Silabus PAI ( Pendidikan Agama Islam ) Kls 1 SD Terbaru Tahun Ajaran 2021

PENDIDIKAN - Halo semuanya, bertemu kembali dengan kita yang selalu aktif membagikan file pendidikan untuk para guru semua, pada kesempatan yang baik ini kita kan membagikan tentang Silabus PAI ( Pendidikan Agama Islam ) Kls 1 SD  Tahun Ajaran update 2021 khusus yang ktsp ( kurikulum tingkat satuan pendidikan ) bukan yang kurikulum 2013 atau K13 atau Kurtilas, karena masih ada beberapa sekolah yang masih menggunakan kurikulum 2006 tersebut, dan itu wajar karena kurikulum nasional yang sampai saat ini masih berlaku adalah KTSP dan K13

Silabus PAI BP ( Pendidikan Agama Islam ) Kls 1 SD Terbaru Tahun Ajaran 2021

Silabus dari beberapa kolom ini kita dapatkan dari sumber terpercaya, dan khusus untuk para guru Pendidikan Agama Islama di tingkat Sekolah Dasar ( PAI ) , yang sekarang , pada kurikulum 2013 ini sudah diganti atau ditambah dengan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ( PAI BP ) di kls 1 semester 1, untuk yang semester 2 nanti menyusul

Dalam Silabus PAI ( Pendidikan Agama Islam ) Kelas 1 SD Semester 1 Tahun Ajaran 2021 ini berisikan beberapa kolom dan tiap kolom merupakan item yang memuat beberapa hal, yaitu sebagai berikut ini

1. KD ( Kompetensi Dasar )
2. Materi Pokok
3. Kegiatan Pembelajaran
4. Indikator
5. Penilaian
6. Alokasi Waktu
7. Alat Sumber
8. Tanggal Pelaksanaan
9. Pendidikan Karakter

LINK1: Silabus PAI ( Pendidikan Agama Islam ) Kls 1 SD Terbaru Tahun Ajaran 2021

Nah, ke 9 item tersebut merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dalam pembuatan Silabus PAI ( Pendidikan Agama Islam ) Kls 1 SD Semester 1 Tahun Ajaran 2021 , dan perlu diingat bahwa silabut untuk KTSP harus disusun dan dibuat sendiri oleh para guru mata pelajaran masing-masing, beerbeda dengan Kurikulum 2013 yang silabusnya memang sudah dibuatkan oleh kemendikbud atau pemerintah

Dan untuk lebih jelasnya anda bisa lihat contoh Silabus PAI ( Pendidikan Agama Islam ) Kls 1 SD Semester 1 Tahun Ajaran 2021 dan anda tidak perlu download , cukup copas ke doc. word dan edit tambah sesuai keperluan


Nah, itulah contoh SILABUS  PENDIDIKAN  AGAMA  ISLAM
KELAS  1  SEMESTER I 
SK  : 1. Menghapal Al Quran surat pendek pilihan
KD
Materi
Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
AW
Alat Sumber
Tanggal
Pelaksanaan
PDK

1.1.Melafalkan QS Al Fatihah dengan lancar




QS
Al Fatihah

Ø Siswa melafalkan QS Al Fatihah ayat demi ayat dengan bimbingan guru

Ø Siswa melafalkan QS Al Fatihah secara berulang-ulang dengan bimbingan guru
Ø Siswa mendemontrasikan pelafalan QS Al Fatihah didepan kelas secara kelompok / individu


1.    Melafalkan QS Al Fatihah ayat 1 – 7 dengan lancar dan benar

2.    Menunjukan hapal lafal QS Al Fatihah secara berurutan

3.    Mendemontrasikan  pelafalan QS Al Fatihah ayat 1 – 7 dengan lancar dan benar


Lisan

6 Jam

KTSP
Buku PAI
Al Quran



Religius

Kerja
keras
1.2.Menghapal QS Al Fatihah dengan lancar

Ø Guru membimbing siswa menye butkan arti, jumlah ayat dan tempat turun QS Al Fatihah


Ø Siswa berlath melafalkan bacaan QS Al Fatihah ayat demi ayat berulang-ulang baik secara klasikal, kelompok atau individu dengan bimbingan guru
1.    Menyebutkan arti  kata Al Fatihah
2.    Menyebutkan jumlah ayat QS Al Fatihah
3.    Menyebutkan tempat turun QS Al Fatihah

