin dengan tartil.
4.2.1  Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S.at-Tin.
4.3.1 Menunjukkan hafalan Q.S.at-Tin.
4.4.1Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tin.


C. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
•  Membaca Q.S.at-Tin dengan tartil.
•  Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S.at-Tin.
•  Menunjukkan hafalan Q.S.at-Tin.
•  Mengetahui makna Q.S.at-Tin dengan benar
•  Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tin.
•  Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tin.

D. Materi Pembelajaran
1. Q.S.at-Tin.
2. Pesan-pesan yang terkandung dalan Q.S.at-Tin.

E. Metode Pembelajaran
1. Ceramah  interaktif (menceritakan dan menjelaskan kisah melalui gambar atau tayangan visual/film yang bersifat kontekstual kekinian)
2. Diskusi dalam bentuk the educational-diagnose  meeting  artinya  peserta  didik  berbincang

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
Illustrasi gambar atau tayangan visual (film) yang relevan.
2. Alat:
Kertas karton, CD, proyektor, laptop, televisi, vcd player, layar
3. Sumber Pembelajaran:
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk SD/MI Kls V. Hal. 1-12

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
Pembelajaran dimulai dengan:
1) guru mengucapkan salam dan berdo’a bersama;
2) guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
3) guru menyapa peserta didik; dan
4) guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5) Sebelum masuk pada inti pembelajaran membaca, guru terlebih dahulu meminta agar peserta didik secara klasikal mencermati mengapa orang yang membaca al-Qur’an tergolong manusia yang beruntung dan istimewa.

20 menit
2.
Kegiatan Inti
Pertemuan ke 1
A . Membaca Surah  at-Tin
1) Sebelum masuk pada inti pembelajaran membaca, guru terlebih dahulu menyampaikan secara singkat bagaimana cara membaca al-Qur’an yang baik dan benar.
2) Guru menunjuk beberapa peserta didik sebagai model untuk membaca Q.S.at-Tin.
3) Guru  memberikan  penguatan  dengan  memberikan  contoh membaca Q.S.at-Tin yang benar.
4) Guru melafalkan secara berulang huruf-huruf yang dianggap sulit dan peserta didik diminta untuk menirukan pelafalan tersebut secara bersama. Selanjutnya, secara bergiliran peserta didik melafalkan Q.S.at-Tin dengan benar.
5) Guru kembali memberikan contoh bacaan Q.S.at-Tin yang benar.
6) Peserta didik menirukan bacaan Q.S.at-Tin bersama-sama, selanjutnya ditunjuk beberapa peserta didik untuk membacanya.
Pada bagian “Sikap Kebiasaanku: insya Allah aku selalu membaca al-Qur’an surah at-T³n,” guru memotivasi peserta didik untuk mendengarkan bacaan Q.S.at-Tin yang benar dari salah satu audio seperti radio kaset. Kemudian meminta agar menirukannya secara berulang dan membiasakan diri untuk selalu membacanya.

Pertemuan ke 2
B. Menghafal Surah  at-Tin
1) Guru melafalkan dengan cara menghafal Q.S.at-Tin dengan suara jelas ayat satu s.d dua, diikuti seluruh peserta didik, sesekali meminta salah satu peserta didik untuk menghafalnya (lakukan sebanyak dua sampai tiga kali).
2) Mengikuti langkah poin satu, diteruskan ayat tiga sampai ayat empat, ayat lima sampai ayat enam, dan ayat tujuh sampai ayat delapan.
3) Lakukan pola ayat satu sampai ayat empat (lakukan sebanyak dua-tiga kali).
4) Diteruskan pola ayat lima sampai ayat enam (lakukan sebanyak dua-tiga kali).
5) Selanjutnya pola ayat tujuh sampai ayat delapan (lakukan sebanyak dua-tiga kali).
6) Pola terakhir ayat satu s.d. delapan (satu surah utuh) diawali gurunya, kemudian diikuti peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).
Bila belum hafal juga, dapat diulangi melalui cara yang sama dari langkah 1) s.d. 6). Bila sudah banyak yang hafal secara individual, peserta didik mendemonstrasikan hafalannya.
Pada bagian “Sikap Kebiasaanku: Insya Allah aku selalu menghafal al-Qur’an surah at-Tin,” guru memotivasi peserta didik untuk mendengarkan bacaan Q.S.at-Tin yang benar dari salah satu audio seperti radio kaset. Kemudian meminta agar menirukannya secara berulang sampai hafalanya semakin baik dan benar.

Pertemuan ke 3
C. Menulis Surah at-Tin
1) Guru menulis kalimat Basmalah dan beberapa penggalan ayat Q.S.at-Tin pada papan tulis atau melalui media lainnya. Kemudian memberikan garis pada tulisan tersebut untuk mengetahui posisi rangkaian masing-masing hurufnya.
2) Pada saat yang bersamaan, peserta didik diminta untuk mencermati cara penulisannya.
3) Guru menunjuk peserta didik secara bergantian untuk mempraktikkan
penulisan beberapa penggalan ayat seperti yang sudah dicontohkan.
4) Guru meminta agar semua peserta didik menyalin beberapa penggalan
ayat tersebut secara berulang pada kertas lembaran.   Bila sudah banyak yang  mampu  menulis  secara  individual,  peserta  didik  diminta  untuk menyalin Q.S.at-Tin pada buku tulis masing-masing.
Pada bagian “Sikap Kebiasaanku: Insya Allah aku selalu berlatih menulis al-Qur’an surah at-Tin,” guru memotivasi peserta didik agar terus berlatih menulis Q.S. at-Tin secara berulang sampai dapat menulisnya dengan baik dan benar.

D. Makna Kandungan Surah at-T³n
1) Guru  membagi  peserta  didik  ke  dalam  beberapa  kelompok.  Setiap kelompok diminta untuk membaca Q.S. at-Tin dan mencermati artinya. (dalam kegiatan ini, bila memungkinkan guru dapat juga menyajikan buah tin dan buah zaitµn di kelas)
2)  Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan alasan mengapa surah ini dinamakan surah at-Tin.
3) Selanjutnya, secara berkelompok peserta didik mengamati gambar tentang
buah t³n dan buah zaitµn serta mendiskusikan keterkaitannya dengan Q.S. at-Tin.
4) Setiap kelompok menuliskan hasil pencermatannya dan diskusinya serta menyampaikannya di depan kelompok lain.
5) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap apa yang dikemukakan oleh masing-masing kelompok.
6) Peserta  didik  secara  berkelompok  diberikan  tugas    untuk  berdiskusi tentang pesan-pesan mulia yang terkandung dalam Q.S. at-Tin.
7) Secara bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan hasilnya dan  kelompok  lainnya  memperhatikan/menyimak  dan  memberikan tanggapan.
8)  Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut.

100 menit
3.
Penutup
1.  Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
2.  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
3.  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok;
4.   Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.


20 menit

H. Penilaian

A. Membaca
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu membaca Q.S. at-Tin melalui rubrik berikut.

Rubrik Penilaian
No.
Nama Peserta Didik
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Cukup
Kurang Lancar
1.






2.






3.






dst







Keterangan
Sangat lancar  : Bacaannya lancar, pengucapan hurufnya tepat, panjang dan pendek bacaannya benar.
Lancar             : Bacaannya lancar, pengucapan hurufnya tepat, panjang dan pendek bacaannya benar, akan tetapi sedikit kurang tepat.
Cukup             : Bacaannya lancar sebagian, panjang dan pendek bacaannya benar tetapi pengucapan hurufnya kurang sempurna
Kurang            : Bacaannya tersendat-sendat, panjang dan pendek bacaannya kurang sempurna

Konversi dalam Bentuk Angka
Sangat lancar  = 4 dan skor yang diperoleh 4/4 x 100 = 100
lancar              = 3 dan skor yang diperoleh 3/4 x 100 = 75
Sedang            = 2 dan skor yang diperoleh 2/4 x 100 = 50
Kurang            = 1 dan skor yang diperoleh 1/4 x 100 = 25

B. Menghapal
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menghafal Q.S. at-Tin melalui rubrik berikut.
Rubrik Penilaian
No.
Nama Peserta Didik
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Cukup
Kurang Lancar
1.






2.






3.






dst







Keterangan
Sangat lancar  : Hafalan lancar, pengucapan hurufnya tepat, panjang dan pendek bacaannya benar.
Lancar             : Hafalan lancar, pengucapan hurufnya tepat, panjang dan pendek bacaannya benar, akan tetapi sedikit kurang tepat.
Cukup             : Hafalan lancar sebagian, panjang dan pendek bacaannya benar tetapi pengucapan hurufnya kurang sempurna
Kurang            : Hafalan tersendat-sendat, panjang dan pendek bacaannya kurang sempurna

Konversi dalam Bentuk Angka
Sangat lancar  = 4 dan skor yang diperoleh 4/4 x 100 = 100
lancar              = 3 dan skor yang diperoleh 3/4 x 100 = 75
Sedang            = 2 dan skor yang diperoleh 2/4 x 100 = 50
Kurang            = 1 dan skor yang diperoleh 1/4 x 100 = 25
C. Menulis
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menulis Q.S. at-Tin melalui rubrik berikut.
Rubrik Penilaian
No.
Nama Peserta Didik
Kriteria
Skor
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang Baik
1.






2.






3.






dst







Keterangan
Sangat lancar  : Peletakan huruf tepat, harakatnya tepat, tulisannya jelas
Lancar             : Peletakan huruf tepat, harakatnya tepat, tulisannya sedikit kurang jelas.
Cukup             : Peletakan huruf tepat, harakatnya tepat, tulisannya kurang jelas.
Kurang            : Peletakan  huruf  dan  harakatnya  kurang  tepat,  tulisannya kurang jelas.

Konversi dalam Bentuk Angka
Sangat lancar  = 4 dan skor yang diperoleh 4/4 x 100 = 100
lancar              = 3 dan skor yang diperoleh 3/4 x 100 = 75
Sedang            = 2 dan skor yang diperoleh 2/4 x 100 = 50
Kurang            = 1 dan skor yang diperoleh 1/4 x 100 = 25

Catatan:
•  Guru dapat mengembangkan instrumen penilaian sesuai dengan kebutuhan.
•  Guru diharapkan memiliki catatan sikap atau nilai-nilai karakter yang dimiliki peserta didik selama dalam proses pembelajaran. Catatan terkait dengan sikap atau nilia-nilai karakter yang dimiliki oleh peserta didik dapat dilakukan dengan tabel berikut ini.

No
Nama Peserta Dididk
Kriteria
Kerjasama
Kreatif
Partisipatif
Kreatif
TB
MT
MB
MK
TB
MT
MB
MK
TB
MT
MB
MK
TB
MT
MB
MK























































Kriteria dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti: disiplin, jujur, sopan santun, dll.
Keterangan:
MK   =    Membudaya (apabila peserta    didik    terus    menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indicator secara konsisten).
MB   =    Mulai berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT    =    Mulai  terlihat (apabila  peserta  didik  sudah  memperlihatkan tanda-tanda  awal  perilaku  yang  dinyatakan  dalam  indikator namun belum konsisten).
BT     =    Belum terlihat  (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).

Tugas Kelompok
Pada tugas ini guru dapat memberikan penilaian melalui rubrik sebagai berikut.
Rubrik Penilaian
Keterangan:
Baik                :    Hasil  penyampaian runtun, relevan, dan jelas.
Cukup             :    Hasil penjelasan runtun, relevan, namun kurang jelas.
Kurang            :    Hasil  penjelasan  kurang  runtun,  kurang  relevan, dan kurang jelas.

Konversi dalam Bentuk Angka
lancar          = 3 dan skor yang diperoleh 3/3 x 100 = 100
Sedang       = 2 dan skor yang diperoleh 2/3 x 100 = 67
Kurang       = 1 dan skor yang diperoleh 1/3 x 100 = 33

I. Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, bagi peserta didik yang sudah menguasai materi, diminta untuk mendampingi temannya  (tutor sebaya) melancarkan bacaan, hafalan dan tulisan Q.S. at-Tin.

J. Remidial
Jika terdapat peserta didik yang belum lancar membaca, menghafal, dan menulis, serta belum memahami kandungan Q.S. at-T³n, guru memberikan kembali contoh cara membaca, menulis, dan menghafal Q.S. at-T³n yang benar (belum mencapai KKM pada kurun waktu yang telah ditentukan). Peserta didik mendapatkan tambahan jam untuk belajar lagi cara membaca, menghafal dan menulis yang benar dan menirukannya secara berulang. Selanjutnya, memberikan
pemahaman kembali tentang kandungan Q.S. at-T³n melalui berbagai pendekatan
yang  disesuaikan  dengan  kebutuhan  peserta  didik.  Pelaksanaan  remedial dilakukan pada hari   dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30 menit setelah jam pulang. (Untuk penilaian dapat dilihat pada poin 5)

K. Interaksi Guru dan Orang Tua

Guru meminta peserta didik memperlihatkan bagian “Ayo Berlatih,” dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Dapat juga dilakukan dengan menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk bertukar infomasi. Selanjutnya orang  tua  mengamati  perkembangan  kemampuan  peserta  didik  dalam penguasaan bacaan, hafalan, dan tulisan Q.S. at-T³n di rumah.


Mengetahui,
Kepala SDN Karang Mekar Mandiri 2




.....................................
NIP. ................................


Jakarta,  ......................... 2018
Guru Mapel PAI & BP




.................., S.Pd. I
NIP. ....................................

 Barangkali itulah yang dapat kita sajikan untuk anda semua dan semoga artikel Rpp PAI dan BP Kls 5 K13 ( Mari Belajar al-Qur’an ) Tahun 2018-2019 Semester 1 dapat membantu siapa saja yang sedang membutuhkan

Postingan terkait: