PENDIDIKAN - Halo semuanya, bertemu kembali dengan kita yang selalu aktif membagikan file pendidikan untuk para guru semua, pada kesempatan yang baik ini kita kan membagikan tentang Silabus PAI ( Pendidikan Agama Islam ) Kls 1 SD Tahun Ajaran update 2021 khusus yang ktsp ( kurikulum tingkat satuan pendidikan ) bukan yang kurikulum 2013 atau K13 atau Kurtilas, karena masih ada beberapa sekolah yang masih menggunakan kurikulum 2006 tersebut, dan itu wajar karena kurikulum nasional yang sampai saat ini masih berlaku adalah KTSP dan K13
Silabus PAI BP ( Pendidikan Agama Islam ) Kls 1 SD Terbaru Tahun Ajaran 2021
Silabus dari beberapa kolom ini kita dapatkan dari sumber terpercaya, dan khusus untuk para guru Pendidikan Agama Islama di tingkat Sekolah Dasar ( PAI ) , yang sekarang , pada kurikulum 2013 ini sudah diganti atau ditambah dengan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ( PAI BP ) di kls 1 semester 1, untuk yang semester 2 nanti menyusulDalam Silabus PAI ( Pendidikan Agama Islam ) Kelas 1 SD Semester 1 Tahun Ajaran 2021 ini berisikan beberapa kolom dan tiap kolom merupakan item yang memuat beberapa hal, yaitu sebagai berikut ini
1. KD ( Kompetensi Dasar )
2. Materi Pokok
3. Kegiatan Pembelajaran
4. Indikator
5. Penilaian
6. Alokasi Waktu
7. Alat Sumber
8. Tanggal Pelaksanaan
9. Pendidikan Karakter
LINK1: Silabus PAI ( Pendidikan Agama Islam ) Kls 1 SD Terbaru Tahun Ajaran 2021
Nah, ke 9 item tersebut merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dalam pembuatan Silabus PAI ( Pendidikan Agama Islam ) Kls 1 SD Semester 1 Tahun Ajaran 2021 , dan perlu diingat bahwa silabut untuk KTSP harus disusun dan dibuat sendiri oleh para guru mata pelajaran masing-masing, beerbeda dengan Kurikulum 2013 yang silabusnya memang sudah dibuatkan oleh kemendikbud atau pemerintah
Dan untuk lebih jelasnya anda bisa lihat contoh Silabus PAI ( Pendidikan Agama Islam ) Kls 1 SD Semester 1 Tahun Ajaran 2021 dan anda tidak perlu download , cukup copas ke doc. word dan edit tambah sesuai keperluan
Nah, itulah contoh SILABUS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
LINK2: Silabus PAI ( Pendidikan Agama Islam ) Kls 1 SD Terbaru Tahun Ajaran 2021
Nah, ke 9 item tersebut merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dalam pembuatan Silabus PAI ( Pendidikan Agama Islam ) Kls 1 SD Semester 1 Tahun Ajaran 2021 , dan perlu diingat bahwa silabut untuk KTSP harus disusun dan dibuat sendiri oleh para guru mata pelajaran masing-masing, beerbeda dengan Kurikulum 2013 yang silabusnya memang sudah dibuatkan oleh kemendikbud atau pemerintah
Dan untuk lebih jelasnya anda bisa lihat contoh Silabus PAI ( Pendidikan Agama Islam ) Kls 1 SD Semester 1 Tahun Ajaran 2021 dan anda tidak perlu download , cukup copas ke doc. word dan edit tambah sesuai keperluan
Nah, itulah contoh SILABUS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS 1
SEMESTER I
SK : 1. Menghapal Al Quran surat
pendek pilihan
KD
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
AW
|
Alat Sumber
|
Tanggal
Pelaksanaan
|
PDK
|
1.1.Melafalkan
QS Al Fatihah dengan lancar
|
QS
Al Fatihah
|
Ø
Siswa melafalkan QS Al
Fatihah ayat demi ayat dengan bimbingan guru
Ø
Siswa melafalkan QS Al
Fatihah secara berulang-ulang dengan bimbingan guru
Ø
Siswa mendemontrasikan
pelafalan QS Al Fatihah didepan kelas secara kelompok / individu
|
1. Melafalkan QS Al Fatihah ayat 1 – 7 dengan lancar dan benar
2. Menunjukan hapal lafal QS Al Fatihah secara berurutan
3. Mendemontrasikan pelafalan
QS Al Fatihah ayat 1 – 7 dengan lancar dan benar
|
Lisan
|
6
Jam
|
KTSP
Buku PAI
Al Quran
|
|
Religius
Kerja
keras
|
1.2.Menghapal
QS Al Fatihah dengan lancar
|
|
Ø
Guru membimbing siswa menye
butkan arti, jumlah ayat dan tempat turun QS Al Fatihah
Ø
Siswa berlath melafalkan bacaan
QS Al Fatihah ayat demi ayat berulang-ulang baik secara klasikal, kelompok
atau individu dengan bimbingan guru
|
1. Menyebutkan arti kata Al
Fatihah
2. Menyebutkan jumlah ayat QS Al Fatihah
3. Menyebutkan tempat turun QS Al Fatihah
4. Menunjukan hapal bacaan QS Al Fatihah ayat 1 – 7 dengan lancar dan benar
|
|
3 Jam
|
|
|
Rasa ingin tahu
|
|
|
v
Sisawa melafalkan bacaan QS
Al Fatihah di depan kelas secara individu
v
Siswa mengisi lembaran soal
|
Uji Kompetensi
|
|
3 Jam
|
|
|
|
SK : 2. Mengenal Rukun
Iman
KD
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
AW
|
Alat Sumber
|
Tanggal
Pelaksanaan
|
PDK
|
2.1.Menunju
kan ciptaan
Allah melalui
ciptaannya
|
Ciptaan Allah
|
Ø
Siswa menyebutkan benda
disekitar sekolah yang diciptakan Allah
Ø
Guru bertanya tentang ciptaan
Allah yang ghaib
Ø
Siswa memperhatikan perbedaan
antara ciptaan Allah dan buatan manusia
|
1. Menyebutkan macam-macam ciptaan Allah
2. Menyebutkan ciptaan Allah yang nyata dan yang ghaib
3. Membedakan ciptaan Allah dan buatan manusia
|
Peragaan
PG
Isian
|
3
Jam
|
KTSP
Buku PAI
Alat Peraga
|
|
Religius
Rasa ingin tahu
Peduli lingkungan
|
2.2. Menyebut
kan 6 rukun
iman
|
Rukun iman
|
Ø
Siswa menyimak penjela san
guru tentang rukun iman
Ø
Siswa melafalkan rukun iman 1
– 6 dengan bimbingan guru
Ø
Siswa mngamati gam bar contoh
orang yang
beriman
|
1. Menyebutkan jumlah rukun iman
2. Menyebutkan arti kata rukun iman
3. Menyebutkan rukun iman ke 1 - 6 dengan benar secara berurutan
4. Menyebutkan contoh orang yang beriman
|
|
3 Jam
|
|
|
|
2.3.Menghapal
6 rukun iman
|
|
Ø
Siswa menyebutkan uru tan
rukun iman dari 1 – 6 dengan bibngan guru
Ø
Siswa mendemontrasikan
hapalan rukun iman secara individu
|
1. Menyebutkan urutan rukun iman dengan benar
2. menunjukan hapal rukun iman secara berurutan dengan benar
3. Mendemontrasikan hapalan rukun iman secara berurutan
|
|
2 Jam
|
|
|
|
|
|
v
Siswa mendemontrasikan
hapalan rukun iman secara individu didepan kelas
v
Siswa mengisi lembaran soal
|
Uji Kompetensi
|
|
1 Jam
|
|
|
|
SK : 3.
