PENDIDIDKAN - Halo semuanya , pada kali ini kita akan membagikan tentang RPP Bahasa Jawa Kelas 1 SD Revisi Terbaru Kurikulum 2013 yang mungkin banyak yang membutuhkan terutama bagi guru mata pelajaran muatan lokal / mulok basa Jawa di daerah Jawa tengah maupun Jawa timur ( Jateng Jatim )
Pada sekolah dasar di daerah jatim maupun jateng ada pelajaran muatan lokal, yaitu kearifan lokal yang dituangkan ke dalam kurikulum sekolah, salah satu mulok tersebut adalah bahasa Jawa, suatu bahasa yang sudah mulai tersingkir oleh generasi anak sekarang
RPP Bahasa Jawa Kls 1 SD Revisi terbaru K13 ini kita dapatkan dari sumber terpercaya dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, bila ada kesalahan hanya masalah tekhnik saja, tidak terlalu urgen, dan kita share gratis untuk anda semuanya dimanapun berada dan yang sedang membutuhkan tentunya
Dalam contoh RPP B Jawa Kelas 1 SD Revisi terbaruKurikulum 2013 sudah ada KI KD lengkap yang tentunya ciri dari RPP kurtilas, berbeda dengan RPP KTSP tentunya
Download RPP Bahasa Jawa Kelas 1 SD Revisi Terbaru Kurikulum 2013
Nah, itulah contoh RPP Bahasa Jawa Kelas 1 SD Revisi Terbaru, bisa untuk tahun 2020, 2012, 2022. 2023 dsb Kurikulum 2013 yang dapat kita berika
n, dan anda tidak usah susah payah Download RPP Bahasa Jawa Kelas 1 SD Revisi Terbaru Kurikulum 2013 , cukup kopikan pada doc word maka bisa langsung digunakan, dan sementara kita berikan yang semester 1 , untuk yang semester 2 nya kita usahakan secepatnya ,terimakasih
RPP Bahasa Jawa Kls 1 SD Revisi terbaru K13 ini kita dapatkan dari sumber terpercaya dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, bila ada kesalahan hanya masalah tekhnik saja, tidak terlalu urgen, dan kita share gratis untuk anda semuanya dimanapun berada dan yang sedang membutuhkan tentunya
Dalam contoh RPP B Jawa Kelas 1 SD Revisi terbaruKurikulum 2013 sudah ada KI KD lengkap yang tentunya ciri dari RPP kurtilas, berbeda dengan RPP KTSP tentunya
RPP Bahasa Jawa 1 Lembar Kelas 1 SD Revisi Terbaru Kurikulum 2013
Untuk Model RPP Terbaru adalah RPP Basa Jawa 1 Lembar saja sesuai dengan peraturan mentri pendidikan kita, yaitu model ringkasan RPP jadul yang dibuat dan diambil poin pentingnya saja, agar mudah diingat dan di baca oleh para guru, nsmun ysng kits sediakan ini masih berupa RPP yang dulu, jadi anda bikin sendiri RPP model satu lembarnya
Nah, berikut ini kita berikan contoh RPP Bhs Jawa Kelas 1 SD Revisi 2018 - 2019 Kurikulum 2013, materi pokok aku lan lingkunganku , yaitu sebagai berikut:Download RPP Bahasa Jawa Kelas 1 SD Revisi Terbaru Kurikulum 2013
RENCANA
PELAKSANAN PEMBELAJARAN
(
UNIT 1 )
Sekolah : ............................................
Matapelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/Semester : 1/1
Materi Pokok : AKU LAN LINGKUNGANKU
Alokasi
Waktu : 6 X pertemuan (2 jp)
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 : Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat dan
membaca]
dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis
dalam gerakan yang mencerminkan anaksehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.1
Menerima dan bangga anugerah Tuhan
Yang
Maha
Esa berupa Bahasa Jawa sebagai bahasa Ibu
2.1 Menunjukkan perilaku bertanggung jawab,
santun, dan percaya diri dalam
mengungkapkan keinginan,pendapat
menggunakan bahasa Jawa
|
|
3.1
Mengenal bunyi bahasa melalui nama-nama
benda sekitar
|
Membedakan
lambang bunyi
Menirukan
bunyi bahasa
Menunjukkanlambang
bunyi berdasarkan
suara yang didengarkan
Membedakan
lambang bunyi bahasa
berbantuan benda
|
4.1
Mengeja dan menulis huruf, suku kata, kata
melalui namanama benda sekitar
|
Mengidentifikasi
rangkaian lambang bunyi
yang membentuk kata sederhana bermakna
Mengeja
rangkaian lambang bunyi yang
membentuk kata sederhana bermakna
Menyusun
lambang bunyi menjadi kata
sederhana bermakna
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Setelah mengikuti
kegiatan pembelajaran diharapkan peserta didik dapat :
1. Berdoa kepada Tuhan maha Esa sebelum
peserta didik melaksanakan pembelajaran materi mengenal bunyi
bahasa melalui nama-nama benda sekitar
2. Menggunakan bahasa Jawa dengan baik di kelas saat pelajaran bahasa
Jawa.
3. Menyanyikan lagu “Balonku” dan gubahan bahasa Jawa secara
bersama-sama
Pertemuan 2
1.
Mengamati gambar sikap badan yang sopan
di hadapan orang lain
2.
Mengenalkan diri di hadapan
kawan-kawannya
Pertemuan 3
1. Mendengarkan
bunyi-bunyi benda di sekitarnya
2.
Mengidentifikasi
bunyi benda-benda di sekitarnya
3.
Menirukan bunyi-bunyi benda di sekitarnya
Pertemuan 4
1.
Mengamati gambar-gambar binatang
2.
Menirukan bunyi-bunyi binatang
3.
Menebak bunyi dan benda binatang
Pertemuan 5
1.
Menirukan bunyi abjad alfabet a sampai z
2.
Merangkai huruf menjadi suku kata dan
kata
3.
Membaca kata-kata sederhana
Pertemuan 6
1.
Membunyikan perbedaan bunyi huruf vokal
dalam kata-kata contoh
2.
Membedakan bunyi huruf yang dirangkai
menjadi kata atau kalimat
3.
Menyusun huruf alfabet a sampai z
4.
Menyusun lambang bunyi bahasa menjadi
kata bermakna.
D.
Materi Pembelajaran
Pertemuan
1 :
Lagu
balonku dan gubahannya dalam bahasa Jawa
balonku ada lima
rupa-rupa
warnanya
hijau kuning
kelabu
merah muda dan
biru
meletus balon
hijau, dor
hatiku sangat
kacau
balonku tinggal
empat
kupegang
erat-erat
Gantinen tembunge nganggo iki!
jenengku jaka
bagus
sragamku abang
putih
aku wis kelas
siji
kancaku
anyar-anyar
suradi bowo
agus, jos
kabeh kanca
anyarku
sing wadon ana
uga
maryam tuti lan
lina
Pertemuan
2
Mengamati gambar
Cara mengenalkan diri :
salam
kenal
jenengku
lina
umurku
7 taun
cita-citaku
dadi dokter
Pertemuan
3
Bunyi benda
Pertemuan
4
Bunyi
binatang
Pertemuan 5
Menirukan bunyi abjad
alfabet a sampai z
a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t
u v w x y z
Merangkai huruf menjadi
kata :
a –
pel i – wak ca – cing u – la ga
– jah
Pertemuan 6
Membunyikan perbedaan
bunyi huruf vokal dalam kata-kata contoh
a i u é o
a ku a
ti a la a ja
Menyusun lambang bunyi
bahasa menjadi kata bermakna
omah
kosong bolong loro
aja ngece kasur ungu
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : scientific
Metode : ceramah, drill, tanya jawab, penugasan
F. Media, Alat, dan Sumber
Pembelajaran
1.
Media : kartu huruf dan gambar
2.
Sumber Belajar : Aku Bisa Basa
Jawa 1, Yudhistira
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
RINCIAN KEGIATAN
|
WAKTU
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pertemuan
1
Pendahuluan
· Berdoa kepada Tuhan Maha Esa sebelum
peserta didik melaksanakan pembelajaran
· Memeriksa
kehadiran dan kesiapan peserta didik
· Apersepsi:
siswa menyebutkan nama kawannya untuk membangkitkan minat peserta didik.
· Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
10
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Inti
o
Menyanyikan lagu Balonku dan
gubahannya
o
Menyanyikan lagu balonku yang digubah secara
kelompok 7 anak bergantian yang memimpin
o
Menyebutkan nama kawan-kawan dalam
satu kelompok
|
60
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penutup
· Guru
bersama peserta didik menyimpulkan materi PBM.
· Guru
bersama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil
pembelajaran yang telah dicapai.
· Peserta
didik menyampaikan rasa puas atau tidaknya mengikuti kegiatan pembelajaran
· Peserta didik bersama guru merencanakan
program pembelajaran berikutnya
|
10
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pertemuan 2
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pendahuluan
· Siswa
berdoa sebelum belajar
· Memeriksa
kehadiran dan kesiapan peserta didik
· Guru
memberikan apersepsi
dengan bertanya jawab berkaitan dengan
materi
|
10
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Inti
o Peserta didik mengamati
gambar beberapa sikap berdiri pada buku
o Peserta didik bertanya jawab tentang gambar
yang mereka amati.
o Peserta didik menirukan
beberapa sikap berdiri
o Peserta didik dengan bimbingan guru memperkenalkan
diri di hadapan kawannya secara bergilir
|
60
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penutup
o Siswa dan guru menyimpulkan materi yang dipelajari dengan
percaya diri dan tanggungjawab
o Siswa melakukan refleksi terkait pembelajaran yang baru
berlangsung dengan membuat catatan penguasaan materi dengan jujur
|
10
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pertemuan
3
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pendahuluan
· Siswa
berdoa sebelum belajar
· Memeriksa
kehadiran dan kesiapan peserta didik
· Apersepsi
: menanyakan nama kawan bermain di rumahnya
· Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
10
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan inti
o Peserta didik menirukan
suara benda-benda di sekitarnya
o Peserta didik menjodohkan
gambar dan suara .
o Peserta didik bermain
tebakan tentang suara-suara benda
|
60
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penutup
o Siswa dan guru menyimpulkan materi yang dipelajari dengan
percaya diri dan tanggungjawab
o Siswa melakukan refleksi terkait pembelajaran yang baru
berlangsung dengan membuat catatan penguasaan materi dengan jujur
o Guru
menekankan kepada peserta didik agar tanggap
terhadap suara yang didengar sebagai penguatan karakter
peduli lingkungan.
|
10
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pertemuan
4
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pendahuluan
· Siswa
berdoa sebelum belajar
· Memeriksa
kehadiran dan kesiapan peserta didik
· Apersepsi:
menanyakan binatang yang dimiliki di rumah
· Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
10
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan inti
o Peserta didik menirukan
suara binatang.
o Peserta didik menjodohkan
gambar dan suara .
o Peserta didik bermain
tebakan tentang suara-suara binatang
|
60
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penutup
o Siswa melakukan refleksi terkait pembelajaran yang baru
berlangsung dengan lebih mengenal suara binatang yang dikenal secara jujur
o Guru
menekankan kepada peserta didik agar lebih
memperhatikan bunyi di sekitarnya untuk penguatan karakter tanggap terhadap sesuatu.
|
10
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pertemuan
5
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pendahuluan
· Siswa
berdoa sebelum belajar
· Memeriksa
kehadiran dan kesiapan peserta didik
· Apersepsi:
menirukan suara binatang
· Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
10
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan inti
o Peserta didik membaca
abjad a b c d e f g h i j k l m n o p q r s
t u v w x y z
o Peserta
didik menebak abjad yang ditunjuk
o Peserta didik melengkapi
urutan abjad .
o Peserta didik bermain
tebakan abjad sesama teman kelompoknya
|
60
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penutup
o Siswa melakukan refleksi terkait pembelajaran yang baru
berlangsung dengan lebih mengenal abjad secara
jujur
o Guru
menekankan kepada peserta didik agar lebih
memperhatikan abjad untuk penguatan karakter gemar membaca.
|
10
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pertemuan
6
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pendahuluan
· Siswa
berdoa sebelum belajar
· Memeriksa
kehadiran dan kesiapan peserta didik
· Apersepsi:
menghafal abjad a sampai z
· Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
10
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan inti
o Peserta didik membaca
rangakaian huruf menjadi kata
o Peserta
didik membunyikan huruf vokal sama hurufnya tetapi beda mengucapnya
o Peserta didik membaca
2 buah kata .
o Peserta didik diskusi
tentang bacaan kata-kata sesama teman kelompoknya
|
60
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penutup
o Siswa melakukan refleksi terkait pembelajaran yang baru
berlangsung dengan lebih mengenal abjad yang disusun menjadi kata secara jujur
o Guru
menekankan kepada peserta didik agar lebih
memperhatikan susunan huruf menjadi kata bermakna untuk
penguatan karakter gemar membaca.
|
10
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
PENILAIAN
1.
Sikap Spiritual
a.
Teknik Penilaian : observasi
b.
Bentuk Instrumen :
lembar observasi
c.
Kisi-kisi :
Instrumen
Penilaian Sikap Spiritual
Nama :
_______________
Kelas : _______________
Keterangan:
1
= tidak pernah 3 =
sering
2
= kadang-kadang 4 = selalu
2.
Penilaian Sikap Sosial
a.
Teknik Penilaian : Pengamatan
b.
Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
c.
Kisi-kisi :
A.
Penilaian sikap sosial untuk diskusi
B.
Penilaian sikap sosial dalam kegiatan menanggapi hasil karya
teman dan berkarya.
Objek : gambar benda sekitarnya dan
mengenal suaranya
Lembar Pengamatan Sikap Sosial untuk Kegiatan Menanggapi
Karya dan Berkarya
Nama :
______________________________
Kelas :
______________________________
Petunjuk:
Berilah tanda silang (X) sesuai dengan kondisi peserta didik.
(Diisi oleh guru)
Pedoman Penskoran:
Pilihan “Ya” diberi skor 1, sedangkan pilihan “Tidak” diberi
skor 0. Karena soal
berjumlah 4 butir, maka jumlah skor berkisar antara 0 sampai
4.
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
3.
Pengetahuan
a. Teknik Penilaian :
Tes
b. Bentuk Instrumen : Tes Lisan
c. Kisi-kisi :
Instrumen
Penilaian Pengetahuan (K3)
Nama :
______________________________
Kelas :
______________________________
Soal :
A. Tirokna lan bedheken swarane apa?
1. thok thok thok iku swara
.............
2. byur byur byur iku swara......
3. jreng jreng jreng iku swara.......
4. prok prok prok iku swara......
5. meong meong iku swara.......
B. Aksara iki kepriye unine?
1. a c b r t d w q x v l m
2. s o e z c e b p
3. o - mah u-dan
4. omah bolong
5. jagung asin
Kunci Jawaban :
A.
1. Lawang dithuthuk
2. adus gebyur
3. gitar
4. keplok
5. kucing
B.
Guru menguji bunyi
huruf dan binatang secara bergiliran
3.
Pedoman Penskoran:
Untuk soal A skor 20 tiap
butir
Untuk soal B skor 20 tiap butir
4.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Tes praktik
b.
Bentuk Instrumen : Gambar dan teks
c.
Kisi-kisi :
d.
Instrumen
Penilaian Keterampilan (K4)
Nama :
______________________________
Kelas :
______________________________
Soal:
1.Gatekna gambar lan aksara iki!
Keterangan:
4 =
Sangat Baik 2 = Cukup
3 =
Baik 1 = Kurang
Penghitungan nilai akhir : Nilai akhir : skor yang diperoleh
---------------------------- X 100
Skor
maksimal
|
10
60
10
|
, …………………………………… 2019
|
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
............................................
NIP. ...........................
|
Guru Kelas
………………………………………………..
NIP.
|
Nah, itulah contoh RPP Bahasa Jawa Kelas 1 SD Revisi Terbaru, bisa untuk tahun 2020, 2012, 2022. 2023 dsb Kurikulum 2013 yang dapat kita berika
n, dan anda tidak usah susah payah Download RPP Bahasa Jawa Kelas 1 SD Revisi Terbaru Kurikulum 2013 , cukup kopikan pada doc word maka bisa langsung digunakan, dan sementara kita berikan yang semester 1 , untuk yang semester 2 nya kita usahakan secepatnya ,terimakasih