PENDIDIKAN - Selamat pagi siang sore petang kepada anda semua, salam kenal dari kami kepada anda yang berada dari sabang sampai merauke , pada kesempatan ini kita ingin berbagi mengenai Rpp PAI dan BP Kls 5 K13 ( Mari Belajar al-Qur’an ) Semester 1 yang mudah mudahan dapat membantu yang sedang membutuhkan dan perlu dicatat bahwa ini gratis alias free untuk siapa saja
RPP adalah Rencana Program Pembelajaran yang harus dibuat oleh para tenaga pendidik di lingkungan pendidikan formal yang dicanangkan oleh pemerintah, Contoh Rpp ini dibuat sebelum melaksanakan proses belajar mengajar di dalam kelas, dan pada kali ini kita bagikan gratis ( tidak perlu download muter-muter ) cukup kopikan dan pindahkan ke word dan edit sedikit jadi deh
Pai dan bp merupakan singkatan dari pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti yang mana suatu pelajaran yang wajib dilaksanakan di tiap jenjang sekolah formal, dan Rpp PAI dan BP Kelas 5 Kurikulum 2013 dengan materi pokok atau pelajaran tentang Mari Belajar al-Qur’an ini berada pada Semester 1 jenjang SD ( Sekolah Dasar ) atau MI ( Madrasah Ibtidaiyyah ) dan kita dapat dari beberapa sumber terpercaya dan sudah yang terbaru ( update tahun ajaran 2018 2019 ) revisi 2018 tahun ini
Dan sekali lagi contoh Rpp PAI dan BP Kls 5 SD K-13 ( Mari Belajar al-Qur’an ) ini tidah pertu di download , cukup di copy pastekan pada mc.word yang ada pada komputer atau PC dan dapat di perbaharui sesuai dengan kondisi yang ada di sekolahan anda sekalian, karena tiap sekolah berbeda-beda situasi dan kondisinya
Barangkali itulah yang dapat kita sajikan untuk anda semua dan semoga artikel Rpp PAI dan BP Kls 5 K13 ( Mari Belajar al-Qur’an ) Tahun 2018-2019 Semester 1 dapat membantu siapa saja yang sedang membutuhkan
RPP adalah Rencana Program Pembelajaran yang harus dibuat oleh para tenaga pendidik di lingkungan pendidikan formal yang dicanangkan oleh pemerintah, Contoh Rpp ini dibuat sebelum melaksanakan proses belajar mengajar di dalam kelas, dan pada kali ini kita bagikan gratis ( tidak perlu download muter-muter ) cukup kopikan dan pindahkan ke word dan edit sedikit jadi deh
Pai dan bp merupakan singkatan dari pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti yang mana suatu pelajaran yang wajib dilaksanakan di tiap jenjang sekolah formal, dan Rpp PAI dan BP Kelas 5 Kurikulum 2013 dengan materi pokok atau pelajaran tentang Mari Belajar al-Qur’an ini berada pada Semester 1 jenjang SD ( Sekolah Dasar ) atau MI ( Madrasah Ibtidaiyyah ) dan kita dapat dari beberapa sumber terpercaya dan sudah yang terbaru ( update tahun ajaran 2018 2019 ) revisi 2018 tahun ini
Dan sekali lagi contoh Rpp PAI dan BP Kls 5 SD K-13 ( Mari Belajar al-Qur’an ) ini tidah pertu di download , cukup di copy pastekan pada mc.word yang ada pada komputer atau PC dan dapat di perbaharui sesuai dengan kondisi yang ada di sekolahan anda sekalian, karena tiap sekolah berbeda-beda situasi dan kondisinya
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD N ............................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : V / I
Materi Pokok : 1. Mari
Belajar al-Qur’an
Alokasi Waktu : 3 x 4 Jam Pelajaran (3 pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI-1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI-3 Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
1.
|
1.1
Terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil.
|
|
2.
|
2.4 Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan
sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S.at-Tin. |
2.41. Memiliki sikap
saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tin
|
3.
|
3.3
Mengetahui makna Q.S. al-Ma’µn dan Q.S.at-Tin dengan benar.
|
3.3.1
Mengetahui makna Q.S.at-Tin dengan benar
|
4.
|
4.1 Membaca Q.S. al- Ma’µn dan Q.S.at-Tin dengan tartil.
4.2 Menulis
kalimat-kalimat dalam Q.S. al- Ma’µn
dan Q.S.at-Tin dengan baik dan
benar.
4.3 Menunjukkan hafalan Q.S. al- Ma’µn dan Q.S.at-Tin dengan baik dan benar.
4.4 Mencontohkan
perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tin.
|
4.1.1
Membaca Q.S.at-Tin dengan tartil.
4.2.1
Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S.at-Tin.
4.3.1
Menunjukkan hafalan Q.S.at-Tin.
4.4.1Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal
kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tin.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat:
•
Membaca Q.S.at-Tin dengan tartil.
•
Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S.at-Tin.
• Menunjukkan
hafalan Q.S.at-Tin.
•
Mengetahui makna Q.S.at-Tin dengan benar
• Mencontohkan perilaku saling
mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tin.
• Memiliki sikap saling mengingatkan dalam
kebajikan sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S.at-Tin.
D. Materi
Pembelajaran
1. Q.S.at-Tin.
2. Pesan-pesan yang terkandung dalan Q.S.at-Tin.
E. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah interaktif (menceritakan
dan menjelaskan kisah melalui gambar
atau tayangan visual/film yang
bersifat kontekstual kekinian)
2. Diskusi dalam
bentuk the educational-diagnose meeting
artinya peserta didik
berbincang
F. Media, Alat, dan
Sumber Pembelajaran
1. Media:
Illustrasi
gambar atau tayangan visual (film) yang
relevan.
2. Alat:
Kertas karton, CD, proyektor, laptop, televisi, vcd player, layar
3. Sumber Pembelajaran:
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk SD/MI
Kls V. Hal. 1-12
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
Pembelajaran dimulai dengan:
1) guru mengucapkan salam dan berdo’a
bersama;
2)
guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran;
3) guru menyapa peserta didik; dan
4) guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5) Sebelum masuk pada inti pembelajaran
membaca, guru terlebih dahulu meminta agar peserta didik secara klasikal mencermati mengapa
orang yang membaca al-Qur’an
tergolong manusia yang beruntung dan istimewa.
|
20
menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
Pertemuan
ke 1
A . Membaca Surah at-Tin
1)
Sebelum masuk pada inti pembelajaran membaca, guru terlebih dahulu menyampaikan secara singkat bagaimana cara membaca
al-Qur’an yang baik dan benar.
2) Guru menunjuk beberapa peserta didik
sebagai model untuk membaca Q.S.at-Tin.
3) Guru memberikan penguatan
dengan memberikan contoh membaca Q.S.at-Tin yang benar.
4) Guru melafalkan secara berulang
huruf-huruf yang dianggap sulit dan peserta
didik diminta untuk menirukan pelafalan tersebut secara bersama. Selanjutnya, secara bergiliran peserta didik
melafalkan Q.S.at-Tin dengan benar.
5) Guru kembali memberikan contoh bacaan
Q.S.at-Tin yang benar.
6)
Peserta didik menirukan bacaan Q.S.at-Tin bersama-sama, selanjutnya ditunjuk beberapa peserta didik untuk membacanya.
Pada bagian “Sikap Kebiasaanku: insya Allah aku selalu membaca
al-Qur’an surah at-T³n,” guru memotivasi
peserta didik untuk mendengarkan bacaan Q.S.at-Tin yang benar dari salah satu audio seperti radio kaset.
Kemudian meminta agar menirukannya secara berulang dan membiasakan
diri untuk selalu membacanya.
Pertemuan
ke 2
B. Menghafal Surah at-Tin
1)
Guru melafalkan dengan cara menghafal Q.S.at-Tin dengan suara jelas ayat satu s.d dua, diikuti seluruh peserta didik, sesekali
meminta salah satu peserta didik untuk menghafalnya (lakukan
sebanyak dua sampai tiga kali).
2)
Mengikuti langkah poin satu, diteruskan ayat tiga sampai ayat empat, ayat lima sampai ayat enam, dan ayat tujuh sampai ayat
delapan.
3) Lakukan pola ayat satu sampai ayat
empat (lakukan sebanyak dua-tiga kali).
4) Diteruskan pola ayat
lima sampai ayat enam (lakukan sebanyak dua-tiga kali).
5) Selanjutnya pola ayat
tujuh sampai ayat delapan (lakukan sebanyak dua-tiga kali).
6)
Pola terakhir ayat satu s.d. delapan (satu surah utuh) diawali gurunya, kemudian diikuti peserta didik (lakukan sebanyak 2-3
kali).
Bila belum hafal juga, dapat diulangi
melalui cara yang sama dari langkah 1)
s.d. 6). Bila sudah banyak yang hafal secara
individual, peserta didik mendemonstrasikan
hafalannya.
Pada bagian “Sikap Kebiasaanku: Insya Allah aku selalu
menghafal al-Qur’an surah at-Tin,” guru memotivasi peserta
didik untuk mendengarkan bacaan Q.S.at-Tin
yang benar dari salah satu audio seperti radio kaset. Kemudian meminta agar menirukannya secara berulang sampai
hafalanya semakin baik dan benar.
Pertemuan
ke 3
C. Menulis Surah at-Tin
1) Guru menulis kalimat
Basmalah dan beberapa penggalan ayat Q.S.at-Tin pada papan tulis atau melalui media lainnya. Kemudian memberikan
garis pada tulisan tersebut untuk
mengetahui posisi rangkaian masing-masing hurufnya.
2) Pada saat yang
bersamaan, peserta didik diminta untuk mencermati cara penulisannya.
3)
Guru menunjuk peserta didik secara bergantian untuk mempraktikkan
penulisan beberapa penggalan ayat seperti yang sudah dicontohkan.
4)
Guru meminta agar semua peserta didik menyalin beberapa penggalan
ayat tersebut secara berulang pada kertas lembaran. Bila sudah banyak yang mampu menulis secara individual, peserta didik diminta untuk menyalin Q.S.at-Tin pada buku tulis masing-masing.
Pada bagian “Sikap Kebiasaanku: Insya Allah aku selalu berlatih
menulis al-Qur’an surah at-Tin,” guru
memotivasi peserta didik agar terus berlatih menulis Q.S. at-Tin
secara berulang sampai dapat menulisnya dengan baik dan benar.
D. Makna Kandungan Surah at-T³n
1) Guru membagi
peserta didik ke
dalam beberapa kelompok.
Setiap kelompok diminta untuk membaca Q.S. at-Tin dan mencermati
artinya. (dalam kegiatan ini, bila
memungkinkan guru dapat juga menyajikan buah tin dan buah zaitµn di kelas)
2) Peserta didik secara berkelompok
mendiskusikan alasan mengapa surah ini dinamakan surah at-Tin.
3) Selanjutnya,
secara berkelompok peserta didik mengamati gambar tentang
buah t³n dan buah zaitµn serta mendiskusikan keterkaitannya dengan Q.S. at-Tin.
4) Setiap
kelompok menuliskan hasil pencermatannya dan diskusinya serta menyampaikannya di depan kelompok lain.
5) Guru
memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap apa yang dikemukakan oleh masing-masing kelompok.
6) Peserta didik
secara berkelompok diberikan
tugas untuk berdiskusi tentang pesan-pesan mulia yang terkandung dalam Q.S. at-Tin.
7) Secara bergantian masing-masing kelompok
mempresentasikan hasilnya dan kelompok
lainnya
memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan.
8) Guru memberikan penjelasan tambahan dan
penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut.
|
100
menit
|
3.
|
Penutup
1. Membuat
kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
2. Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan
mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah
dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
3. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan
memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok;
4. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
|
20
menit
|
H. Penilaian
A.
Membaca
Guru melakukan penilaian terhadap
peserta didik dalam kegiatan individu membaca
Q.S. at-Tin melalui rubrik berikut.
Rubrik Penilaian
No.
|
Nama Peserta
Didik
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
Sangat Lancar
|
Lancar
|
Cukup
|
Kurang Lancar
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Sangat lancar : Bacaannya lancar, pengucapan hurufnya tepat,
panjang dan pendek bacaannya benar.
Lancar : Bacaannya lancar, pengucapan hurufnya tepat,
panjang dan pendek
bacaannya benar, akan tetapi sedikit kurang tepat.
Cukup : Bacaannya lancar sebagian, panjang dan pendek
bacaannya benar
tetapi pengucapan hurufnya kurang sempurna
Kurang :
Bacaannya
tersendat-sendat, panjang dan pendek bacaannya kurang sempurna
Konversi dalam Bentuk Angka
Sangat lancar = 4
dan skor yang diperoleh 4/4 x 100 = 100
lancar =
3 dan skor yang diperoleh 3/4 x 100 = 75
Sedang =
2 dan skor yang diperoleh 2/4 x 100 = 50
Kurang = 1 dan skor
yang diperoleh 1/4 x 100 = 25
B. Menghapal
Guru melakukan penilaian terhadap
peserta didik dalam kegiatan individu menghafal
Q.S. at-Tin melalui rubrik berikut.
Rubrik Penilaian
No.
|
Nama Peserta
Didik
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
Sangat Lancar
|
Lancar
|
Cukup
|
Kurang Lancar
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Sangat lancar : Hafalan lancar, pengucapan hurufnya tepat,
panjang dan pendek bacaannya benar.
Lancar : Hafalan lancar, pengucapan hurufnya tepat,
panjang dan pendek
bacaannya benar, akan tetapi sedikit kurang tepat.
Cukup : Hafalan lancar sebagian, panjang dan pendek bacaannya benar tetapi pengucapan hurufnya kurang
sempurna
Kurang :
Hafalan tersendat-sendat, panjang dan pendek
bacaannya kurang sempurna
Konversi dalam Bentuk Angka
Sangat lancar = 4
dan skor yang diperoleh 4/4 x 100 = 100
lancar =
3 dan skor yang diperoleh 3/4 x 100 = 75
Sedang =
2 dan skor yang diperoleh 2/4 x 100 = 50
Kurang = 1 dan skor yang diperoleh 1/4 x
100 = 25
C. Menulis
Guru melakukan penilaian terhadap
peserta didik dalam kegiatan individu menulis
Q.S. at-Tin melalui rubrik berikut.
Rubrik Penilaian
No.
|
Nama Peserta
Didik
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang Baik
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Sangat
lancar : Peletakan huruf tepat, harakatnya tepat,
tulisannya jelas
Lancar : Peletakan huruf tepat, harakatnya tepat,
tulisannya sedikit kurang jelas.
Cukup : Peletakan huruf tepat, harakatnya tepat, tulisannya kurang jelas.
Kurang : Peletakan
huruf dan harakatnya
kurang tepat, tulisannya kurang jelas.
Konversi dalam
Bentuk Angka
Sangat lancar = 4
dan skor yang diperoleh 4/4 x 100 = 100
lancar =
3 dan skor yang diperoleh 3/4 x 100 = 75
Sedang =
2 dan skor yang diperoleh 2/4 x 100 = 50
Kurang
= 1 dan skor yang diperoleh 1/4 x 100 = 25
Catatan:
•
Guru dapat mengembangkan instrumen penilaian sesuai dengan kebutuhan.
• Guru diharapkan memiliki catatan sikap atau
nilai-nilai karakter yang dimiliki peserta didik selama dalam proses pembelajaran. Catatan terkait
dengan sikap atau nilia-nilai karakter yang
dimiliki oleh peserta didik dapat dilakukan dengan tabel berikut ini.
No
|
Nama Peserta Dididk
|
Kriteria
|
|||||||||||||||
Kerjasama
|
Kreatif
|
Partisipatif
|
Kreatif
|
||||||||||||||
TB
|
MT
|
MB
|
MK
|
TB
|
MT
|
MB
|
MK
|
TB
|
MT
|
MB
|
MK
|
TB
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria
dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti: disiplin, jujur, sopan santun, dll.
Keterangan:
MK = Membudaya (apabila peserta didik
terus menerus memperlihatkan
perilaku yang dinyatakan dalam indicator secara konsisten).
MB =
Mulai berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda
perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT = Mulai
terlihat (apabila peserta didik
sudah memperlihatkan tanda-tanda awal
perilaku yang dinyatakan
dalam indikator namun belum
konsisten).
BT = Belum
terlihat (apabila peserta didik belum
memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan
dalam indikator).
Tugas
Kelompok
Pada tugas ini guru dapat memberikan penilaian melalui rubrik sebagai berikut.
Rubrik Penilaian
Keterangan:
Baik : Hasil
penyampaian runtun, relevan, dan jelas.
Cukup : Hasil penjelasan runtun, relevan, namun
kurang jelas.
Kurang : Hasil
penjelasan kurang runtun,
kurang relevan, dan kurang jelas.
Konversi dalam Bentuk Angka
lancar =
3 dan skor yang diperoleh 3/3 x 100 = 100
Sedang =
2 dan skor yang diperoleh 2/3 x 100 = 67
Kurang =
1 dan skor yang diperoleh 1/3 x 100 = 33
I. Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, bagi peserta
didik yang sudah menguasai materi, diminta untuk mendampingi temannya (tutor sebaya) melancarkan bacaan, hafalan
dan tulisan Q.S. at-Tin.
J. Remidial
Jika terdapat peserta didik yang belum lancar
membaca, menghafal, dan menulis, serta belum memahami kandungan Q.S. at-T³n, guru
memberikan kembali
contoh cara membaca, menulis, dan menghafal Q.S. at-T³n yang benar (belum
mencapai KKM pada kurun waktu yang telah ditentukan). Peserta didik mendapatkan
tambahan jam untuk belajar lagi cara membaca, menghafal dan menulis yang benar dan menirukannya secara
berulang. Selanjutnya, memberikan
pemahaman kembali tentang kandungan Q.S. at-T³n melalui berbagai pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30 menit setelah jam pulang. (Untuk penilaian dapat dilihat pada poin 5)
pemahaman kembali tentang kandungan Q.S. at-T³n melalui berbagai pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30 menit setelah jam pulang. (Untuk penilaian dapat dilihat pada poin 5)
K. Interaksi Guru dan Orang Tua
Guru meminta peserta didik
memperlihatkan bagian “Ayo Berlatih,” dalam buku
teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Dapat juga
dilakukan dengan menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk bertukar
infomasi. Selanjutnya orang tua
mengamati perkembangan kemampuan
peserta didik dalam penguasaan bacaan, hafalan, dan tulisan Q.S. at-T³n di rumah.
Mengetahui,
Kepala SDN
Karang Mekar Mandiri 2
.....................................
NIP.
................................
|
|
Jakarta, ......................... 2018
Guru Mapel PAI
& BP
.................., S.Pd. I
NIP.
....................................
|