Membiasakan perilaku terpuji
KD
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
AW
|
Alat Sumber
|
Tanggal
Pelaksanaan
|
PDK
|
3.1. Membiasa
kan perilaku
jujur
|
Jujur
|
Ø
Siswa menyimak cerita tentang
orang yang jujur
Ø
Guru bertanya tentang arti
jujur,lawan jujur dan keuntungan orang
yang jujur
Ø
Siswa menunjukan cirri-ciri
orang yang jujur
|
1. Menyebutkan arti jujur
2. Menyabutkan lawan jujur
3. Menyebutkan keuntungan orang yang jujur
4. Menunjukan contoh orang yang jujur
|
PG
Isian
|
3
Jam
|
KTSP
Buku PAI
|
|
Religius
Disiplin
Tanggung jawab
|
3.2. Membiasa
kan perilaku
tanggung jawab
|
Tanggung jawab
|
Ø
Siswa menyimak cerita tentang
orang yang tangguing jawab
Ø
Guru menjelaskan keuntungan
orang yang bertanggung jawab
Ø
Siswa menyimak penjelasn guru
tentang contoh orang yang bertanggung jawab
|
1. Menyebutkan arti tanggung jawab
2. Menyebutkan keuntungan orang yang bertanggung jawab
3. Menunjukan contoh orang yang bertanggung jawab
|
|
|
|
|
Tanggung jawab
|
3.3. Membiasa
kan hidup
bersih
|
Hidup bersih
|
Ø
Siswa menyimak cerita tentang
cara hidup bersih
Ø
Guru menyebutkan keuntungan
orang yang hidup bersih
Ø
Siswa membedakan yang bersih
dan yang kotor
|
1. Menyebutkan cara hidup bersih
2. Menyebutkan keuntungan orang yang hidup bersih
3. Membedakan yang bersih dan yang kotor
|
|
2 Jam
|
|
|
Peduli
lingkungan
|
3.4. Membiasa
kan perilaku
disiplin
|
Disiplin
|
Ø
Siswa menyimak cerita tentang
cara disiplin
Ø
Guru menyebutkan cootoh orang
yang disiplin dan keuntungannya
Ø
Siswa menyimak tentang sikap
orang yang disiplin dalam belajar, ibadah dan bekerja
|
1. Menyebutkan arti disiplin
2. Menyebutkan contoh orang yang hidup disiplin
3. Menyebutkan keuntungan orang yang disiplin
4. Menunjukan sikap disiplin dalam belajar, ibadah dan bekerja
|
|
|
|
|
Disiplin
Mandiri
|
|
|
v
Siswa mengerjakan soal
ulangan
|
Uji Kompetensi
|
|
1
Jam
|
|
|
|
SK : 4. Mengenal tatacara bersuci ( thaharoh )
KD
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
AW
|
Alat Sumber
|
Tanggal
Pelaksanaan
|
PDK
|
4.1. Menyebut
kan pengertian
bersuci
|
Bersuci
|
Ø
Siswa menyimak penjelasan
guru tentang pengertian bersuci
Ø
Guru bertanya tentang jenis
benda yang bias dipakai bersuci
Ø
Siswa menyebutkan alat alat
yang bisa dipakai bersuci
Ø
Siswa menyimak tentang
cara bersuci yang benar
|
1. Menyebutkan arti bersuci
2. Menyebutkan jenis-jenis benda yang bisa dipakai untuk bersuci
3. Menyebutkan tatacara bersuci yang benar
|
Peragaan
|
3
Jam
|
KTSP
Buku PAI
Alat Peraga
|
|
Religius
Mandiri
Disiplin
|
4.2.Mencontoh
tatacara bersu
ci
|
|
Ø
Siswa menyimak penjelasan
guru tentang cara bersuci dan tempat bersuci
Ø
Siswa berlatih melafalkan
do’a masuk dan keluar WC
Ø
Siswa melakukan bersuci
setelah buang air ( BAB / BAK )
|
1. Menyebutkan cara bersuci
2. Melafalkan do’a masuk dan keluar WC
3. Melakukan bersuci setelah buang air
|
|
3 Jam
|
|
|
|
|
|
v
Siswa mempraktekan cara
bersuci
|
Uji Kompetensi
|
|
3 jam
|
|
|
|
SK : 5. Mengenal Rukun
Islam
KD
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
AW
|
Alat Sumber
|
Tanggal
Pelaksanaan
|
PDK
|
5.1. Menirukan
ucapan rukun
islam
|
Rukun islam
|
Ø
Siswa menyimak penjelasan
guru tentang rukun islam
Ø
Siswa menyebutkan jumlah dan
urutan rukun islam dengan bimbingan guru secara berulang-ulang
|
1. Menyebutkan arti rukun islam
2. Menyebutkan jumlah rukun islam
3. Menyebutkan rukun islam ke 1 – 5 dengan benar
|
Tulis
Lisan
|
3
Jam
|
KTSP
Buku PAI
|
|
Religius
Toleransi
Disiplin
|
5.2.Menghapal
rukun islam
|
|
Ø
Siswa melafalkan rukun islam
berulang-ulang secara klasilal, kelompok / individu
Ø
Siswa mendemontrasikan
hapalan rukun islam secara individu
|
1. Menyebutkan urutan rukun islam dengan benar
2. Mengucapkan rukun islam secara berurutan dengan benar dan lancar
3. Mendemontrasikan hapalan rukun islam secara berurutan dengan benar
|
|
3 Jam
|
|
|
|
|
|
Ø
Siswa mendemontrasikan
hapalan rukun islam secara individu didepan kelas
Ø
Siswa mengerjakan lembaran
soal
|
Uji Kompetensi
|
|
3 Jam
|
|
|
|
|
Cimahi, Juli 20
.
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
............................................
NIP
: .
|
Guru
Pendidikan Agama Islam
...........................................
NIP
: .
|
SILABUS PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM
KELAS 1
SEMESTER II
SK : 6. Menghapal Al Quran surat
pendek pilihan
KD
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
AW
|
Alat Sumber
|
Tanggal
Pelaksanaan
|
PDK
|
6.1.Menghapal
QS Al Kautsar
dengan lancar
|
QS
Al Kautsar
|
Ø
Siswa menyimak penjelasan guru
tentang arti, jumlah ayat dan tempat turun QS Al Kautsar
Ø
Siswa melafalkan QS Al Kausar
ayat demi ayat dengan bimbingan guru
Ø
Siswa mendemontrasikan
pelafalan QS Al Kautsar secara klasikal, kelompok/individu berulang-ulang dengan
bimbingan guru
|
1. Menyebutkan arti kata Al Kautsar
2. Menyebutkan jumlah ayat dan tempat turun QS Al Kautsar
3. Menunjukan hapal QS Al Kautsar dengan benar
|
Peragaan
|
3
Jam
|
KTSP
Buku PAI
Quran
|
|
Kerja
keras
|
6.2.Menghapal
QS An Nashr
dengan lancar
|
QS
An Nashr
|
Ø
Siswa menyimak penjelasan guru
tentang arti, jumlah ayat dan tempat turun QS An Nashr
Ø
Siswa melafalkan QS An Nashr
ayat demi ayat dengan bimbingan guru
Ø
Siswa mendemontrasikan
pelafalan QS An Nashr secara klasikal, kelompok/individu berulang-ulang dengan
bimbingan guru
|
1. Menyebutkan arti kata An Nashr
2. Menyebutkan jumlah ayat dan tempat turun QS An Nashr
3. Menunjukan hapal QS An Nashr dengan benar
|
|
6 Jam
|
|
|
Kerja
keras
|
6.3.Menghapal
QS Al Ashr
dengan lancar
|
QS
Al Ashr
|
Ø
Siswa menyimak penjelasan guru
tentang arti, jumlah ayat dan tempat turun QS Al Ashr
Ø
Siswa melafalkan QS Al Ashr
ayat demi ayat dengan bimbingan guru
Ø
Siswa mendemontrasikan
pelafalan QS Al Ashr secara klasikal, kelompok/individu berulang-ulang dengan
bimbingan guru
|
1. Menyebutkan arti kata Al Ashr
2. Menyebutkan jumlah ayat dan tempat turun QS Al Ashr
3. Menunjukan hapal QS Al Ashr dengan benar
|
|
5 Jam
|
|
|
Kerja
keras
|
|
|
v
Siswa mengisi lembaran soal
|
Uji Kompetensi
|
|
1 jam
|
|
|
|
SK : 7. Mengenal dua kalimat syahadat
KD
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
AW
|
Alat Sumber
|
Tanggal
Pelaksanaan
|
PDK
|
7.1.Melafalkan
syahadat tau
hid dan syaha dat rosul
|
Syahadatain
|
Ø
Siswa melafalkan syahadat
tauhid dan syahadat rosul dengan bimbingan guru ber ulang-ulang
Ø
Siswa melafalkan syahadat tauhid dan syahadat
rusul didepan kelas secar kelompok /
individu
|
1. Melafalkan syahadat tauhid
2. Melafalkan syahadat rosul
3. Menunjukan hapal lafal syahadat tauhid dan syahadat rosul
|
Lisan
Tulis
|
3
Jam
|
KTSP
Buku PAI
|
|
Rasa ingin tahu
dan
Disiplin
|
7.2. Mengha
pal dua kali
mah syahadat
|
|
Ø
Siswa mengucapkan bunyi
syahadat tauhid dan syahadat rosul secra klasikal / kelom pok dengan
bimbingan guru
Ø
Siswa mendemontra sikan hapalan syahadat tauhid
dan syahadat rusul secara individu
|
1. Menyebutkan bunyi lafal syahadat tauhid
2. Menyebutkan bunyi lafal syahadat rosul
3. Mendemontrasikan hapalan syahadat tauhid dan syahadat rosul
|
|
3
Jam
|
|
|
Rasa ingin tahu dan Disiplin
|
7.3. Mengarti
kan dua kali mah syahadat
|
|
Ø
Siswa menyimak penjelasan
guru ten tang arti syahadat tauhid dan syahadat rosul
Ø
Guru bertanya arti dari
kalimat syahadat tauhid dan syahadat rosul
|
1. Menyebutkan arti sayahadat
2. Menyebutkan arti syahadat tauhid
3. Menyebutkan arti syahadat rosul
4. Menunjukan hapal arti dua kalimah syahadat
|
|
2 Jam
|
|
|
Rasa ingin tahu dan Disiplin
|
|
|
v
Siswa mendemontrasi kan
hapalan syahadat tauhid dan syahadat rosul dengan artinya
v
Siswa mengisi lembaran soal
|
Uji Kompetnsi
|
|
1 Jam
|
|
|
|
SK : 8. Membiasakan
perilaku terpuji
KD
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
AW
|
Alat Sumber
|
Tanggal
Pelaksanaan
|
PDK
|
8.1. Menampil
kan perilaku
rajin
|
Rajin
|
Ø
Siswa menyimak cerita tentang orang yang rajin
Ø
Guru bertanya tentang arti
rajin, lawan rajin, keuntungan orang yang rajin, serta contoh perilaku rajin
|
1. Menyebutkan arti rajin
2. Menyebutkan lawan rajin
3. Menyebutkan keuntungan orang yang rajin
4. Menunjukan contoh perilaku rajin
|
Tulis
|
3
Jam
|
KTSP
Buku PAI
|
|
Kerja keras
|
8.2. Menampil
kan perilaku
tolong meno
long
|
Tolong
menolong
|
Ø
Siswa menyimak cerita tentang tolong meno long
Ø
Guru bertanya tentang: arti
tolong-menolong, keuntungan orang yang suka toong-menolong, serta contoh
perilaku tolong menolong
|
1. Menyebutkan arti tolong menolong
2. Menyebutkan keuntungan orang yang suka tolong menolong
3. Menunjukan contoh perilaku tolong menolong
|
|
|
|
|
Peduli sosial
|
8.3. Menampil
kan perilaku
hormat kepada
orang tua
|
Hormat kepada
orang tua
|
Ø
Siswa menyimak cerita anak
yang berbakti pada orang tua
Ø Guru bertanya tentang cara hormat pada orang tua
Ø Guru bertanya tentang keuntungan anak yang hormat pada orang tua
Ø
Siswa menyebutkan keuntungan
hormat kepada orang tua
|
1. Menyebutkan pengertian orang tua
2. Menyebutkan cara hormat kepada orang tua
3. Menyebutkan keuntungan anak yang hormat kepada orang tua
|
|
3 Jam
|
|
|
Disiplin
|
8.4. Menampil
kan adab
makan dan
minum
|
Adab makan dan
minum
|
Ø
Siswa menyimak adab makan dan
minum melalui cerita
Ø
Siswa melafalkan do’a mau
makan dan setelah makan berulang-ulang
Ø
Siswa mencontohkan cara makan
yang islami
|
1. Menyebutkan adab makan dan minum
2. Menunjukan hapal do’a mau makan dan minum
3. Menunjukan cara makan dan minum yang islami
|
|
|
|
|
Disiplin
|
8.5. Menampil
kan adab
belajar
|
Adab belajar
|
Ø
Siswa menyimak kisah anak
yang rajin belajar
Ø
Siswa berlatih melafalkan
do’a mau dan sesudah belajar
Ø
Guru menjelaskan perbedaan
anak yang rajin dan yang malas belajar
Ø
Siswa menyebutkan keuntungan
anak rang rajin belajar
|
1. Menyebutkan adab belajar
2. Menunjukan hapal do’a mau belajar dan sesudah belajar
3. Membedakan orang yang rajin dan orang yang malas dalam belajar
4. Menjelaskan keuntungan orang yang rajin belajar
|
|
2 Jam
|
|
|
|
|
|
v
Siswa mengerjakan lembaran
soal
|
Uji Kompetensi
|
|
1 Jam
|
|
|
|
SK : 9. Membiasakan
bersuci ( thoharoh )
KD
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
AW
|
Alat Sumber
|
Tanggal
Pelaksanaan
|
PDK
|
9.1. Menyebut
kan tatacara
berwudhu
|
Wudhu
|
Ø
Siswa menyimak cara berwudhu
melalui cerita dan peragaan
Ø
Guru bertanya tentang rukun
wudhu
Ø
Siswa menyebutkan urutan cara
berwudhu
|
1. Menyebutkan arti wudhu
2. Menyebutkan jumlah rukun wudhu
3. Menyebutkan urutan cara ber wudhu yang
tertib
|
Tulis
Peragaan
|
3
Jam
|
KTSP
Buku PAI
Alat peraga
|
|
Disiplin dan Mandiri
|
9.2.Memprakte
kan cara
berwudhu
|
|
Ø
Siswa menyebutkan urutan cara
berwudhu
Ø
Siswa berlatih melafalkan
bacaan do’a setelah berwudhu berulang-ulang
Ø
Siswa mendemontrasikan cara
berwudhu yang tertib
|
1. Menyebutkan cara-cara ber wudhu
2. Menunjukan hapal bacaan do’a setelah berwudhu
3. Mendemontrasikan cara bewudhu yang benar
|
|
6 Jam
|
|
|
Disiplin dan Mandiri
|
|
|
v
Siswa mendemontrasikan cara
berwudhu didepan kelas secara individu
v
Siswa mengisi lembaran soal
|
Uji Kompetensi
|
|
3 Jam
|
|
|
|
|
Cimahi, Juli
20 .
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
............................................
NIP
: .
|
Guru
Pendidikan Agama Islam
...........................................
NIP
: .
|
LINK2: Silabus PAI ( Pendidikan Agama Islam ) Kls 1 SD Terbaru Tahun Ajaran 2021
Nah, itulah contoh Silabus PAI ( Pendidikan Agama Islam ) Kls 1 SD Tahun Ajaran 2021 yang bisa kita berikan sementara wantu untuk anda semuanya, terimakasih atas kunjungan anda semua