Contoh RPP Abad 21 Kelas 1 SD Tematik K13 Terbarau

SEKOLAHAN - Apa kabar semunya ? tentulah dalam keadaan pusing karena sedang memikirkan tugas administrasi guru yang tiada hentinya,, hehe, Pada kali ini kami ingin berbagi gratis tentang Contoh RPP Abad 21 Kelas 1 SD K13 Terbrau terupdate tentunya, yang semoga anda semua bisa memanfaatkannya dengan baik


Contoh RPP Abad 21 Kelas 1 SD Tematik K13 Terbarau

Contoh RPP Abad 21 Kls 1 SD K13 ini dipergunakan untuk sekolahan Dasar yang sudah menerapkan kurikulum 2013 ( kurtilas ) bagi yang masih KTSP maka akan lain lagi bentuk atau format RPP ( karena dari segi materi juga berbeda ) dan untuk Kk 13 ini sudah menggunkan pembelajaran tematik full artinya tidak per mata pelajaran lagi seperti pada kurikulum 2006 ( ktsp ) dan para tenaga pengajar / guru pada sekolah formal pada tiap awal semester 1 amaupun semester 2 diharuskan membuat administrasi tersebut untuk persiapan mengajar di kelas

Dan format RPP yang paling baru adalah yang berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016 tentang penyusunan atau tahapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan yang lebih terkenal dengan Contoh RPP Abad 21 Tematik yang kan kita ulas lebih lanjut

Ciri - Ciri RPP abad 21

Ciri atau karakteristik RPP abad 21 ( dua satu ) adalah dalam hal pelaksanaannya yaitu menggunakan sistem 4 C / 4 K , artinya dalam kegiatan pembelajaran siswa sudah tertera 4C nya, dan untuk format yang lainnya sama saja dengan penyusunan RPP kurtilas sebelumnya

Singkatan dari 4C adalah COMMUNICATION, COLLABORATIVE, CRITICAL THINKING, DAN CREATIVITY atau di translite ke bahasa Indonesia terkenal dengan istilag 4K ( komunikasi, Kolaborasi, Kritik dan kreatif ) adalah tujuan sebenarnya k 13 yang terkenal dengan pembelajaran abad21

Dan Contoh RPP Abad 21 Kelas 1 SD Tematik K13 Terbrau kita peroleh dari beberapa sumber terpercaya yang bisa anda gunakan untuk berbagai kebeutuhan di sekolah anda bekerja tentunya, dengan sedikit merubah sesuai kebutuhn maka saudara bisa punya RPP paling anyar di abad21 ini

Contoh RPP Abad 21 Kelas 1 SD Tematik K13 Terbrau berforman word ( Doc ) bukan PDF apalagi gambar atau PNG, ga lah.. yang kadang sulit untuk diedit oleh orang yang sudah download ( unduh )

dan langsung saja inilah Contoh RPP abad 21 kls 1 SD/ MI tematik yang kita maksudkan, yaitu sebagai berikut

RPP Abad 21 Kls 1 SD Tematik




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2019


Satuan Pendidikan       :  .........................................................
Kelas / Semester            :  I (Satu) / 1
Tema 1                             :  Diriku
Sub Tema 2                    :  Tubuhku
Pembelajaran                 :  1
Alokasi Waktu                :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
Kompetensi Dasar (KD) :
3.4 Mengenal kosa kata tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan atau syair lagu)
4.4 Menjelaskan dengan kosa katan yang tepat tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya (berupa gambar dan tulisan) dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan.
Indikator:
3.4.1 Menjodohkan gambar dan kata anggota tubuh dengan tepat
4.4.1 Menggunakan kosa kata tentang anggota tubuh dengan tepat dalam bahasa lisan atau tulisan
SBDP
Kompetensi Dasar (KD) :
3.3 Memahami gerak anggota tubuh melalui tari
Indikator:
3.3.1 Mengidentifikasi gerak anggota tubuh (kepala, badan, tangan, dan kaki) dalam suatu tarian

PKN
Kompetensi Dasar (KD) :
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan seharihari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Indikator:
3.2.35 Menunjukkan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan aturan menjaga kesehatan tubuh di rumah
4.2.35 Memeragakan kegiatan tentang menjaga kesehatan tubuh di rumah dalam hubungannya dengan aturan saat makan di rumah

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Melalui lagu, siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh.
2.    Dengan menirukan ucapan guru, siswa dapat menyebutkan bacaan nama bagian-bagian tubuh.
3.    Melalui ragam gerak, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh.
4.    Setelah berdiskusi dengan teman, siswa dapat menunjukkan aturan tentang menjaga kesehatan tubuh di rumah hubungannya dengan makan makanan yang sehat.
5.    Dengan berlatih, siswa dapat mengenali kosa kata dan memasangkan bagian-bagian tubuh dengan namanya.
6.    Dengan bermain peran, siswa dapat menunjukkan aturan saat makan di rumah.

v  Karakter siswa yang diharapkan :            Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
  Guru mengajak siswa berdoa dan membalas salam.(Religius)
  Guru menanyakan kabar kepada siswa. “Bagaimana keadaan kalian? Sehat?” “Apakah kalian masih ingat nama temanteman baru?”
  Guru lalu menunjuk salah satu siswa dan meminta siswa tersebut untuk mengingat 3-5 nama teman baru sambil menunjuk teman yang dimaksud. Kegiatan ini dilakukan dua kali, sekedar pengulangan untuk mengamati apakah para siswa masih ingat nama teman barunya. Bisa juga metode bentuk pengulangan materi dengan menyanyikan lagu “Siapa Namamu?” (Integritas)
  Setelah kegiatan pengulangan, lalu guru memulai pembelajaran dengan bernyanyi Satu Nusa dan Satu Bangsa (Nasionalis)
10 menit
Inti
·         Dilanjutkan menyanyikan lagu “Dua mata saya”, siswa menunjuk bagian-bagian tubuh sesuai dengan teks lagu.
·         Setelah itu, guru menunjukkan gambar bagian-bagian tubuh dan menempelnya di papan tulis.
·         Minta siswa mengamati gambar tubuh tersebut. Gambar tubuh tersebut belum ada namanya. (Critical Thinking and Problem Solving)
·         Guru lalu bertanya pada siswa apakah ada yang mengetahui namanama bagian tubuh pada gambar yang ditempel di papan tulis. Guru mengapresiasi jawaban siswa yang mau menjawab dengan meminta siswa tersebut untuk menunjukkan bagian tubuh sesuai dengan jawabannya. (Communication)
·         Guru memancing siswa lain untuk aktif mengidentifikasi nama-nama bagian tubuh. (Critical Thinking and Problem Solving)
·         Guru meminta semua siswa untuk mengecek jawaban mereka. Guru lalu mengambil kartu kata nama-nama anggota tubuh. (Communication)
·         Guru memperlihatkan salah satu kartu nama anggota tubuh dan membacakannya. Minta salah satu siswa untuk menempelkan kartu nama tersebut di dekat bagian tubuh sesuai dengan yang dimaksud. (Mandiri)
·         Guru memperlihatkan kartu yang lain, membacakannya, dan meminta siswa yang lain untuk menempel kartu nama tersebut. Begitu seterusnya sampai semua kartu nama anggota tubuh tertempel pada gambar. ( Collaboration)
·         Guru dan siswa mengecek bersama. Guru menunjuk salah satu bagian tubuh dan menyebutkan namanya. Guru lalu membaca kartu nama anggota tubuh yang tertempel di dekat anggota tubuh tersebut. Cocok atau tidak ya antara nama anggota tubuh di kartu dengan anggota tubuh yang dimaksud. (Gotong-royong)
·         Jika ada kartu nama yang salah tempel, minta siswa lain untuk membetulkannya.
·         Setelah semua kartu nama anggota tubuh sudah dicek, guru lalu membacakan semua kartu nama anggota tubuh sambil menunjuk anggota tubuh yang dimaksud. Siswa menirukan bacaan dari guru. (lihat buku siswa halaman 39) (Integritas)
