SEKOLAHAN - Halo apa kabar semuanya, pada kali ini kami ingin memberikan informasi mengenai contoh RPP Abad 21 SMP Bahasa Indonesia Kelas 7 Terbaru yang semoga bisa dimanfaatkan dengan baik untuk berbagai keperluan anda semuanya yang selalu setia berkunjung ke sini
RPP Abad 21 SMP Bahasa Indonesia Kelas 7 Terbaru diperuntukan bagi para guru yang mengajar pada sekolah menengan pertama ( SMP ) atau SLTP ( sekolah lanjutan tingkat pertama ) atau bisa juga untuk MTS ( madrasah tasanawiyah ) khusus mata pelajaran ( mapel ) Bhs Indonsesia , jadi khususu guru bidang tersebut
RPP Abad 21 SMP B. Indonesia Kelas 7 Terbaru ini merupakan Rencana Pelaksanaan pembelajaran yang wajib dibuat aleh guru baik pada semester 1 maupun smt 2 , sekaligus satu semester, meskipun secara aturan dibuatnya ketika ingin mengajarkan pada suatu kelas pada saat itu
Contoh RPP Abad21 SMP B.Indonesia Kls VII Terbaru ini hanya sebagai contoh saja, dan anda boleh setuju boleh juga tidak setuju dan bisa digunakan untuk acuan anda dalam menyusun RPP abad 21, namun sebelumnya apakah RPP abad 21 itu ? mari kita sedikit mengingatkan
Ciri RPP abad 21 adalah sudah mengusung konsep 4C ( 4K ) pada inti pembejarannya, dan bila belum ada RPP yang dulu ( K13 ) juga bisa digunakan lagi, tinggal menambah 4C tersebut, dan untyk formatnya masih sama seperti yang terdahulu
Dan kita berikan contohnya, yaitu sebagi berikut ini
RPP Abad 21 SMP Bahasa Indonesia Kelas 7 Terbaru
Nah, itulah contoh format RPP Abad 21 SMP Bahasa Indonesia Kelas 7 Terbaru yang bisa kita sampikan untuk anda semuanya, dan anda tidak perlu download atau unduh , cukup kopikan pada word dan edit sesuai kebutuhan, terimakasih
RPP Abad 21 SMP Bahasa Indonesia Kelas 7 Terbaru diperuntukan bagi para guru yang mengajar pada sekolah menengan pertama ( SMP ) atau SLTP ( sekolah lanjutan tingkat pertama ) atau bisa juga untuk MTS ( madrasah tasanawiyah ) khusus mata pelajaran ( mapel ) Bhs Indonsesia , jadi khususu guru bidang tersebut
RPP Abad 21 SMP B. Indonesia Kelas 7 Terbaru ini merupakan Rencana Pelaksanaan pembelajaran yang wajib dibuat aleh guru baik pada semester 1 maupun smt 2 , sekaligus satu semester, meskipun secara aturan dibuatnya ketika ingin mengajarkan pada suatu kelas pada saat itu
Contoh RPP Abad21 SMP B.Indonesia Kls VII Terbaru ini hanya sebagai contoh saja, dan anda boleh setuju boleh juga tidak setuju dan bisa digunakan untuk acuan anda dalam menyusun RPP abad 21, namun sebelumnya apakah RPP abad 21 itu ? mari kita sedikit mengingatkan
Ciri RPP abad 21 adalah sudah mengusung konsep 4C ( 4K ) pada inti pembejarannya, dan bila belum ada RPP yang dulu ( K13 ) juga bisa digunakan lagi, tinggal menambah 4C tersebut, dan untyk formatnya masih sama seperti yang terdahulu
Dan kita berikan contohnya, yaitu sebagi berikut ini
RPP Abad 21 SMP Bahasa Indonesia Kelas 7 Terbaru
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP\MTs
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas/Semester : VII
(Tujuh)/I (Satu)
Materi Pokok : TEKS DESKRIPSI
Alokasi Waktu : 10
JP (4 kali pertemuan )
A. Kompetensi
Inti
KI-1 :Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
KI-2 :Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleran,
gotong
royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektifdengan lingkungan
sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
KI-3 :Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
KI-4 : Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.1 Mengidentifikasi
informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat
bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
|
3.1.1 ciri
umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang
dibaca/didengar.
3.1.2 Menentukan
ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.3 Menentukan
jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
|
4.1 Menentukan isi
teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah,
kain tradisional, dll)yang didengar dan dibaca.
|
4.1.1 Memetakan isi teks
deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)
4.1.2 Menjawab pertanyaan
isi teks deskripsi
4.1.1
Merencanakan penulisan teks deskripsi
4.1.2 Menulis teks
deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah
penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan I:
Setelah membaca dan mendiskusikan teks deskripsi, siswa
mampu:
1. Ciri umum teks deskripsi dari segi
isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
2. Menentukan ciri teks deskripsi dari
aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
Pertemuan
II:
Setelah membaca
teks deskripsi, siswa mampu:
1. Menentukan jenis teks deskripsi
pada teks yang dibaca/didengar.
2. Memetakan isi teks deskripsi (topik dan
bagian-bagiannya)
Pertemuan
III:
Setelah
membaca dan mendiskusikan teks deskripsi, siswa mampu:
1. Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi
2. Merencanakan penulisan teks deskripsi
Pertemuan IV
Setelah
membaca dan mendiskusikan teks deskripsi, siswa mampu:
1. Menulis teks deskripsi
dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda
baca/ejaan.
D. Materi
Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
a. Pengertian teks deskripsi
b. Jenis teks deskripsi
c. Tujuan komunikasi teks deskripsi
d. Pola pengembangan isi pada teks
deskripsi
2.
Materi Pembelajaran Pengayaan
a.
Pengertian
teks deskripsi
b.
Jenis teks
deskripsi
c.
Tujuan
komunikasi teks deskripsi
d.
Pola
pengembangan isi pada teks deskripsi
3.
Materi Pembelajaran Remedial
a.
Kalimat
Berisi Penjelasan Terperinci untuk Mengonkret
b.
Menggunakan
Pilihan Kata dengan Emosi Kuat
c.
Mengidentifikasi
Majas
E. Metode
Pembelajaran
Pertemuan
1 : Model Problem Based Learning
Pertemuan
2 : Model Discovery Learning
Pertemuan
3 : Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Jigsaw
Pertemuan
4 : Model Pembelajaran Kooperatif
F.
Media dan Bahan
1.
Media :Media audiovisual
yang berkaitan dengan teks deskripsi
2.
Bahan : Model teks deskripsi
G. Sumber
Belajar
Sumber Belajar :Buku pegangan guru, buku pegangan
peserta didik, lingkungan kelas/sekolah/kantin sekolah, dan internet
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
(Pertama) (2 Jam Pelajaran/80 menit)
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta Didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang
peserta didik untuk memimpin do’a)
2.
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan
peralatan yang diperlukan
3.
Peserta Didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan
dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan.
4.
Peserta didik menerima informasi
tentang ciri umum teks deskripsi dari
segi isi dan tujuan komunikasi pada teks serta menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan
pada teks yang dibaca/didengar.
5.
Guru bertanya mencari informasi
tentang teks deskripsi dalam kehidupan
sehari-hari dan peserta didik
menjawab dengan prediksi
masing – masing
6.
Guru mengaitkan teks deskripsi yang
diajarkan dengan kehidupan nyata.
|
10 menit
|
|
Inti
|
Langkah 1. Klarifikasi Masalah
1.
Guru membagi peserta didik
menjadi beberapa
kelompok yang terdiri 4-5 orang
2.
Peserta didik dalam memperhatikan
dan mengamati penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan
permasalahan yang melibatkan teks deskripsi secara umum
3.
Peserta didik
dalam kelompok mengamati tayangan audiovisual
misalkan tentang masalah-masalah yang melibatkan teks deskripsi.
4.
Guru membagikan LK dan peserta
didik membaca petunjuk, mengamati LK
(LK berisi tentang permasalahan yang
berhubungan teks deskripsi
5.
Guru memotivasi peserta didik
dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan permasalahan hal-hal yang
belum dipahami dari masalah yang disajikan
dalam LK serta
guru mempersilahkan peserta
didik dalam kelompok lain untuk memberikan
tanggapan, bila diperlukan
guru memberikan bantuan komentar secara klasikal
Langkah 2. Brainstorming
6.
Peserta didik melakukan diskusi
dalam kelompok masing-masing berdasarkan petunjuk yang ada dalam LK
(misalkan: dalam LK berisikan permasalahan dan langkah-langkah pemecahan
serta meminta peserta didik dalam kelompok untuk bekerja sama untuk
menyelesaikan masalah berkaitan dengan teks deskripsi
7.
Peserta didik dalam kelompok
melakukan brainstorming dengan cara sharing information, dan
klarifikasi informasi tentang permasalahan yang terdapat dalam teks deskripsi
Langkah 3. Pengumpulan Informasi
dan Data
8.
Peserta didik masing-masing
kelompok dalam kelompok juga membahas dan berdiskusi tentang permasalahan
berdasarkan petunjuk LK untuk:
9.
Menentukan fungsi teks deskripsi
10.
Mengidentifikasi ciri umum teks deskripsi
11.
Menyelesaikan permasalahan
sehari-hari yang melibatkan ciri
umum teks deskripsi
12.
Peserta didik melakukan eksplorasi
seperti dalam poin 6, dimana mereka juga diharapkan mengaitkan dengan
kehidupan nyata
13.
Guru berkeliling mencermati
peserta didik dalam kelompok dan menemukan berbagai kesulitan yang di alami
peserta didik dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang
belum dipahami
14.
Guru memberikan bantuan kepada
peserta didik dalam kelompok untuk
masalah-masalah yang dianggap
sulit oleh peserta didik
Guru
mengarahkan peserta didik dalam kelompok untuk menyelesaikan permasahan
dengan cermat dan teliti
Langkah
4. Berbagi Informasi dan Berdiskusi untuk Menemukan Solusi Penyelesaian
Masalah
15. Guru
meminta peserta didik untuk mendiskusikan cara yang digunakan untuk menemukan
semua kemungkinan pemecahan masalah terkait masalah yang diberikan
16.
Peserta didik dalam kelompok
masing-masing dengan bimbingan guru untuk dapat mengaitkan, dan menyimpulkan
tentang ciri umum teks deskripsi
17.
Peserta didik dalam kelompok
menyusun laporan hasil diskusi penyelesaian masalah yang diberikan terkait teks deskripsi
Langkah 5. Presentasi Hasil
Penyelesaian Masalah
18.
Beberapa perwakilan kelompok
menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah
dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah
dipahami berkaitan dengan permasahan kehidupan sehari-hari berdasarkan hasil
diskusi dan pengamatan
19.
Peserta didik yang lain dan guru
memberikan tanggapan dan menganlaisis hasil presentasi meliputi tanya jawab
untuk mengkonfirmasi,memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi
ataupun tanggapan lainnya.
Langkah 6. Refleksi
20.
Peserta didik
melakukan refleksi, resume
dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru
dari materi yang yang telah dipelajari terkait ciri umum teks deskripsi
21.
Guru memberikan apresiasi atas
partisipasi semua peserta didik
|
60 menit
|
|
Penutup
|
1.
Guru memberikan
tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam
menyelesaikan masalah Bahasa Indonesia yang berkaitan dengan
terkait ciri umum teks deskripsi dari
segi isi dan tujuan komunikasi pada teks serta menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan
pada teks yang dibaca/didengar.
2.
Melaksanakan postes
terkait ciri umum teks deskripsi dari
segi isi dan tujuan komunikasi pada teks serta menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan
pada teks yang dibaca/didengar.
3.
Peserta didik mendengarkan arahan
guru untuk materi pada pertemuan berikutnya.
4.
Untuk memberi
penguatan materi yang
telah di pelajari, guru
memberikan arahan untuk
mencari referensi terkait materi
yang telah dipelajari
baik melalui buku-buku di
perpustakaan atau mencari
di internet.
5.
Guru memberikan tugas
|
10 menit
|
|
Penugasan:
Berilah tanda silang (X) pada huruf di depan jawaban yang tepat!
Bacalah kutipan teks deskripsi berikut
dengan saksama, kemudian kerjakan soal nomor 1-3!
1.
Pernyataan berikut
yang termasuk kalimat deskripsi berdasarkan teks deskripsi tersebut, yaitu…
2.
Deskripsi umum
pada struktur teks tersebut terdapat pada paragraf nomor ....
3.
Variasi kalimat
kedua paragraf I yang tepat pada teks deskripsi tersebut, yaitu …
|
Pertemuan 2
(Kedua) (3 Jam Pelajaran/120 menit)
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
6. Membangun konteks untuk
menumbuhkan sikap yang telah dirancang
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah 1. Merumuskan Pertanyaan
1.
Guru bertanya mencari informasi
tentang menentukan jenis teks deskripsi
pada teks yang dibaca/didengar dan memetakan isi teks deskripsi (topik dan
bagian-bagiannya)
2.
Guru meminta
peserta didik untuk
membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang
secara tertib.
3.
Guru memberikan lembar kerja LK
yang berisi petunjuk untuk menemukan jenis teks deskripsi pada teks
yang dibaca/didengar dan memetakan isi teks
deskripsi (topik dan bagian-bagiannya) yang dibagikan kepada masing-masing kelompok.
4.
Guru membimbing dan memberikan
pertanyaan bagaimana cara menemukan menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang
dibaca/didengar dan memetakan isi teks deskripsi (topik dan
bagian-bagiannya) yang
dibagikan kepada masing-masing kelompok dengan LK dan bahan yang telah
diberikan sekaligus
memotivasi/mendorong peserta didik untuk menemukannya
Langkah 2. Merencanakan
1.
Guru memberikan informasi terkait
langkah-langkah pengumpulan dan menganalisis data menentukan jenis teks deskripsi pada teks
yang dibaca/didengar dan memetakan isi teks deskripsi (topik dan
bagian-bagiannya) yang dibagikan kepada masing-masing kelompok
2.
Peserta didik melakukan
mengidentifikasi dan menganalisis LK dan bahan yang diberikan dalam kelompok
masing-masing berdasarkan intruksi yang ada dalam LK
Langkah 3. Mengumpulkan Data dan
Menganalisis Data
3.
Peserta didik dalam kelompok
menggunakan bahan yang tersedia, misalkan melakukan pembuktian sesuai
intruksi yang ada dalam LK dengan menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang
dibaca/didengar dan memetakan isi teks deskripsi (topik dan
bagian-bagiannya) yang dibagikan kepada masing-masing kelompok
4.
Guru mengajukan pertanyaan terkait
dengan pembuktian pertama dan mengarahkan serta memotivasi peserta didik
untuk membuktikan kembali dengan alat/bahan model lain yang berbeda
5.
Peserta didik dalam kelompok
melakukan pengujian kembali dan mengolah data kembali dengan langkah yang
sama dengan menggunakan model peraga lain untuk membuktikan tentang menentukan jenis teks deskripsi pada teks
yang dibaca/didengar dan memetakan isi teks deskripsi (topik dan
bagian-bagiannya).
6.
Setelah diskusi
selesai, beberapa perwakilan kelompok menyajikan
secara tertulis dan
lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari atau
didiskusikan
Langkah 4. Aplikasi dan Tindak
Lanjut
7.
Peserta didik
memeriksa secara cermat
untuk membuktikan benar atau
tidaknya tentang menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang
dibaca/didengar dan memetakan isi teks deskripsi (topik dan
bagian-bagiannya) dengan
hasil data yang telah diolah.
8.
Guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk
menemukan konsep, teori,
aturan melalui contoh-contoh dalam
kehidupan sehari-hari. Berdasarkan
hasil percobaan, pengolahan dan analisis data, peserta didik
dapat mengecek hipotesis yang diajukan
apakah terbukti atau tidak.
9.
Perwakilan beberapa kelompok
mempresentasikan dengan membuat
kesimpulan dari hasil penemuan
dalam hasil pembuktian tentang menentukan jenis teks deskripsi pada teks
yang dibaca/didengar dan memetakan isi teks deskripsi (topik dan
bagian-bagiannya)
10.
Guru dan
peserta didik memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan
informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
|
90 menit
|
Penutup
|
1.
Peserta didik
menyimpulkan materi yang
telah dipelajari dengan merespon
pertanyaan guru yang sifatnya menuntun dan menggali
2.
Peserta didik merefleksi
penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan
materi.
3.
Peserta didik
saling memberikan umpan
balik hasil refleksi yang
dilakukan
4.
Guru memberikan
tugas mandiri sebagai
pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah tentang menentukan jenis teks deskripsi pada teks
yang dibaca/didengar dan memetakan isi teks deskripsi (topik dan
bagian-bagiannya)
5.
Peserta didik mendengarkan arahan
guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
6.
Untuk memberi
penguatan materi yang
telah dipelajari, guru
memberikan arahan untuk
mencari referensi terkait materi
yang telah dipelajari
baik melalui buku-buku di
perpustakaan atau mencari
di internet.
7.
Guru memberikan tugas
|
20 menit
|
Penugasan:
1.
Struktur
teks tanggapan deskriptif mencakup….
2.
Identifikasi/
gambaran umum Berisi ….
3.
Deskripsi
bagian Berisi….
4.
Sebutkan
Jenis Pengembangan Deskripsi Bagian!
|
Pertemuan 3
(Ketiga) (2 Jam Pelajaran/80 menit)
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1. Mengucapkan salam, berdoa,
mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, dan mengabsen siswa.
2. Guru bertanya-jawab tentang
stuktur dan karakteristik teks deskripsi pada pembelajaran sebelumnya dan
mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3. Dibuka dengan hal-hal yang
berkaitan dengan materi yang dapat menggairahkan peserta didik untuk belajar.
4. Mengungkapkan kompetensi dasar dan
indikator yang akan dicapai.
5. Bertanya jawab tentang manfaat
pembelajaran yang
akan dipelajari.
6.
Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah
dirancang.
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah 1. Menyampaikan Tujuan dan
Memotivasi Siswa
1.
Peserta didik menerima informasi
tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah
pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan
2.
Guru bertanya mencari informasi
tentang menentukan jenis teks deskripsi
pada teks yang dibaca/didengar dan memetakan isi teks deskripsi (topik dan
bagian-bagiannya) dan peserta
didik menjawab
3.
Guru mengaitkan materi menentukan jenis teks deskripsi pada teks
yang dibaca/didengar dan memetakan isi teks deskripsi (topik dan
bagian-bagiannya) yang
diajarkan dengan kehidupan nyata
Langkah 2. Menyajikan Informasi
1.
Peserta didik diminta guru untuk
mengamati tayangan gambar/video misalkan tentang petunjuk yang harus
dilakukan berkaitan masalah yang diberikan dalam LK
Langkah 3. Mengorganisasikan Siswa
ke dalam Kelompok-kelompok Belajar
2.
Guru meminta peserta didik untuk
membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang secara
tertib
3.
Guru memberikan media dan Lembar
Kerja (LK yang berisikan tentang permasalahan:
1. Untuk diberi pertanyaan tentang isi teks deskripsi dan merencanakan
penulisan teks deskripsi
4.
Peserta didik membaca petunjuk dan
mengamati LK yang diberikan oleh guru
5.
Tiap peserta dalam kelompok asal
mengamati LK materi yang berbeda yaitu:
1. menentukan tujuan deskripsi, dan cara mengumpulkan data
2. membuat teks deskripsi dengan
mengamati objek
3. tentang langkah
menulis teks deskripsi
4. merancang objek dan kerangka teks
deskripsi berdasarkan objek yang ditentukan/ dipilih siswa dengan langkah
yang ditemukan.
6.
Tiap peserta dari berbagai
kelompok yang mempunyai permasalahan materi yang sama membentuk kelompok baru
(kelompok ahli) dan mempelajari
dan memahami masalah
secara bersama
7.
Guru memberikan motivasi peserta
didik dalam kelompok ahli untuk
memberikan pertanyaan terkait
masalah yang mereka diskusikan
8.
Peserta didik dalam kelompok ahli
saling bertanya dan menjawab berdasarkan asumsi mereka.
9.
Peserta didik dalam kelompok ahli
melakukan diskusi pembahasan berdasarkan
permasalahan yang sama, meliputi materi:
1. menentukan tujuan deskripsi, dan cara mengumpulkan data
2. membuat teks deskripsi dengan
mengamati objek
3. tentang langkah
menulis teks deskripsi
4. merancang objek dan kerangka teks
deskripsi berdasarkan objek yang ditentukan/ dipilih siswa dengan langkah
yang ditemukan
10. Peserta
didik dalam kelompok ahli menemukan berbagai kesulitan yang di alami peserta
didik dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum
dipahami
Langkah 4. Membimbing Kelompok
Bekerja dan Belajar
11. Guru
memberikan bantuan kepada peserta didik dalam kelompok ahli untuk
masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
12. Guru
mengarahkan peserta didik dalam kelompok ahli
untuk menghimpun materi
yang sudah dipelajari dan
cermat dalam pemecahan masalah yang diberikan
13. Setelah
diskusi dari kelompok ahli selesai, peserta didik anggota
kelompok ahli kembali
kepada kelompok asal dan
dalam kelompok tersebut secara bergantian
menjelaskan tentang sub
bab yang telah mereka pelajari dalam kelompok ahli, dimana anggota
yang lain memperhatikan dan mengeksplor penjelasan dari teman
mereka yang sedang menjelaskan.
14. Peserta didik
dalam kelompok ahli setelah melakukan pemahaman
maupun dari hasil eksplorasi maka
dalam diskusi kelompok
asal, tiap peserta didik mampu:
1. membuat teks deskripsi dengan
mengamati objek tentang langkah menulis teks deskripsi
2. merancang objek dan kerangka teks
deskripsi berdasarkan objek yang ditentukan/ dipilih siswa dengan langkah
yang ditemukan
15. Peserta didik
dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk
dapat mengaitkan, merumuskan, dan menyimpulkan tentang materi tersebut.
Langkah 5. Melakukan Evaluasi
16. Beberapa
perwakilan kelompok asal menyajikan secara tertulis dan lisan hasil
pembelajaran atau apa yang telah dipelajari dalam diskusi
17. Peserta
didik yang lain dan guru memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya.
Langkah 6. Memberikan Penghargaan
18. Guru
memberikan apresiasi dan meminta peserta didik pada kelompok yang lain untuk
memberikan tepuk tangan kepada kelompok yang sudah presentasi
19. Peserta
didik melakukan resume dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif
dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap lainnya dari
hasil pembelajaran yang
telah dilakukan.
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Peserta didik menyimpulkan
materi yang telah dipelajari
dengan merespon pertanyaan
guru yang sifatnya menuntun dan
menggali
2.
Peserta didik merefleksi
penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan
materi.
3.
Peserta didik
saling memberikan umpan
balik hasil refleksi yang
dilakukan, Guru
memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan
masalah isi teks deskripsi dan merencanakan penulisan teks deskripsi
4.
merancang objek dan kerangka teks deskripsi
berdasarkan objek yang ditentukan/ dipilih siswa dengan langkah yang
ditemukan
5.
Melaksanakan postes
terkait menentukan tujuan deskripsi, cara mengumpulkan data, membuat teks deskripsi dengan
mengamati objek, dan tentang langkah
menulis teks deskripsi mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
6.
Untuk memberi
penguatan materi yang
telah di pelajari, guru
memberikan arahan untuk
mencari referensi terkait materi
yang telah dipelajari
baik melalui buku-buku di
perpustakaan atau mencari
di internet.
7.
Guru memberikan tugas
|
10 menit
|
Penugasan:
Menjadi
Reporter Acara Jalan-jalan
Carilah
tayangan video/gambar wisata di sebuah daerah. Tayangkan dan jadilah reporter
acara jalan-jalan untuk mendeskripsikan keindahan wisata tersebut.
Lakukan
bergantian di depan kelas!
Perhatikan
kesesuaian gambar dengan deskripsi. Intonasi dan gerak-gerik juga perlu
diperhatikan!
|
Pertemuan 4
(Keempat) (3 Jam Pelajaran/120 menit)
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta didik
melakukan do’a sebelum belajar
(meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan
peralatan yang diperlukan
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah 1. Menyampaikan Tujuan dan
Memotivasi Siswa
1.
Peserta didik
menerima informasi tentang
pembelajaran yang akan
dilaksanakan dengan materi yang
memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
2.
Peserta didik menerima informasi
tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran,
metode penilaian yang akan dilaksanakan
3.
Guru bertanya mencari informasi
tentang laporan percobaan hasil pengamatan
dan peserta didik menjawab
4.
Guru mengaitkan menulis teks
deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan
yang akan dilaksanakan dengan kehidupan nyata
Langkah 2. Menyajikan Informasi
Guru meminta semua peserta didik yang ada dalam kelompok untuk
memperhatikan tampilan contoh teks deskripsi menulis teks
deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan melalui teks
deskripsi
Langkah
3. Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar
5.
Guru meminta peserta didik untuk
membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang secara
tertib
6.
Guru memberikan lembar kerja (LK)
yang dibagikan kepada masing-masing kelompok
7.
Guru membimbing kelompok diskusi
dalam mengerjakan LK yang telah diberikan
8.
Peserta didik melakukan diskusi
dalam kelompok masing-masing berdasarkan intruksi yang ada dalam LK
9.
Peserta didik masing-masing
kelompok dalam kelompok untuk membahas dan berdiskusi berdasarkan petunjuk LK
tentang:
1. Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan
kata, kelengkapan struktur, dan kaidah
penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan.
Langkah 4. Membimbing Kelompok
bekerja dan belajar
10.
Guru berkeliling melakukan
bimbingan kepada kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan arahan
untuk mengerjakan LK dengan media yang telah disediakan
Langkah 5. Melakukan Evaluasi
11.
Setelah diskusi selesai, beberapa
perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran
atau apa yang telah dipelajari atau didiskusikan
Langkah 6. Memberikan Penghargaan
12.
Guru memberikan penghargaan dengan
memberikan tepuk tangan kepada kelompok yang sudah tampil mempresentasikan
hasil diskusinya
13.
Guru dan peserta didik memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan
lainnya.
|
90 menit
|
Penutup
|
1.
Peserta didik menyimpulkan
materi yang telah dipelajari
dengan merespon pertanyaan
guru yang sifatnya menuntun dan
menggali
2.
Peserta didik merefleksi
penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan
materi.
3.
Peserta didik
saling memberikan umpan
balik hasil refleksi yang
dilakukan.
4.
Guru memberikan
tugas mandiri sebagai
pelatihan keterampilan dalam
menyelesaikan masalah menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan
kata, kelengkapan struktur, dan kaidah
penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan.
5.
Melaksanakan postes terkait masalah
menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan
kata, kelengkapan struktur, dan kaidah
penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan.
6.
Peserta didik mendengarkan arahan
guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
7.
Untuk memberi
penguatan materi yang
telah di pelajari, guru
memberikan arahan untuk
mencari referensi terkait materi
yang telah dipelajari
baik melalui buku-buku di
perpustakaan atau mencari
di internet.
8.
Guru memberikan tugas
|
20 menit
|
Penugasan:
1.
|
I.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a. Sikap
spiritual
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Observasi
|
Lembar
Observasi (Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian
untuk dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment
for and
of
learning)
|
b. Sikap
sosial
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Observasi
|
Lembar
Observasi (Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian
untuk dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment
for and
of
learning)
|
2.
|
Penilaian
diri
|
Lembar
Observasi (Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
usai
|
Penilaian
sebagai
pembelajaran
(assessment
as
learning)
|
3.
|
Penilaian
antar
teman
|
Lembar
Observasi (Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
usai
|
Penilaian
sebagai
pembelajaran
(assessment
as
learning)
|
c. Pengetahuan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Tes
Tulis
|
Pilihan
ganda, benarsalah, menjodohkan,
isian,
dan/atau
lainnya
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
usai
|
Penilaian
untuk
pembelajaran
(assessment
for
learning)
dan sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
d. Keterampilan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Proyek
|
Masalah sehari-hari berkaitan dengan teks deskripsi
tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana
pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
|
Carilah kegiatan di
sekitar kalian yang berkaitan dengan teks deskripsi |
Di luar PBM
selama satu minggu |
Penilaian untuk,
sebagai, dan/atau
pencapaian
pembelajaran
(assessment for, as,
and of learning)
|
2. Pembelajaran
Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan
harian, peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan
pembelajaran remedial dalam bentuk;
a.
bimbingan
perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b.
belajar
kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c. pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥ 50%.
3.
Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar
diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal
PAS.
Nah, itulah contoh format RPP Abad 21 SMP Bahasa Indonesia Kelas 7 Terbaru yang bisa kita sampikan untuk anda semuanya, dan anda tidak perlu download atau unduh , cukup kopikan pada word dan edit sesuai kebutuhan, terimakasih