PENDIDIKAN - Asslam Kpeda semua bapak Ibu Guru Mapel PAIBPyang sampai saat ini masih semangat untuk mendidik generasi bangsa agar menjadi anak yang soleh solekhah, pada kesempata kali ini saya akan berbagi tentang Contoh RPP PAI BP Kelas 4 SD Semester 2 Pelajaran 6 ( Mari Belajar Q.S al-Fil ) Kurikulum 2013 Revisi 2021 Tahun Pelajaran 2021 yang semoga dapat membantu pekerjaan bapak/ibu guru sekalian
Contoh RPP 1 Lembar PAI BP Kelas 4 SD Semester 2 ( Mari Belajar Q.S al-Fil ) Kurikulum 2013 Revisi 2021
Contoh RPP PAI BP Kelas 4 Semester 2 ( Mari Belajar Q.S al-Fil ) K13 Revisi 2021 ini untuk Sekolah Dasar yang menerapkan kurikulum 2013, dan untuk yang KTSP mungkin tidak berlaku, dan seperti yang kita ketahui bahwa di kurikulum nasional ini kita ada 2 kurikulum yaitu kurikulum 2013 ( Kurtilas ) dan Kurikulum 2006 ( KTSP )
LINK1: Contoh RPP PAI BP Kelas 4 SD Semester 2 ( Mari Belajar Q.S al-Fil ) Kurikulum 2013 Revisi 2021
Dalam Contoh RPP PAI BP Kls 4 Semester 2 ( Mari Belajar Q.S al-Fil ) Kurtilas Revisi 2021 anda tidak perlu download, karena sudah kita sediakan bentuk riilnya di bawah ini, jadi tidak perlu muter kesana sini untuk mengunduhnya, tinggal salin dan kopikan ke Doc. Word dan anda edit sedikit langsung bisa digunakan untuk berbagai keperluan
Dalam Contoh RPP PAI BP Kls 4 Semester 2 ( Mari Belajar Q.S al-Fil ) Kurtilas Revisi 2021 anda tidak perlu download, karena sudah kita sediakan bentuk riilnya di bawah ini, jadi tidak perlu muter kesana sini untuk mengunduhnya, tinggal salin dan kopikan ke Doc. Word dan anda edit sedikit langsung bisa digunakan untuk berbagai keperluan
Contoh RPP 1 Halaman PAI BP Kelas 4 SD Semester 2 K 2013 Revisi 2021
Mungkin yang belum tahu bahwa RPP singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran , jadi sebenarnya harus dibuat sebelum tenaga pengajar masuk kelas, sebagai bahan acuan dalam menjalankan proses pengajaran pada suatu kelas, dan singkatan dari Guru PAI dan BP adalah Guru Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang dulu namanya guru PAI saja
LINK2: Contoh RPP PAI BP Kelas 4 SD Semester 2 ( Mari Belajar Q.S al-Fil ) Kurikulum 2013 Revisi 2021
Dan berikut ini Contoh RPP PAI BP Kelas 4 Semester 2 ( Mari Belajar Q.S al-Fil ) Kurikulum 2013 Revisi 2021
Sekalai lagi anda tidak perlu download link , cukup salin dan taruh pada doc word lalu edit sesuai kebutuhan langsung siap
LINK3: RPP PAI BP Kelas 4 SD Semester 2 ( Mari Belajar Q.S al-Fil ) Kurikulum 2013 Revisi 2021
Dan berikut ini Contoh RPP PAI BP Kelas 4 Semester 2 ( Mari Belajar Q.S al-Fil ) Kurikulum 2013 Revisi 2021
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ......................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Pelajaran : 6
Tema : Mari Belajar Q.S. al-Fil
Subtema : Membaca Q.S.al-Fil
Kelas/Semester : IV/2
AlokasiWaktu : 4 x
35 Menit
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI-1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat
bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis dan logis, dalam karya estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B.
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Terbiasa
membaca al-Qur’an dengan tartil.
2.1 Menunjukkan sikap kerjasama dan
peduli sebagai implementasi dari pemahaman makna Q.S. al-Falaq, dan al-Fil.
3.1 Memahami Q.S. al-Falaq, dan al-Fil
dengan baik dan benar.
4.1.1 Membaca Q.S. al-Falaq, dan al-Fil dengan
tartil.
4.1.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S.
al-Falaq, dan al-Fil dengan benar.
4.1.3 Menunjukkan hafalan Q.S. al-Falaq, dan
al-Fil dengan lancar.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1
Siswa mampu menyebutkan jumlah ayat
dalam Q.S. al-Fiil dengan baik
dan benar. ( IPK pendukung )
3.1.2 Siswa
mampu menyimpulkan kandungan Q.S. al-Fiil dengan baik dan benar ( IPK pengayaan
)
3.1.3 Siswa
mampu menjelaskan arti kandungan Q.S. al-Fiil dengan baik dan benar ( IPK kunci
)
4.1.1.1 Siswa
melafalakan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar
4.1.2.1 Siswa menuliskan Q.s. al-Fil dengan baik dan benar secara
individu
4.1.3.1 Siswa
mampu mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Falaq dengan baik dan benar klasikal, kelompok atau individual
D.
Tujuan Pembelajaran
Memalui kegiatan pembelajaran peserta didik
mampu:
·
menyebutkan jumlah ayat dalam Q.S. al-Fiil dengan baik dan benar.
·
menyimpulkan kandungan Q.S. al-Fiil dengan
baik dan benar
·
menjelaskan arti kandungan Q.S. al-Fiil
dengan baik dan benar ( IPK kunci )
·
melafalakan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar
·
menuliskan Q.s. al-Fil
dengan baik dan benar secara individu
·
mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Falaq dengan baik dan
benar klasikal, kelompok atau individual
E.
Materi Pembelajaran
Q.S. al-Fiil
F.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Sientifik
2. Metode :
a)
Observasi
b)
Diskusi
c)
Presentasi
d)
Demontrasi
- Buku Pedoman Guru PAdBP Kelas 4 dan Buku Siswa PAdBP Kelas 4 (Buku PAdBP Terpadu Kurikulum 2018, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2018).
- Buku
Sekolahnya Manusia, Munif Chatib.
- Media
pembelajaran SD/MI untuk kelas 4 dari SCI Media.
- Video/slide
dari media ajar guru Indonesia SCI Media.
5.
Al-Quran
dan terjemahannya.
6.
Lingkungan
sekitar.
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1.
Guru Membuka pembelajaran dengan membaca Basmallah dilanjutkan
salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan
penuh khidmat do’a mecari ilmu:
“Robbizidnii ‘ilman Warzuqnii Fahmaa”.
“Ya Allah,
tambahkanlah kepadaku ilmu dan berilah aku pengertian yang baik. (Religius, Integritas)
2. Guru Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan
surah Al Fatihah. (Religius)
3. Memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
4. Menyapa dengan menanyakan apa kabar dan perasaan peserta didik.
5.
Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan
sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya cita-cita. (Integritas)
6. Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit
materi non pelajaran seperti satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan,
makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Setelah membaca guru
menjelaskan tujuan kegiatan literasi
dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
(Critical
Thinking and Problem Solving)
7.
Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan hari sebelumnya
8. Guru mengulas
tugas belajar dirumah bersama orangtua yang telah dilakukan. (Mandiri)
9. Meminta peserta didik untuk mengamati gambar.
10. Menunjuk salah seorang peserta didik untuk menceritakan isi gambar
tersebut.
11. Menyampaikan tujuan pembelajaran.
12. Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati,
menyimak,menanya, berdialog, mengkomunikasikan dengan menyampaian, menanggapi
dan membuat kesimpulan hasil pembelajaran
|
10
menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Pelaksanaan proses pembelajaran pada Sub pelajaran ini
sama dengan proses pembelajaran pada Sub pelajaran A “Belajar Q.S.al-Fil.”
•
Mengamati
1.
Sebelum masuk pada inti pembelajaran, guru
terlebih dahulu menyampaikan secara singkat arti Q.S. al-Fiil, alasan
diturunkan dan isi kandungannya.
2.
Sebelum masuk pada inti
pembelajaran membaca, guru terlebih dahulu meminta peserta didik untuk
mengamati gambar yang tertera pada permulaan Sub-sub Pelajaran 1.
(Creativity and
Innovation)
·
Menanya
1.
Peserta
didik menanyakan arti/makna Q.S.al-Fiil.
2.
Peserta didik menanyakan bagaimanamembaca Q.S. al-Fiil dengan benar.
(Critical Thingking and Problem Solving)
•
Mengekplorasi/menalar.
1.
Peserta didik mengemukakan isi gambar
tersebut.
2.
Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi
gambar tersebut.
3.
Pada pembelajaran
membaca Q.S. al-Fiil, guru
memberikan contoh bacaan yang benar.
4.
Guru melafalkan secara
berulang huruf-huruf yang dianggap sulit dan peserta didik diminta untuk
menirukan pelafalan tersebut secara bersama. Selanjutnya,
ditunjuk beberapa peserta didik untuk melafalkannya dengan benar.
(Creativity and Innovation)
•
Mengasosiasi/ mencoba.
1.
Guru kembali memberikan
contoh bacaan Q.S. al-Fiil yang benar.
2.
Peserta didik menirukan
bacaan Q.S. al-Fiil bersama-sama.
Selanjutnya, ditunjuk beberapa peserta didik untuk membaca.
3.
Pada kolom kegiatan
“Insya Allah, kamu bisa,” guru membimbing peserta didik untuk mendengarkan
bacaan Q.S. al-Fiil yang benar dari
audio atau radio. Kemudian meminta agar menirukannya secara
berulang.
4.
Pada kolom “Ayo
bernyanyi,” sebagai selingan atau ice breaking, guru mengajak peserta
didik secara bersama-sama menyanyikan lagu “Rasul Menyuruh Mencintai Anak
Yatim,” karya Bimbo.
(Creativity and
Innovation)
•
Komunikasi/demonstrasi/networking
1. Peserta didik mendemonstrasikan membaca Q.S. al-Fiil dengan baik dan benar .
2. Siswa menceritakan sya'faat keuntungan bagi orang yang membaca
al-Qur'an..
3. Dibantu guru peserta didik membuat kesimpulan
(Communication)
|
120
menit
|
3.
|
•
Penutup
1.
Guru melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan
pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan
sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya; (Critical Thingking and Problem Solving)
2.
Tugas, guru meminta peserta didik
memperlihatkan kolom “insya Allah aku bisa” dalam buku teks kepada orang
tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. (Mandiri)
3.
Kegiatan ini dapat juga dilakukan dengan
menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung
dengan orang tua untuk mengamati perkembangan kemampuan peserta didik dalam
penguasaan bacaan, hafalan, dan tulisan Q.S. al-Fiil di rumah.
4. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5. Membaca do’a penutupan majelis taklim
(Subhaanaka Allaahumma wabihamdika asyhadu an laa-ilaaha illaa Anta
astaghfiruka wa-atuubu ilaik)
Artinya : Maha suci Engkau ya Allah, dan dengan memujiMu, aku bersaksi bahwa tiada Illah kecuali Engkau, aku mohon ampun dan bertaubat kepadaMu (Religius) |
10
Menit
|
I.
Penilaian Hasil Belajar
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh
guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran.
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan
individu membaca al-Fil sebagai berikut:
Contoh Rubrik penilaian
Keterangan :
Lancar :
Membaca lancar, pengucapan hurufnya tepat, panjang dan pendeknya benar.
Sedang : Membaca lancar sebagian, panjang pendek
bacaannya benar tetapi pengucapan hurufnya kurang sempurna.
Kurang Lancar : Membaca
tersendat-sendat, panjang pendeknya kurang sempurna.
Catatan:
Perhatikan panjang pendek bacaan!
Catatan Umum:
·
Guru dapat mengembangkan Instrumen Penilaian
sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
·
Guru diharapkan memiliki catatan sikap atau
nilai-nilai karakter yang dimiliki peserta didik selama dalam proses
pembelajaran. Catatan terkait dengan sikap atau nilia-nilai karakter yang
dimiliki oleh peserta didik dapat dilakukan
melalui tabel berikut ini.
Aktivitas dapat disesuaikan dengan kebutuhan,
seperti: disiplin, jujur, sopan santun, dll.
Keterangan:
MK = Membudaya (apabila peserta didik terus
menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara
konsisten).
MB = Mulai Berkembang (apabila peserta didik
sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator
dan mulai konsisten).
MT = Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah
memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator namun
belum konsisten).
BT = Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan
tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
K.
Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, bagi peserta didik yang sudah menguasai
materi, diminta untuk mendampingi temannya (tutor sebaya) untuk
melancarkan bacaan, hafalan dan tulisan Q.S.al-Fil. (guru mencatat dan
memberikan tambahan nilai atau berupa pujian bagi peserta didik yang berhasil
dalam pengayaan).
L. Remedial
Jika ada
peserta didik yang belum lancar membaca, menghafal, dan menulis, guru
memberikan kembali contoh cara membaca, menulis, dan menghafal Q.S.al-Fil yang
benar. Peserta didik diminta mengikuti cara membaca, menghafal dan menulis yang
benar dan menirukannya secara berulang. Pelaksanaan remedial dilakukan pada
hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30 menit setelah jam belajar
selesai (Untuk penilaian dapat dilihat pada poin 5).
M.
Interaksi Guru dan Orang tua
Guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “Ayo berlatih” dalam buku
teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Dapat juga dilakukan
dengan menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung
dengan orang tua untuk bertukar infomasi. Selanjutnya, orang tua mengamati
perkembangan kemampuan peserta didik dalam penguasaan bacaan, hafalan, dan
tulisan Q.S.al-Fil di rumahnya.
Mengetahui,
Kepala Sekolah ......................
........................................,
NIP. ....................................
|
|
Jakarta,....................
2021
Guru PAI
dan BP
........................................
NIP. .................................
|
LINK3: RPP PAI BP Kelas 4 SD Semester 2 ( Mari Belajar Q.S al-Fil ) Kurikulum 2013 Revisi 2021
mungkin cukup disini dulu artikel mengenai RPP PAI BP Kelas 4 Semester 2 ( Mari Belajar Surat al-Fiil ) Kurikulum 2013 yang dapat kita sampaikan, dan untuk yang semester 1 kita sudah tulis di artikel lainnya, wassalam