·         Setelah siswa menirukan, guru dan siswa bersama-sama membaca nyaring nama-nama bagian tubuh sambil guru menunjuk nama dananggota tubuh yang dimaksud. (Communication)
·         Guru lalu bertanya kepada siswa, bagaimana ya caranya supaya badan sehat. (siswa akan memberi banyak jawaban, salah satunya adalah makan) (creativity and Innovation)
·         Guru bertanya kepada siswa, bagaimana sikap yang harus ia tunjukkan di rumah saat hendak makan, sedang makan, dan selesai makan.
·         Untuk menjawab pertanyaan tersebut, guru meminta siswa menggali informasi dari teman sebangku tentang aturan saat makan di rumah. (Critical Thinking and Problem Solving)
·         Siswa akan bertanya jawab, yaitu bagaimana sikap yang harus ia tunjukkan di rumah saat hendak makan, sedang makan, dan selesai makan. (Communication)
·         Guru lalu meminta siswa berpasangan dengan seorang teman di sebelah kanannya (bisa juga dengan teman sebangku/semeja). Setiap pasangan saling bertanya jawab/diskusi tentang aturan saat makan. Jenis pertanyaan dipandu oleh guru, seperti: apakah tadi pagi sudah makan? Sebelum makan, apakah ada yang harus kamu lakukan? Kalau makan di mana, di meja makan atau boleh dimana saja? Kalau makan, apakah bersama-sama dengan anggota keluarga atau sendiri-sendiri? Bagaimana sikap saat makan? Bagaimana sikap jika sudah selesai makan? (Integritas)
·         Kemudian guru meminta perwakilan siswa untuk menunjukkan tentang sikap saat makan di rumah.
·         Setelah selesai, guru minta siswa mengamati buku siswa halaman 40. Apakah dari hasil diskusi tentang aturan sikap siswa saat hendak, akan, dan setelah makan ada yang sesuai dengan gambar di buku siswa? (Literasi)
·         Setelah itu guru merangkum semua jawaban siswa dan menyampaikan informasi tentang aturan di rumah tentang makan. Secara umum aturan pada saat makan adalah sebagai berikut:
»» Mencuci tangan sebelum makan
»» Berdoa sebelum makan
»» Makan sambil duduk (Critical Thinking and Problem Solving)
·         Guru menanamkan kepada siswa untuk mengikuti aturan di rumah saat makan.
·         Sebelum kegiatan ditutup, siswa dan guru bergerak bersama dalam sebuah ragam gerak “Kepala pundak lutut kaki”. (lihat di buku siswa pada halaman 41). (Critical Thinking and Problem Solving)
·         Guru memberi contoh terlebih dulu, lalu siswa mengamati dan kemudian mengikuti. Guru dan siswa bergerak sesuai dengan irama lagu tersebut. Guru memberikan instruksi untuk gerak dasar sebelum siswa mengikuti ragam gerak “Kepala pundak lutut kaki”. Instruksi gerak dasar tersebut adalah:
»» Sikap berdiri, pandangan ke depan
»» Kedua tangan di pinggang
»» Kedua kaki dibuka, lutut ditekuk
»» Gerak kepala tengok kanan dan kiri
·         Awalnya bersama-sama. Lalu bergantian per 10 orang siswa mengulangi gerakan tariannya.
·         Setelah menari, semua siswa mengerjakan latihan di buku siswa halaman 42 dan 43. (Mandiri)
·         Di akhir kegiatan, guru mengulang kembali nama-nama bagian tubuh.
35 Menit X  30 JP
Penutup
  Setelah selesai, guru bersama siswa menyimpulkan bahwa semua siswa mempunyai nama lengkap dan panggilan. Nama-nama mereka semuanya bagus. Adanya nama membuat kita menjadi saling mengenal. (Integritas)
15 menit
E.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡  Syair lagu “Dua Mata Saya”
¡  Gambar anggota tubuh manusia yang lengkap



Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP. …………………………….
..................., ...............
Guru Kelas I



_________________________
NIP. …………………………….

Catatan Kepala Sekolah :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………






























Lampiran 1
Sumber materi untuk SBDP
https://mithayani.wordpress.com/2012/06/05/gerak-dasar-dalam-pendidikan-jasmani.html (diunduh pada tanggal 23 Februari, pukul 10.40 WIB)
Gerak Dasar dalam Pendidikan Jasmani
Menurut Husdarta dan Yudha M. Saputra (2000:73) ruang lingkup pendidikan jasmani salah satunya adalah pembentukan gerak, yang meliputi keinginan untuk bergerak, menghayati ruang waktu dan bentuk termasuk perasaan irama, mengenal kemungkinan gerak diri sendiri, memiliki keyakinan gerak dan perasaan sikap (kinestetik) dan memperkaya kemampuan gerak.
Sedangkan menurut Amung Ma’mun dan Yudha M. Saputra (2000:20) kemampuan gerak dasar merupakan kemampuan yang biasa siswa lakukan guna meningkatkan kualitas hidup.
Selanjutnya masih menurut Amung Ma’mun dan Yudha M. Saputra (2000:20) menyatakan bahwa kemampuan gerak dasar dibagi menjadi tiga kategori yaitu : A. Kemampuan lokomotor
Kemampuan lokomotor digunakan untuk memindahkan tubuh dari satu tempat ke tempat lain atau untuk mengangkat tubuh ke atas seperti lompat dan loncat. Kemampuan gerak lainnya adalah berjalan, berlari, skipping, melompat, meluncur, dan lari seperti kuda berlari (gallop).
B. Kemampuan non lokomotor
Kemampuan non lokomotor dilakukan di tempat tanpa ada ruang gerak yang memadai. kemampuan non lokomotor terdiri dari menekuk dan meregang, mendorong dan menarik, mengangkat dan menurunkan, melipat dan memutar, mengocok, melingkar, melambungkan, dan lain-lain.

C. Kemampuan manipulatif
Kemampuan manipulatif dikembangkan ketika anak tengah menguasai macam-macam objek. Kemampuan manipulatif lebih banyak melibatkan tangan dan kaki, tetapi bagian lain dari tubuh kita juga dapat digunakan. Manipulasi objek jauh lebih unggul daripada koordinasi mata-kaki dan tangan-mata, yang mana cukup penting untuk berjalan (gerakan langkah) dalam ruang. Bentuk-bentuk kemampuan manipulatif terdiri dari:
·     Gerakan mendorong (melempar, memukul, menendang).
·     Gerakan menerima (menangkap) objek adalah kemampuan penting yang dapat diajarkan dengan menggunakan bola yang terbuat bantalan karet (bola medisin) atau macam bola yang lain.
·     Gerakan memantul-mantulkan bola atau menggiring bola.
Sumber materi untuk SBDP
 http://users.rowan.edu/~conet/rhythms/Resources/Loco.nonloco. definitions.html (diunduh dan diterjemahkan pada tanggal 23 Februari, pukul 11.04 WIB)


Gerak Lokomotor dan Non Lokomotor
A. Gerak Lokomotor
Gerak lokomotor adalah gerakan tubuh yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat. Pada umumnya gerak ini menggunakan kaki sebagai penunjang utama gerakan. Contoh gerak ini adalah berjalan, berlari, melompat, meloncat, dan meluncur.
B. Gerak Non Lokomotor
Gerak non lokomotor adalah gerakan seluruh atau sebagian tubuh tanpa disertai perpindahan tempat. Contoh gerak ini adalah membungkuk, meregang, memutar tubuh, dan mengayunkan lengan.
Sumber materi untuk SBDP http://www.mikirbae.com/2015/05/gerak-dasar-lokomotor-nonlokomotor-dan.html (diunduh dan diterjemahkan pada tanggal 23 Februari, pukul 11.04 WIB)

A. Gerak Lokomotor
Gerakan lokomotor merupakan suatu gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling. Gerakan ini biasanya membuat anak merasa senang melakukannya. Gerakan lokomotor ini bisa dimodifikasi menjadi permainan anak sehingga tanpa disadari siswa sedang melakukan gerak lokomotor, seperti berjalan, lari, dan melompat. Tujuan dari dilakukannya gerakan dasar jalan dan berlari adalah meningkatkan kemampuan gerakan dasar yang banyak dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.
B. Gerak Lokomotor
Gerakan dasar ini dilakukan tanpa adanya perpindahan tempat, contohnya meliuk, menggoyangkan pinggul dan bahu, menarik, menekuk, dan memutar.
  • Memuntir Badan. Gerakan memuntir atau memilin badan dapat dilakukan dengan memutar setengah badan dimana posisi kedua kaki tetap, tetapi anggota badan mulai dari pinggang sampai kepala diarahkan ke samping.
  • Menekuk Badan. Gerakan Menekuk badan dapat dilakukan dengan jongkok, menunduk atau menekuk badan ke samping.
  • Memutar Badan. Gerakan memutar badan dilakukan dengan mengubah posisi kaki untuk mengubah posisi bandan menghadap kea rah yang berbeda.
  • Gerakan Mengubah Posisi Anggota Tubuh (Tangan, kaki, dan Kepala). Gerakan mengubah posisi anggota tubuh yang tidak menyebabkan berpindahnya badan secara keseluruhan ke tempat lain contohnya menggeleng kepala
MATERI PEMBELAJARAN
¡  Mengenal Anggota Tubuh dengan Bernyanyi.
¡  Permainan “Guru Berkata, Pegang ....!”

METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Lampiran 2

Penilaian Pembelajaran
1. Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
2. Penilaian pengetahuan:
- Tes tertulis
(Guru meminta siswa menyebutkan 5 nama panggilan dan lengkap teman baru di kelas. Selain itu bisa guru mengembangkan jenis pertanyaan yang akan diberikan, misalnya siswa menyebutkan nama teman sambil menunjuk orang yang dimaksud atau menyebutkan ciri-ciri teman tersebut)

3. Penilaian keterampilan:
a. Penilaian Unjuk kerja: Berjalan lurus ke satu arah
No
Nama Siswa
Kriteria
Predikat
Berbaris
lurus memegang
pundak
Berjalan
lurus ke
satu arah
Mulai dan
berhenti berjalan
sesuai
aba-aba
Rapi dan
teratur
1
Dayu
Sangat Baik
2
Udin
-
Baik
3
……






b. Penilaian: Unjuk kerja: Memperkenalkan teman lewat permainan

Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Pendampingan 1
1. Kemampuan
memperkenalkan
teman di
kelas
Siswa mampu
menyebutkan
nama lengkap
dan nama
panggilan
teman di kelas
dengan mandiri
Siswa mampu
menyebutkan
nama
lengkap
dan nama
panggilan
teman di
kelas dengan
arahan dari
guru satu kali
Siswa mampu
menyebutkan
nama lengkap
dan nama
panggilan
teman di
kelas dengan
arahan dari
guru lebih dari
satu kali
Siswa belum
mampu
menyebutkan
nama lengkap
dan nama
panggilan teman
di kelas
2. Kemampuan
menjalankan
peraturan pada
permainan
Siswa mampu
melakukan
permainan
sesuai dengan
instruksi tanpa
pengarahan
ulang
Siswa mampu
melakukan
permainan
sesuai aturan
tetapi dengan
1 kali arahan
ulang
Siswa mampu
melakukan
permainan
sesuai aturan,
tetapi dengan
lebih dari 1 kali
arahan ulang
Siswa belum
mampu
melakukan
permainan
sesuai dengan
aturan
(Format penilaian bisa dilihat di teknik dan instrument penilaian yang terdapat pada bagian depan buku guru)

PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.   Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Disiplin
Bekerjasama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Ekal












2
Aisy












3
Zidan












4
………












Keterangan:
BT       : Belum Terlihat
MT       :  Mulai Terlihat
MB      :  Mulai Berkembang
SM      :  Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai

2.   Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (isian)

3.   Penilaian Pengetahuan
a.   Penilaian : Unjuk Kerja

Rubrik Mengenal Anggota Tubuh dengan Bernyanyi
No.
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1.
Penguasaan lagu
Siswa hafal seluruh syair lagu, irama tepat
Siswa hafal seluruh syair lagu, irama kurang tepat atau sebaliknya
Siswa hafal sebagian kecil syair lagu
Siswa belum hafal syair lagu
2.
Ketepatan mengisi banyak anggota tubuh pada kolom ‘Ayo Berlatih’
Semua tepat
Tepat 5—6
Tepat 3—4
Tepat 1—2





b.   Penilaian : Observasi (Pengamatan)

Lembar Pengamatan Kegiatan Permainan
No.
Kriteria
Terlihat (v)
Belum Terlihat (v)
1.
Siswa mampu mengikuti instruksi guru


2.
Siswa terlibat aktif dalam permainan


3.
Siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya setelah melakukan kegiatan permainan




Download RPP Abad 21 Kelas 1 SD


Anda tidak usah download RPP tersebut, cukup kapikan pada komputer atau hp anda maka semua beres

nah, sekarang sudah tahu khan RPP Abad 21 Kelas 1 SD Tematik K13 Terbrau seperti apa, sekarang anda sudah bisa mengembangkan RPP jadul anda dijadikn abad 21 , terimakasih

Postingan terkait: