PENDIDIKAN - Halo semua, pada kali ini kami akan membagikan RPP Bahasa Jawa Kelas 5 SD Revisi 2018 - 2019 Kurikulum 2013 semester 1 , untuk yang semester 2 silahkan tunggu updatenannya, gratis tanpa download yang kadang buat pusing kepala, karena muter-muter tidak karuan dan membingungkan bagi yang belum terbiasa di dunia internet
RPP adalah singktan dari rencana pelaksanaan pembelajaran yang merupakan tupoksi guru yang mengajar pada pendidikan formal, baik naungan kemendikbud maupun kemenag, jadi baik guru sekolah umum maupun madrasah wajib hukumnya membuat RPP ini, baik guru kelas maupun guru bidang study ( Guru Mapel ), dan khusus pada malam ini adalah mapel mulok Bahasa Jawa
RPP Bahasa Jawa Kls 5 SD Tahun Pelajaran / Ajaran 2018 - 2019 K 13 ini merupakan RPP langka yang dibuat khusus untuk mengajar basa Jawa pada Sekolah Dasar kelas atas , disini adalah kelas 5 di daerah Jatim dan Jateng, karena ini merupakan pelajaran muatan lokal di daerah tersebut
Di blog ini kita akan memberikan contoh RPP Bahasa Jawa Kelas 5 SD Revisi terbaru yaitu 2018 - 2019 Kuritilas tentunya, RPP k 13 berbeda dengan KTSP , banyak sekali perbedaannya, pasti bapak ibu guru lebih paham bedanya
Dan berikut ini contoh RPP Bahasa Jawa Kelas 5 SD Revisi 2018 - 2019 Kurikulum 2013 Semester 1 lengkap, anda tidak perlu repot untuk download, jadi tinggal kopikan pada doc.word dan edit seperlunya jadi deh
Download RPP Bahasa Jawa Kelas 5 SD Revisi 2018 - 2019 Kurikulum 2013
nah, itulah artikel tentang RPP Kelas 5 SD Mapel Basa Jawa Revisi 2018 - 2019 Kurikulum 2013 yang dapat kita berikan untuk anda semuanya, dan sekali lagi anda tidak perlu download, dan ini merupakan semester 1 untuk smstr 2 tunggu updatanyya, terimakasih sudah berkunjung
RPP adalah singktan dari rencana pelaksanaan pembelajaran yang merupakan tupoksi guru yang mengajar pada pendidikan formal, baik naungan kemendikbud maupun kemenag, jadi baik guru sekolah umum maupun madrasah wajib hukumnya membuat RPP ini, baik guru kelas maupun guru bidang study ( Guru Mapel ), dan khusus pada malam ini adalah mapel mulok Bahasa Jawa
RPP Bahasa Jawa Kls 5 SD Tahun Pelajaran / Ajaran 2018 - 2019 K 13 ini merupakan RPP langka yang dibuat khusus untuk mengajar basa Jawa pada Sekolah Dasar kelas atas , disini adalah kelas 5 di daerah Jatim dan Jateng, karena ini merupakan pelajaran muatan lokal di daerah tersebut
Di blog ini kita akan memberikan contoh RPP Bahasa Jawa Kelas 5 SD Revisi terbaru yaitu 2018 - 2019 Kuritilas tentunya, RPP k 13 berbeda dengan KTSP , banyak sekali perbedaannya, pasti bapak ibu guru lebih paham bedanya
Dan berikut ini contoh RPP Bahasa Jawa Kelas 5 SD Revisi 2018 - 2019 Kurikulum 2013 Semester 1 lengkap, anda tidak perlu repot untuk download, jadi tinggal kopikan pada doc.word dan edit seperlunya jadi deh
Download RPP Bahasa Jawa Kelas 5 SD Revisi 2018 - 2019 Kurikulum 2013
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan :
.............................
Kelas/ Semester : V/1 (Satu)
Piwulang :
1 Endahe Urip Guyup Rukun
Alokasi Waktu :
3 x Pertemuan (@ 2 jam pelajaran)
A. Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
percaya diri, dan cinta
tanah air dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, tetangga
dan guru.
3.
Pengetahuan faktual dan konseptual dengan
cara mengamati dan
mencoba (mendengar, melihat,
membaca) serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi
Dasar
1.1
Menerima dan
bangga akan anugerah Tuhan Yang Maha Esa
berupa bahasa
Jawa sebagai bahasa Ibu.
2.1 Menunjukkan perilaku bertanggung
jawab, santun dan percaya diri dalam mengungkapkan keinginan dan pendapat
menggunakan bahasa Jawa.
2.2
Menunjukkan
perilaku berbahasa yang santun yang ditunjukkan dengan ketepatan penggunaan
ragam bahasa (unggah-ungguh basa).
2.3
Menunjukkan
perilaku, tindakan dan perbuatan yang mencerminkan kepribadian Jawa.
3.1 Memahami teks pidato.
4.1 Membuat dan menyajikan teks
pidato sederhana dengan ragam karma.
Indikator
3.1.1 Mengartikan kata-kata sulit dalam
teks pidato
3.1.2
Menjawab pertanyaan tentang isi pidato
3.1.3
Menceritakan kembali isi pidato
3.1.4 Menanggapi isi pidato
4.1.1 Membuat kerangka teks pidato
4.1.2 Mengembangkan kerangka teks pidato
4.1.3 Menyajikan pidato/berpidato
C. Tujuan
Pembelajaran.
1. Dengan
kegiatan tanya jawab, siswa dapat mengartikan kata-kata sulit dalam teks pidato
secara teliti.
2. Dengan
membaca teks pidato, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi pidato dengan
percaya diri.
3. Dengan
berdiskusi, siswa dapat menceritakan kembali isi pidato dengan percaya diri.
4. Dengan
berdiskusi, siswa dapat menanggapi isi pidato dengan tepat.
5. Dengan
berdiskusi, siswa dapat membuat kerangka teks pidato dengan tepat.
6. Dengan
berdiskusi, siswa dapat mengembangkan kerangka teks pidato dengan teliti.
7. Dengan
berdiskusi, siswa dapat menyajikan pidato atau berpidato dengan santun dan
percaya diri.
D. Materi
Pembelajaran
1. Teks
pidato.
2. Cara
menyajikan pidato/berpidato.
E. Metode
Pembelajaran
1. Metode
: penugasan, ceramah, diskusi, tanya
jawab.
2. Pendekatan
: Scientific [mengamati, menanya,
mencoba, menalar dan mengkomunikasikan]
F. Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media
dan Alat : Teks tulisan pidato
2. Sumber
belajar :
a. Silabus
pembelajaran kurikulum 2013 kelas 5.
b. Sudi
Yatmana – Darmi Suprihatin. 2016. Buku Bahasa Jawa SD Kelas 5: Aku Bisa Basa Jawa 5. Yudhistira.
Halaman 1 – 14.
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Pertemuan
ke-1 (2x35 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
2.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4.
Apersepsi
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati:
Ø Peserta didik mengamati pemodelan membaca teks
pidato yang baik.
Menanya:
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang kata-kata
sulit dalam teks pidato dan mengaplikasikannya dalam contoh kalimat
Mengumpulkan
Informasi:
Ø Peserta didik berdiskusi tentang cara menceritakan
kermbali pidato.
Ø Peserta didik berdiskusi tentang cara menangapi
isi pidato.
Mengasosiasi:
Ø Perserta didik menyunting teks pidato.
Mengkomunikasikan:
Ø Peserta didik menyajikan pidato/berpidato.
|
45 Menit
|
Penutup
|
1.
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar.
2.
Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil
ketercapaian materi)
3.
Melakukan
penilaian hasil belajar
4.
Memberikan
tindak lanjut (PR)
5.
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
a. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap
duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
b. Segera memberikan nasihat, apabila ada siswa yang
kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, agar besok kalau berdoa lebih
disempurnakan
|
15 Menit
|
2. Pertemuan
ke-2 (2x35 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
2.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4.
Apersepsi
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati:
Ø Peserta didik membaca pemahaman teks pidato.
Menanya:
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang pokok-pokok
isi pidato.
Mengumpulkan Informasi:
Ø Peserta didik berdiskusi tentang cara menyusun
kerangka teks pidato.
Ø Peserta didik berdiskusi tentang cara mengembangkan
kerangka teks pidato.
Mengasosiasi:
Ø Peserta didik menandai bagian-bagian teks pidato
untuk membantu pembacaan.
Mengkomunikasikan:
Ø Peserta didik menyajikan pidato/berpidato.
|
45 Menit
|
Penutup
|
1.
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar.
2.
Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil
ketercapaian materi)
3.
Melakukan
penilaian hasil belajar
4.
Memberikan
tindak lanjut (PR).
5.
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
a. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap
duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
b. Segera memberikan nasihat, apabila ada siswa yang
kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, agar besok kalau berdoa lebih
disempurnakan
|
15 Menit
|
3. Pertemuan
ke-3 (2x35 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
2.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4.
Apersepsi
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati:
Ø Peserta didik membaca pemahaman teks pidato.
Menanya:
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang penyajian
pidato.
Mengumpulkan
Informasi:
Ø Peserta didik berdiskusi tentang cara menyajikan
pidato/berpidato.
Mengasosiasi:
Ø Perserta didik berlatih menyajikan pidato/berpidato.
Mengkomunikasikan:
Ø Peserta didik menyajikan pidato/berpidato.
|
45 Menit
|
Penutup
|
1.
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar.
2.
Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil
ketercapaian materi)
3.
Melakukan
penilaian hasil belajar
4.
Memberikan
tindak lanjut (PR).
5.
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
a. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap
duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
b. Segera memberikan nasihat, apabila ada siswa yang
kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, agar besok kalau berdoa lebih
disempurnakan
|
15 Menit
|
H. Penilaian
1. Teknik
Penilaian
a. Penilaian
Sikap: Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan dan budaya
sekitar.
b. Penilaian
Pengetahuan: Lisan, Tulis, Tugas
c. Penilaian
Keterampilan: Unjuk kerja
2. Bentuk
Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap
b. Penilaian
Pengetahuan
Soal = (terlampir dalam buku “Aku Bisa Basa Jawa 5”
halaman 12-14.
Skor = Romawi I: jawaban benar x 10
Romawi II: jawaban benar x 20
(Romawi I + Romawi II) : 2
c. Skor = jumlah skor : 4
……………………………………
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
..................................
NIP. ...........................
|
Guru Kelas / Guru Bahasa Jawa
......................................
NIP. -
|
nah, itulah artikel tentang RPP Kelas 5 SD Mapel Basa Jawa Revisi 2018 - 2019 Kurikulum 2013 yang dapat kita berikan untuk anda semuanya, dan sekali lagi anda tidak perlu download, dan ini merupakan semester 1 untuk smstr 2 tunggu updatanyya, terimakasih sudah berkunjung