4.    Menunjukan hapal bacaan QS Al Fatihah  ayat 1 – 7 dengan lancar dan benar


3 Jam












Rasa ingin tahu


v Sisawa melafalkan bacaan QS Al Fatihah di depan kelas secara individu
v Siswa mengisi lembaran soal
Uji Kompetensi

3 Jam





SK  : 2. Mengenal  Rukun  Iman
KD
Materi
Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
AW
Alat Sumber
Tanggal
Pelaksanaan
PDK

2.1.Menunju
kan ciptaan
Allah  melalui
ciptaannya

Ciptaan Allah

Ø  Siswa menyebutkan benda disekitar sekolah yang diciptakan Allah
Ø  Guru bertanya tentang ciptaan Allah yang ghaib
Ø  Siswa memperhatikan perbedaan antara ciptaan Allah dan buatan manusia


1.    Menyebutkan macam-macam ciptaan Allah
2.    Menyebutkan ciptaan Allah yang nyata dan yang ghaib
3.    Membedakan ciptaan Allah dan buatan manusia

Peragaan
PG
Isian

3 Jam

KTSP
Buku PAI
Alat Peraga



Religius

Rasa ingin tahu

Peduli lingkungan
2.2. Menyebut
kan 6 rukun
iman
Rukun iman
Ø Siswa menyimak penjela san guru tentang rukun iman

Ø Siswa melafalkan rukun iman 1 – 6 dengan bimbingan guru
Ø Siswa mngamati gam bar contoh orang yang
beriman

1.     Menyebutkan jumlah rukun iman
2.     Menyebutkan arti  kata  rukun iman
3.     Menyebutkan rukun iman ke 1 - 6 dengan benar secara berurutan
4.     Menyebutkan contoh orang yang beriman

3 Jam









2.3.Menghapal 6 rukun iman

Ø Siswa menyebutkan uru tan rukun iman dari 1 – 6 dengan bibngan guru


Ø Siswa mendemontrasikan hapalan rukun iman secara individu
1.    Menyebutkan urutan rukun iman dengan benar
2.    menunjukan hapal rukun iman secara berurutan dengan benar
3.    Mendemontrasikan hapalan rukun iman secara berurutan


2 Jam





v Siswa mendemontrasikan hapalan rukun iman secara individu didepan kelas
v Siswa mengisi lembaran soal
Uji Kompetensi

1 Jam





SK  : 3. Membiasakan  perilaku  terpuji
KD
Materi
Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
AW
Alat Sumber
Tanggal
Pelaksanaan
PDK

3.1. Membiasa
kan perilaku
jujur

Jujur

Ø  Siswa menyimak cerita tentang orang yang jujur
Ø  Guru bertanya tentang arti jujur,lawan jujur dan  keuntungan orang yang jujur
Ø  Siswa menunjukan cirri-ciri orang yang jujur




1.    Menyebutkan arti jujur
2.    Menyabutkan lawan jujur
3.    Menyebutkan keuntungan orang yang jujur
4.    Menunjukan contoh orang yang jujur


PG
Isian

3 Jam

KTSP
Buku PAI




Religius

Disiplin

Tanggung jawab
3.2. Membiasa
kan perilaku
tanggung jawab
Tanggung jawab
Ø  Siswa menyimak cerita tentang orang yang tangguing jawab
Ø  Guru menjelaskan keuntungan orang yang bertanggung jawab
Ø  Siswa menyimak penjelasn guru tentang contoh orang yang bertanggung jawab



1.    Menyebutkan arti tanggung jawab
2.    Menyebutkan keuntungan orang yang bertanggung jawab
3.    Menunjukan contoh orang yang bertanggung jawab






Tanggung jawab
3.3. Membiasa
kan hidup bersih
Hidup bersih
Ø  Siswa menyimak cerita tentang cara hidup bersih
Ø  Guru menyebutkan keuntungan orang yang hidup bersih
Ø  Siswa membedakan yang bersih dan yang kotor

1.    Menyebutkan cara hidup bersih
2.    Menyebutkan keuntungan orang yang hidup bersih
3.    Membedakan yang bersih dan yang kotor


2 Jam


Peduli lingkungan
                                                                                                                   




3.4. Membiasa
kan perilaku
disiplin

Disiplin

Ø  Siswa menyimak cerita tentang cara disiplin
Ø  Guru menyebutkan cootoh orang yang disiplin dan keuntungannya
Ø  Siswa menyimak tentang sikap orang yang disiplin dalam belajar, ibadah dan bekerja

1.    Menyebutkan arti disiplin
2.    Menyebutkan contoh orang yang hidup disiplin
3.    Menyebutkan keuntungan orang yang disiplin
4.    Menunjukan sikap disiplin dalam belajar, ibadah dan bekerja






Disiplin
Mandiri



v Siswa mengerjakan soal ulangan
Uji Kompetensi


1 Jam




SK  : 4. Mengenal  tatacara bersuci ( thaharoh )
KD
Materi
Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
AW
Alat Sumber
Tanggal
Pelaksanaan
PDK

4.1.  Menyebut
kan pengertian bersuci

Bersuci

Ø  Siswa menyimak penjelasan guru tentang pengertian bersuci
Ø  Guru bertanya tentang jenis benda yang bias dipakai bersuci
Ø  Siswa menyebutkan alat alat yang bisa dipakai bersuci
Ø  Siswa menyimak tentang cara   bersuci yang benar


1.    Menyebutkan arti bersuci
2.    Menyebutkan jenis-jenis benda yang bisa dipakai untuk bersuci
3.    Menyebutkan tatacara bersuci yang benar


Peragaan

3 Jam

KTSP
Buku PAI
Alat Peraga


Religius

Mandiri

Disiplin
4.2.Mencontoh
tatacara bersu ci

Ø  Siswa menyimak penjelasan guru tentang cara bersuci dan tempat bersuci
Ø  Siswa berlatih melafalkan do’a masuk dan keluar WC
Ø  Siswa melakukan bersuci setelah buang air ( BAB / BAK )

1.     Menyebutkan cara bersuci
2.     Melafalkan do’a masuk dan keluar WC
3.     Melakukan bersuci setelah buang air


3 Jam





v Siswa mempraktekan cara bersuci
Uji Kompetensi

3 jam




SK  : 5. Mengenal Rukun Islam
KD
Materi
Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
AW
Alat Sumber
Tanggal
Pelaksanaan
PDK

5.1. Menirukan
ucapan rukun islam

Rukun islam

Ø  Siswa menyimak penjelasan guru tentang rukun islam
Ø  Siswa menyebutkan jumlah dan urutan rukun islam dengan bimbingan guru secara berulang-ulang


1.     Menyebutkan arti rukun islam
2.     Menyebutkan jumlah rukun islam
3.     Menyebutkan rukun islam ke 1 – 5 dengan benar


Tulis
Lisan

3 Jam

KTSP
Buku PAI




Religius

Toleransi

Disiplin
5.2.Menghapal
 rukun islam

Ø  Siswa melafalkan rukun islam berulang-ulang secara klasilal, kelompok / individu
Ø  Siswa mendemontrasikan hapalan rukun islam secara individu

1.    Menyebutkan urutan rukun islam dengan benar
2.    Mengucapkan rukun islam secara berurutan dengan benar dan lancar
3.    Mendemontrasikan hapalan rukun islam secara berurutan dengan benar


3 Jam





Ø  Siswa mendemontrasikan hapalan rukun islam secara individu didepan kelas
Ø  Siswa mengerjakan lembaran soal
Uji Kompetensi


3 Jam





Cimahi,       Juli   20    .
Mengetahui,
Kepala  Sekolah


............................................
NIP :                                    .
Guru Pendidikan Agama Islam



...........................................
NIP :                                    .



SILABUS  PENDIDIKAN  AGAMA  ISLAM
KELAS  1  SEMESTER II 

SK  : 6. Menghapal Al Quran surat pendek pilihan
KD
Materi
Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
AW
Alat Sumber
Tanggal
Pelaksanaan
PDK

6.1.Menghapal
QS Al Kautsar dengan lancar




QS
Al Kautsar

Ø Siswa menyimak penjelasan guru tentang arti, jumlah ayat dan tempat turun QS Al Kautsar
Ø Siswa melafalkan QS Al Kausar ayat demi ayat dengan bimbingan guru
Ø Siswa mendemontrasikan pelafalan QS Al Kautsar secara klasikal, kelompok/individu berulang-ulang dengan bimbingan guru


1.     Menyebutkan arti kata Al Kautsar
2.     Menyebutkan jumlah ayat dan tempat turun QS Al Kautsar
3.     Menunjukan hapal QS Al Kautsar dengan benar



Peragaan

3 Jam

KTSP
Buku PAI
Quran



Kerja
keras
6.2.Menghapal
QS An Nashr dengan lancar
QS
An Nashr
Ø Siswa menyimak penjelasan guru tentang arti, jumlah ayat dan tempat turun QS An Nashr
Ø Siswa melafalkan QS An Nashr ayat demi ayat dengan bimbingan guru
Ø Siswa mendemontrasikan pelafalan QS An Nashr secara klasikal, kelompok/individu berulang-ulang dengan bimbingan guru

1.    Menyebutkan arti kata An Nashr
2.    Menyebutkan jumlah ayat dan tempat turun QS An Nashr

3.    Menunjukan hapal QS An Nashr dengan benar



6 Jam











Kerja
keras







6.3.Menghapal
QS Al Ashr dengan lancar

QS
Al Ashr

Ø Siswa menyimak penjelasan guru tentang arti, jumlah ayat dan tempat turun QS Al Ashr
Ø Siswa melafalkan QS Al Ashr ayat demi ayat dengan bimbingan guru
Ø Siswa mendemontrasikan pelafalan QS Al Ashr secara klasikal, kelompok/individu berulang-ulang dengan bimbingan guru


1.    Menyebutkan arti kata Al Ashr
2.    Menyebutkan jumlah ayat dan tempat turun QS Al Ashr


3.    Menunjukan hapal QS Al Ashr dengan benar




5 Jam











Kerja
keras


v Siswa mengisi lembaran soal

Uji Kompetensi

1 jam






SK  : 7. Mengenal dua kalimat syahadat
KD
Materi
Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
AW
Alat Sumber
Tanggal
Pelaksanaan
PDK

7.1.Melafalkan
syahadat tau hid dan syaha dat rosul

Syahadatain

Ø  Siswa melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rosul dengan bimbingan guru ber ulang-ulang

Ø  Siswa  melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rusul didepan kelas secar kelompok /  individu



1.     Melafalkan  syahadat tauhid
2.     Melafalkan  syahadat rosul


3.     Menunjukan hapal lafal syahadat tauhid dan syahadat rosul

Lisan
Tulis

3 Jam

KTSP
Buku PAI




Rasa ingin tahu
dan
Disiplin





7.2. Mengha
pal dua kali
mah syahadat


Ø  Siswa mengucapkan bunyi syahadat tauhid dan syahadat rosul secra klasikal / kelom pok dengan bimbingan guru
Ø  Siswa  mendemontra sikan hapalan syahadat tauhid dan syahadat rusul secara individu


1.    Menyebutkan bunyi lafal syahadat tauhid
2.    Menyebutkan bunyi lafal syahadat rosul
3.    Mendemontrasikan hapalan syahadat tauhid dan syahadat rosul


3 Jam



Rasa ingin tahu dan Disiplin
7.3. Mengarti kan dua kali mah syahadat

Ø  Siswa menyimak penjelasan guru ten tang arti syahadat tauhid dan syahadat rosul

Ø  Guru bertanya arti dari kalimat syahadat tauhid dan syahadat rosul

1.    Menyebutkan arti sayahadat
2.    Menyebutkan arti syahadat tauhid
3.    Menyebutkan arti syahadat rosul
4.    Menunjukan hapal arti dua kalimah syahadat

2 Jam


Rasa ingin tahu dan Disiplin


v Siswa mendemontrasi kan hapalan syahadat tauhid dan syahadat rosul dengan artinya
v Siswa mengisi lembaran soal

Uji Kompetnsi

1 Jam





SK  : 8. Membiasakan perilaku terpuji
KD
Materi
Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
AW
Alat Sumber
Tanggal
Pelaksanaan
PDK

8.1. Menampil
kan perilaku
rajin

Rajin

Ø  Siswa menyimak cerita  tentang orang yang rajin
Ø  Guru bertanya tentang arti rajin, lawan rajin, keuntungan orang yang rajin, serta contoh perilaku rajin

1.    Menyebutkan arti rajin
2.    Menyebutkan lawan rajin
3.    Menyebutkan keuntungan orang yang rajin
4.    Menunjukan contoh perilaku rajin

Tulis

3 Jam

KTSP
Buku PAI




Kerja keras





8.2. Menampil
kan perilaku
tolong meno
long

Tolong menolong

Ø  Siswa menyimak cerita  tentang tolong meno long
Ø  Guru bertanya tentang: arti tolong-menolong, keuntungan orang yang suka toong-menolong, serta contoh perilaku tolong menolong


1.     Menyebutkan arti tolong menolong
2.     Menyebutkan keuntungan orang yang suka tolong menolong
3.     Menunjukan contoh perilaku tolong menolong





Peduli sosial

8.3. Menampil
kan perilaku
hormat kepada orang tua

Hormat kepada orang tua

Ø  Siswa menyimak cerita anak yang berbakti pada orang tua
Ø  Guru bertanya tentang cara hormat pada orang tua
Ø  Guru bertanya tentang keuntungan anak yang hormat pada orang tua
Ø  Siswa menyebutkan keuntungan hormat kepada orang tua


1.    Menyebutkan pengertian orang tua
2.    Menyebutkan cara hormat kepada orang tua
3.    Menyebutkan keuntungan anak yang hormat kepada orang tua


3 Jam



Disiplin
8.4. Menampil
kan adab
makan dan
minum
Adab makan dan minum
Ø  Siswa menyimak adab makan dan minum melalui cerita
Ø  Siswa melafalkan do’a mau makan dan setelah makan berulang-ulang
Ø  Siswa mencontohkan cara makan yang islami

1.    Menyebutkan adab makan dan minum
2.    Menunjukan hapal do’a mau makan dan minum
3.    Menunjukan cara makan dan minum yang islami




Disiplin
8.5. Menampil
kan adab
belajar
Adab belajar
Ø Siswa menyimak kisah anak yang rajin belajar
Ø Siswa berlatih melafalkan do’a mau dan sesudah belajar
Ø Guru menjelaskan perbedaan anak yang rajin dan yang malas belajar
Ø Siswa menyebutkan keuntungan anak rang rajin belajar
1.    Menyebutkan adab belajar
2.    Menunjukan hapal do’a mau belajar dan sesudah belajar
3.    Membedakan orang yang rajin dan orang yang malas dalam belajar
4.    Menjelaskan keuntungan orang yang rajin belajar


2 Jam





v Siswa mengerjakan lembaran soal
Uji Kompetensi

1 Jam






SK  : 9. Membiasakan bersuci ( thoharoh )
KD
Materi
Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
AW
Alat Sumber
Tanggal
Pelaksanaan
PDK

9.1. Menyebut
kan tatacara berwudhu

Wudhu

Ø  Siswa menyimak cara berwudhu melalui cerita dan peragaan
Ø  Guru bertanya tentang rukun wudhu
Ø  Siswa menyebutkan urutan cara berwudhu


1.    Menyebutkan arti wudhu
2.    Menyebutkan jumlah rukun wudhu
3.    Menyebutkan urutan cara ber wudhu yang tertib

Tulis
Peragaan

3 Jam

KTSP
Buku PAI
Alat peraga



Disiplin dan Mandiri
9.2.Memprakte kan cara
berwudhu

Ø  Siswa menyebutkan urutan cara berwudhu
Ø  Siswa berlatih melafalkan bacaan do’a setelah berwudhu berulang-ulang
Ø  Siswa mendemontrasikan cara berwudhu yang tertib

1.    Menyebutkan cara-cara ber wudhu
2.    Menunjukan hapal bacaan do’a setelah berwudhu

3.    Mendemontrasikan cara bewudhu yang benar

6 Jam


Disiplin dan Mandiri


v Siswa mendemontrasikan cara berwudhu didepan kelas secara individu
v Siswa  mengisi lembaran soal

Uji Kompetensi

3 Jam





Cimahi,       Juli   20    .
Mengetahui,
Kepala  Sekolah


............................................
NIP :                                    .
Guru Pendidikan Agama Islam



...........................................
NIP :                                    .

LINK2: Silabus PAI ( Pendidikan Agama Islam ) Kls 1 SD Terbaru Tahun Ajaran 2021

Nah, itulah contoh Silabus PAI ( Pendidikan Agama Islam ) Kls 1 SD Tahun Ajaran 2021 yang bisa kita berikan sementara wantu untuk anda semuanya, terimakasih atas kunjungan anda semua

Postingan terkait: