SEKOLAHAN - Apa kabar semunya ? tentulah dalam keadaan pusing karena sedang memikirkan tugas administrasi guru yang tiada hentinya,, hehe, Pada kali ini kami ingin berbagi gratis tentang Contoh RPP Abad 21 Kelas 1 SD K13 Terbrau terupdate tentunya, yang semoga anda semua bisa memanfaatkannya dengan baik
Dan format RPP yang paling baru adalah yang berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016 tentang penyusunan atau tahapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan yang lebih terkenal dengan Contoh RPP Abad 21 Tematik yang kan kita ulas lebih lanjut
Singkatan dari 4C adalah COMMUNICATION, COLLABORATIVE, CRITICAL THINKING, DAN CREATIVITY atau di translite ke bahasa Indonesia terkenal dengan istilag 4K ( komunikasi, Kolaborasi, Kritik dan kreatif ) adalah tujuan sebenarnya k 13 yang terkenal dengan pembelajaran abad21
Dan Contoh RPP Abad 21 Kelas 1 SD Tematik K13 Terbrau kita peroleh dari beberapa sumber terpercaya yang bisa anda gunakan untuk berbagai kebeutuhan di sekolah anda bekerja tentunya, dengan sedikit merubah sesuai kebutuhn maka saudara bisa punya RPP paling anyar di abad21 ini
Contoh RPP Abad 21 Kelas 1 SD Tematik K13 Terbrau berforman word ( Doc ) bukan PDF apalagi gambar atau PNG, ga lah.. yang kadang sulit untuk diedit oleh orang yang sudah download ( unduh )
dan langsung saja inilah Contoh RPP abad 21 kls 1 SD/ MI tematik yang kita maksudkan, yaitu sebagai berikut
Anda tidak usah download RPP tersebut, cukup kapikan pada komputer atau hp anda maka semua beres
nah, sekarang sudah tahu khan RPP Abad 21 Kelas 1 SD Tematik K13 Terbrau seperti apa, sekarang anda sudah bisa mengembangkan RPP jadul anda dijadikn abad 21 , terimakasih
Contoh RPP Abad 21 Kelas 1 SD Tematik K13 Terbarau
Contoh RPP Abad 21 Kls 1 SD K13 ini dipergunakan untuk sekolahan Dasar yang sudah menerapkan kurikulum 2013 ( kurtilas ) bagi yang masih KTSP maka akan lain lagi bentuk atau format RPP ( karena dari segi materi juga berbeda ) dan untuk Kk 13 ini sudah menggunkan pembelajaran tematik full artinya tidak per mata pelajaran lagi seperti pada kurikulum 2006 ( ktsp ) dan para tenaga pengajar / guru pada sekolah formal pada tiap awal semester 1 amaupun semester 2 diharuskan membuat administrasi tersebut untuk persiapan mengajar di kelasDan format RPP yang paling baru adalah yang berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016 tentang penyusunan atau tahapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan yang lebih terkenal dengan Contoh RPP Abad 21 Tematik yang kan kita ulas lebih lanjut
Ciri - Ciri RPP abad 21
Ciri atau karakteristik RPP abad 21 ( dua satu ) adalah dalam hal pelaksanaannya yaitu menggunakan sistem 4 C / 4 K , artinya dalam kegiatan pembelajaran siswa sudah tertera 4C nya, dan untuk format yang lainnya sama saja dengan penyusunan RPP kurtilas sebelumnyaSingkatan dari 4C adalah COMMUNICATION, COLLABORATIVE, CRITICAL THINKING, DAN CREATIVITY atau di translite ke bahasa Indonesia terkenal dengan istilag 4K ( komunikasi, Kolaborasi, Kritik dan kreatif ) adalah tujuan sebenarnya k 13 yang terkenal dengan pembelajaran abad21
Dan Contoh RPP Abad 21 Kelas 1 SD Tematik K13 Terbrau kita peroleh dari beberapa sumber terpercaya yang bisa anda gunakan untuk berbagai kebeutuhan di sekolah anda bekerja tentunya, dengan sedikit merubah sesuai kebutuhn maka saudara bisa punya RPP paling anyar di abad21 ini
Contoh RPP Abad 21 Kelas 1 SD Tematik K13 Terbrau berforman word ( Doc ) bukan PDF apalagi gambar atau PNG, ga lah.. yang kadang sulit untuk diedit oleh orang yang sudah download ( unduh )
dan langsung saja inilah Contoh RPP abad 21 kls 1 SD/ MI tematik yang kita maksudkan, yaitu sebagai berikut
RPP Abad 21 Kls 1 SD Tematik
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2019
|
Satuan Pendidikan : .........................................................
Kelas / Semester :
I (Satu) / 1
Tema 1 :
Diriku
Sub Tema 2 : Tubuhku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
(6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
Kompetensi Dasar (KD) :
3.4 Mengenal kosa kata tentang anggota tubuh dan panca indera
serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana,
dan atau syair lagu)
4.4 Menjelaskan dengan kosa katan yang tepat tentang anggota
tubuh dan panca indera serta perawatannya (berupa gambar dan tulisan) dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulisan.
Indikator:
3.4.1 Menjodohkan gambar dan kata anggota tubuh dengan tepat
4.4.1 Menggunakan kosa kata tentang anggota tubuh dengan tepat
dalam bahasa lisan atau tulisan
SBDP
Kompetensi Dasar (KD) :
3.3 Memahami gerak anggota tubuh melalui tari
Indikator:
3.3.1 Mengidentifikasi gerak anggota tubuh (kepala, badan,
tangan, dan kaki) dalam suatu tarian
PKN
Kompetensi Dasar (KD) :
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan
beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah
Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan
yang berlaku dalam kehidupan seharihari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
di rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
Indikator:
3.2.35 Menunjukkan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya
dengan aturan menjaga kesehatan tubuh di rumah
4.2.35 Memeragakan kegiatan tentang menjaga kesehatan tubuh di
rumah dalam hubungannya dengan aturan saat makan di rumah
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Melalui lagu, siswa dapat menunjukkan bagian-bagian
tubuh.
2. Dengan menirukan ucapan guru, siswa dapat menyebutkan
bacaan nama bagian-bagian
tubuh.
3. Melalui ragam gerak, siswa dapat mengidentifikasi gerak
anggota tubuh.
4. Setelah berdiskusi dengan teman, siswa dapat menunjukkan
aturan tentang menjaga
kesehatan tubuh di rumah hubungannya dengan makan makanan yang sehat.
5. Dengan berlatih, siswa dapat mengenali kosa kata dan
memasangkan bagian-bagian
tubuh dengan namanya.
6. Dengan bermain peran, siswa dapat menunjukkan aturan
saat makan di rumah.
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas
D. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru mengajak siswa berdoa dan
membalas salam.(Religius)
Guru menanyakan kabar kepada siswa.
“Bagaimana keadaan kalian? Sehat?” “Apakah kalian masih ingat nama temanteman
baru?”
Guru lalu menunjuk salah satu siswa
dan meminta siswa tersebut untuk mengingat 3-5 nama teman baru sambil
menunjuk teman yang dimaksud. Kegiatan ini dilakukan dua kali, sekedar
pengulangan untuk mengamati apakah para siswa masih ingat nama teman barunya.
Bisa juga metode bentuk pengulangan materi dengan menyanyikan lagu “Siapa
Namamu?” (Integritas)
Setelah kegiatan pengulangan, lalu
guru memulai pembelajaran dengan bernyanyi Satu Nusa dan Satu Bangsa (Nasionalis)
|
10 menit
|
Inti
|
·
Dilanjutkan menyanyikan lagu “Dua mata saya”, siswa
menunjuk bagian-bagian tubuh sesuai dengan teks lagu.
·
Setelah itu, guru menunjukkan gambar bagian-bagian tubuh
dan menempelnya di papan tulis.
·
Minta siswa mengamati gambar tubuh tersebut. Gambar tubuh
tersebut belum ada namanya. (Critical
Thinking and Problem Solving)
·
Guru lalu bertanya pada siswa apakah ada yang mengetahui
namanama bagian tubuh pada gambar yang ditempel di papan tulis. Guru
mengapresiasi jawaban siswa yang mau menjawab dengan meminta siswa tersebut
untuk menunjukkan bagian tubuh sesuai dengan jawabannya. (Communication)
·
Guru memancing siswa lain untuk aktif mengidentifikasi
nama-nama bagian tubuh. (Critical
Thinking and Problem Solving)
·
Guru meminta semua siswa untuk mengecek jawaban mereka.
Guru lalu mengambil kartu kata nama-nama anggota tubuh. (Communication)
·
Guru memperlihatkan salah satu kartu nama anggota tubuh
dan membacakannya. Minta salah satu siswa untuk menempelkan kartu nama
tersebut di dekat bagian tubuh sesuai dengan yang dimaksud. (Mandiri)
·
Guru memperlihatkan kartu yang lain, membacakannya, dan
meminta siswa yang lain untuk menempel kartu nama tersebut. Begitu seterusnya
sampai semua kartu nama anggota tubuh tertempel pada gambar. ( Collaboration)
·
Guru dan siswa mengecek bersama. Guru menunjuk salah satu
bagian tubuh dan menyebutkan namanya. Guru lalu membaca kartu nama anggota
tubuh yang tertempel di dekat anggota tubuh tersebut. Cocok atau tidak ya
antara nama anggota tubuh di kartu dengan anggota tubuh yang dimaksud. (Gotong-royong)
·
Jika ada kartu nama yang salah tempel, minta siswa lain
untuk membetulkannya.
·
Setelah semua kartu nama anggota tubuh sudah dicek, guru
lalu membacakan semua kartu nama anggota tubuh sambil menunjuk anggota tubuh
yang dimaksud. Siswa menirukan bacaan dari guru. (lihat buku siswa halaman
39) (Integritas)
·
Setelah siswa menirukan, guru dan siswa bersama-sama
membaca nyaring nama-nama bagian tubuh sambil guru menunjuk nama dananggota
tubuh yang dimaksud. (Communication)
·
Guru lalu bertanya kepada siswa, bagaimana ya caranya
supaya badan sehat. (siswa akan memberi banyak jawaban, salah satunya adalah
makan) (creativity and Innovation)
·
Guru bertanya kepada siswa, bagaimana sikap yang harus ia
tunjukkan di rumah saat hendak makan, sedang makan, dan selesai makan.
·
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, guru meminta siswa
menggali informasi dari teman sebangku tentang aturan saat makan di rumah. (Critical Thinking and Problem Solving)
·
Siswa akan bertanya jawab, yaitu bagaimana sikap yang
harus ia tunjukkan di rumah saat hendak makan, sedang makan, dan selesai
makan. (Communication)
·
Guru lalu meminta siswa berpasangan dengan seorang teman
di sebelah kanannya (bisa juga dengan teman sebangku/semeja). Setiap pasangan
saling bertanya jawab/diskusi tentang aturan saat makan. Jenis pertanyaan
dipandu oleh guru, seperti: apakah tadi pagi sudah makan? Sebelum makan,
apakah ada yang harus kamu lakukan? Kalau makan di mana, di meja makan atau
boleh dimana saja? Kalau makan, apakah bersama-sama dengan anggota keluarga
atau sendiri-sendiri? Bagaimana sikap saat makan? Bagaimana sikap jika sudah
selesai makan? (Integritas)
·
Kemudian guru meminta perwakilan siswa untuk menunjukkan
tentang sikap saat makan di rumah.
·
Setelah selesai, guru minta siswa mengamati buku siswa
halaman 40. Apakah dari hasil diskusi tentang aturan sikap siswa saat hendak,
akan, dan setelah makan ada yang sesuai dengan gambar di buku siswa?
(Literasi)
·
Setelah itu guru merangkum semua jawaban siswa dan
menyampaikan informasi tentang aturan di rumah tentang makan. Secara umum
aturan pada saat makan adalah sebagai berikut:
»» Mencuci tangan sebelum makan
»» Berdoa sebelum makan
»» Makan sambil duduk (Critical Thinking and Problem Solving)
·
Guru menanamkan kepada siswa untuk mengikuti aturan di
rumah saat makan.
·
Sebelum kegiatan ditutup, siswa dan guru bergerak bersama
dalam sebuah ragam gerak “Kepala pundak lutut kaki”. (lihat di buku siswa
pada halaman 41). (Critical Thinking
and Problem Solving)
·
Guru memberi contoh terlebih dulu, lalu siswa mengamati
dan kemudian mengikuti. Guru dan siswa bergerak sesuai dengan irama lagu
tersebut. Guru memberikan instruksi untuk gerak dasar sebelum siswa mengikuti
ragam gerak “Kepala pundak lutut kaki”. Instruksi gerak dasar tersebut
adalah:
»» Sikap berdiri, pandangan ke depan
»» Kedua tangan di pinggang
»» Kedua kaki dibuka, lutut ditekuk
»» Gerak kepala tengok kanan dan kiri
·
Awalnya bersama-sama. Lalu bergantian per 10 orang siswa
mengulangi gerakan tariannya.
·
Setelah menari, semua siswa mengerjakan latihan di buku
siswa halaman 42 dan 43. (Mandiri)
·
Di akhir kegiatan, guru mengulang kembali nama-nama
bagian tubuh.
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
Setelah selesai, guru bersama
siswa menyimpulkan bahwa semua siswa mempunyai nama lengkap dan panggilan. Nama-nama
mereka semuanya bagus. Adanya nama membuat kita menjadi saling mengenal. (Integritas)
|
15 menit
|
E. SUMBER,
ALAT DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Syair lagu “Dua Mata Saya”
¡ Gambar anggota tubuh manusia yang lengkap
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP. …………………………….
|
..................., ...............
Guru Kelas I
_________________________
NIP. …………………………….
|
Catatan Kepala Sekolah :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Lampiran 1
Sumber
materi untuk SBDP
https://mithayani.wordpress.com/2012/06/05/gerak-dasar-dalam-pendidikan-jasmani.html
(diunduh pada tanggal 23 Februari, pukul 10.40 WIB)
Gerak
Dasar dalam Pendidikan Jasmani
Menurut
Husdarta dan Yudha M. Saputra (2000:73) ruang lingkup pendidikan jasmani salah
satunya adalah pembentukan gerak, yang meliputi keinginan untuk bergerak,
menghayati ruang waktu dan bentuk termasuk perasaan irama, mengenal kemungkinan
gerak diri sendiri, memiliki keyakinan gerak dan perasaan sikap (kinestetik)
dan memperkaya kemampuan gerak.
Sedangkan
menurut Amung Ma’mun dan Yudha M. Saputra (2000:20) kemampuan gerak dasar
merupakan kemampuan yang biasa siswa lakukan guna meningkatkan kualitas hidup.
Selanjutnya
masih menurut Amung Ma’mun dan Yudha M. Saputra (2000:20) menyatakan bahwa
kemampuan gerak dasar dibagi menjadi tiga kategori yaitu : A. Kemampuan
lokomotor
Kemampuan
lokomotor digunakan untuk memindahkan tubuh dari satu tempat ke tempat lain
atau untuk mengangkat tubuh ke atas seperti lompat dan loncat. Kemampuan gerak
lainnya adalah berjalan, berlari, skipping, melompat, meluncur, dan lari
seperti kuda berlari (gallop).
B.
Kemampuan non lokomotor
Kemampuan
non lokomotor dilakukan di tempat tanpa ada ruang gerak yang memadai. kemampuan
non lokomotor terdiri dari menekuk dan meregang, mendorong dan menarik,
mengangkat dan menurunkan, melipat dan memutar, mengocok, melingkar,
melambungkan, dan lain-lain.
C.
Kemampuan manipulatif
Kemampuan
manipulatif dikembangkan ketika anak tengah menguasai macam-macam objek.
Kemampuan manipulatif lebih banyak melibatkan tangan dan kaki, tetapi bagian
lain dari tubuh kita juga dapat digunakan. Manipulasi objek jauh lebih unggul
daripada koordinasi mata-kaki dan tangan-mata, yang mana cukup penting untuk
berjalan (gerakan langkah) dalam ruang. Bentuk-bentuk kemampuan manipulatif
terdiri dari:
·
Gerakan mendorong (melempar, memukul,
menendang).
·
Gerakan menerima (menangkap) objek adalah
kemampuan penting yang dapat diajarkan dengan menggunakan bola yang terbuat
bantalan karet (bola medisin) atau macam bola yang lain.
·
Gerakan
memantul-mantulkan bola atau menggiring bola.
Sumber
materi untuk SBDP
http://users.rowan.edu/~conet/rhythms/Resources/Loco.nonloco.
definitions.html (diunduh dan diterjemahkan pada tanggal 23 Februari, pukul
11.04 WIB)
Gerak
Lokomotor dan Non Lokomotor
A.
Gerak Lokomotor
Gerak
lokomotor adalah gerakan tubuh yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat.
Pada umumnya gerak ini menggunakan kaki sebagai penunjang utama gerakan. Contoh
gerak ini adalah berjalan, berlari, melompat, meloncat, dan meluncur.
B.
Gerak Non Lokomotor
Gerak
non lokomotor adalah gerakan seluruh atau sebagian tubuh tanpa disertai
perpindahan tempat. Contoh gerak ini adalah membungkuk, meregang, memutar
tubuh, dan mengayunkan lengan.
Sumber
materi untuk SBDP http://www.mikirbae.com/2015/05/gerak-dasar-lokomotor-nonlokomotor-dan.html
(diunduh dan diterjemahkan pada tanggal 23 Februari, pukul 11.04 WIB)
A. Gerak
Lokomotor
Gerakan
lokomotor merupakan suatu gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan
tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling. Gerakan ini biasanya
membuat anak merasa senang melakukannya. Gerakan lokomotor ini bisa
dimodifikasi menjadi permainan anak sehingga tanpa disadari siswa sedang
melakukan gerak lokomotor, seperti berjalan, lari, dan melompat. Tujuan dari
dilakukannya gerakan dasar jalan dan berlari adalah meningkatkan kemampuan
gerakan dasar yang banyak dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.
B.
Gerak Lokomotor
Gerakan
dasar ini dilakukan tanpa adanya perpindahan tempat, contohnya meliuk,
menggoyangkan pinggul dan bahu, menarik, menekuk, dan memutar.
- Memuntir
Badan. Gerakan memuntir atau memilin badan dapat dilakukan dengan memutar
setengah badan dimana posisi kedua kaki tetap, tetapi anggota badan mulai
dari pinggang sampai kepala diarahkan ke samping.
- Menekuk
Badan. Gerakan Menekuk badan dapat dilakukan dengan jongkok, menunduk atau
menekuk badan ke samping.
- Memutar
Badan. Gerakan memutar badan dilakukan dengan mengubah posisi kaki untuk
mengubah posisi bandan menghadap kea rah yang berbeda.
- Gerakan
Mengubah Posisi Anggota Tubuh (Tangan, kaki, dan Kepala). Gerakan mengubah
posisi anggota tubuh yang tidak menyebabkan berpindahnya badan secara
keseluruhan ke tempat lain contohnya menggeleng kepala
MATERI PEMBELAJARAN
¡
Mengenal Anggota Tubuh dengan Bernyanyi.
¡
Permainan “Guru Berkata, Pegang ....!”
METODE
PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
Lampiran 2
Penilaian Pembelajaran
1. Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa
selama kegiatan
2. Penilaian pengetahuan:
- Tes tertulis
(Guru meminta siswa
menyebutkan 5 nama panggilan dan lengkap teman baru di kelas. Selain itu bisa
guru mengembangkan jenis pertanyaan yang akan diberikan, misalnya siswa
menyebutkan nama teman sambil menunjuk orang yang dimaksud atau menyebutkan
ciri-ciri teman tersebut)
3. Penilaian keterampilan:
a. Penilaian Unjuk kerja:
Berjalan lurus ke satu arah
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Predikat
|
|||
Berbaris
lurus
memegang
pundak
|
Berjalan
lurus
ke
satu
arah
|
Mulai
dan
berhenti
berjalan
sesuai
aba-aba
|
Rapi
dan
teratur
|
|||
1
|
Dayu
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Sangat Baik
|
2
|
Udin
|
√
|
√
|
√
|
-
|
Baik
|
3
|
……
|
b. Penilaian: Unjuk kerja:
Memperkenalkan teman lewat permainan
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Pendampingan 1
|
1.
Kemampuan
memperkenalkan
teman
di
kelas
|
Siswa mampu
menyebutkan
nama lengkap
dan nama
panggilan
teman di kelas
dengan mandiri
|
Siswa mampu
menyebutkan
nama
lengkap
dan nama
panggilan
teman di
kelas dengan
arahan dari
guru satu kali
|
Siswa mampu
menyebutkan
nama lengkap
dan nama
panggilan
teman di
kelas dengan
arahan dari
guru lebih dari
satu kali
|
Siswa belum
mampu
menyebutkan
nama lengkap
dan nama
panggilan teman
di kelas
|
2.
Kemampuan
menjalankan
peraturan
pada
permainan
|
Siswa mampu
melakukan
permainan
sesuai dengan
instruksi tanpa
pengarahan
ulang
|
Siswa mampu
melakukan
permainan
sesuai aturan
tetapi dengan
1 kali arahan
ulang
|
Siswa mampu
melakukan
permainan
sesuai aturan,
tetapi dengan
lebih dari 1 kali
arahan ulang
|
Siswa belum
mampu
melakukan
permainan
sesuai dengan
aturan
|
(Format
penilaian bisa dilihat di teknik dan instrument penilaian yang terdapat pada
bagian depan buku guru)
PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Ekal
|
||||||||||||
2
|
Aisy
|
||||||||||||
3
|
Zidan
|
||||||||||||
4
|
………
|
Keterangan:
BT : Belum
Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (isian)
3. Penilaian Pengetahuan
a. Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Mengenal Anggota Tubuh dengan Bernyanyi
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1.
|
Penguasaan lagu
|
Siswa hafal seluruh syair lagu, irama tepat
|
Siswa hafal seluruh syair lagu, irama kurang tepat
atau sebaliknya
|
Siswa hafal sebagian kecil syair lagu
|
Siswa belum hafal syair lagu
|
2.
|
Ketepatan mengisi banyak anggota tubuh pada kolom ‘Ayo Berlatih’
|
Semua tepat
|
Tepat 5—6
|
Tepat 3—4
|
Tepat 1—2
|
b. Penilaian : Observasi
(Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Permainan
No.
|
Kriteria
|
Terlihat (v)
|
Belum Terlihat (v)
|
1.
|
Siswa mampu mengikuti instruksi guru
|
||
2.
|
Siswa terlibat aktif dalam permainan
|
||
3.
|
Siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya setelah
melakukan kegiatan permainan
|
Download RPP Abad 21 Kelas 1 SD
Anda tidak usah download RPP tersebut, cukup kapikan pada komputer atau hp anda maka semua beres
nah, sekarang sudah tahu khan RPP Abad 21 Kelas 1 SD Tematik K13 Terbrau seperti apa, sekarang anda sudah bisa mengembangkan RPP jadul anda dijadikn abad 21 , terimakasih