PENDIDIKAN - Selamat pagi dan selamat beraktifitas untuk bapak ibu guru di seluruh nusantara, pada kali ini kita akan membagikan salahsatu perangkat administrasi yang harus dibuat oleh para guru pendidikan agama Islam pada sekolahan formal jenjang SD / MI , yaitu mengenai Perhitungan KKM PAI dan BP K 13 Update Tahun Pelajaran 2021 Kelas 2 SD revisi terbaru 2021
KKM PAI dan BP Kelas 2 SD Terbaru 2021
KKM singkatan dari Kriteria Ketuntasan Minimum , yaitu nilai terkecil yang harus di capai oleh peserta didik untuk dinyatakan lulus atau berhasil menyelesaikan kompetensi dasar yang telah dipelajari bersama tenaga pengajar, jadi KKM PAI BP ini adalah nilai minimal dari pelajaran Pendidikan Agama Islam yang harus dipenuhi, dan apabila tidak terpenuhi maka harus diadakan remedial sampai nilainya bisa memenuhi KKM
KKM PAI dan BP K 13 Tahun Pelajaran 2021 Kls 2 SD
Perhitungan KKM PAI dan BP Kurikulum 2013 Tahun ajaran 2021 Kls 2 Sekolah Dasar ini dibuat per KD ( kompetensi dasar ) dan selanjutnya diakumulasi menjadi KKM mata pelajan pada suatu jenjang dan semester tertentu, agar lebih spesifik dan mudah untuk dievaluasi nantinya
Perhitungan KKM PAI dan BP Kurikulum 2013 Tahun ajaran 2021 Kls 2 Sekolah Dasar ini dibuat per KD ( kompetensi dasar ) dan selanjutnya diakumulasi menjadi KKM mata pelajan pada suatu jenjang dan semester tertentu, agar lebih spesifik dan mudah untuk dievaluasi nantinya
Contoh KKM PAI dan BP K 13 Tahun Pelajaran 2021 Kls 2 SD
KKM PAI dan BP K 13 Tahun Pelajaran 2021 Kls 2 SD ini kita sajikan dalam format excel ( aplikasi excel , yang sudah ada rumus atau formula didalamnya, jadi sudah automatis perhitungannya ) agar mudah di copy paste dan diedit sesuai dengan keperluan, dan untuk nilai yang tertera juga bisa di ganti sesuai dengan kompleksitas, daya dukung, dan intake siswa, karena pada tiap daerah berbeda-beda, juga pada KD 2 dan KD 1 tidak diberikan nilai visual, karena dalam peraturannya ini masuk pada PTL
( pembelajaran tidak langsung )
Dan berikut ini kita sudah siapkan dan anda tidak perlu download kesana sini :
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM | ||||||
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI | ||||||
Kelas : II | ||||||
Smt : 1 | Tahun Pelajaran : | 2018 -2019 | ||||
No | Kompetensi Dasar | Kriteria | KKM | Ket. | ||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | ||||
1 | 2.1 Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 119 | PTL | ||||
3.16 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW | 65 | 70 | 65 | 67 | ||
4.16 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW | 60 | 65 | 60 | 62 | ||
2 | 4.6.1 Melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas | 65 | 65 | 60 | 63 | |
4.6.2 Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al-‘Ashr dengan benar dan jelas | 60 | 65 | 60 | 62 | ||
2.6 Memiliki sikap berlindung diri kepada Allah SWT sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nas | PTL | |||||
3.6 Mengenal makna Q.S. An-Nas dan Q.S. Al-‘Ashr | 60 | 65 | 55 | 60 | ||
3 | 1.4 Meyakini adanya Allah SWT Yang Maha Mencipta segala yang ada di alam | PTL | ||||
3.2 Mengetahui keesaan Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang dan Maha Suci berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah | 60 | 65 | 55 | 60 | ||
4.2 Melakukan pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan Allah yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah sebagai implementasi iman kepada Allah SWT Yang Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci | 60 | 65 | 55 | 60 | ||
3.3 Mengenal makna Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq | 65 | 65 | 55 | 62 | ||
4.3 Melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya | 65 | 70 | 55 | 63 | ||
4 | 2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36 | PTL | ||||
2.4 Memiliki sikap kerja sama dan tolong-menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2 | PTL | |||||
3.11 Memahami sikap kerja sama dan saling tolong menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2 | 65 | 70 | 55 | 63 | ||
4.11 Mencontohkan sikap kerja sama dan saling tolong menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2 | 65 | 70 | 60 | 65 | ||
2.4 Memiliki sikap kerja sama dan tolong-menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2 | PTL | |||||
3.11 Memahami sikap kerja sama dan saling tolong menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2 | 65 | 70 | 60 | 65 | ||
4.11 Mencontohkan sikap kerja sama dan saling tolong menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2 | 65 | 70 | 60 | 65 | ||
5 | 2.8 Memiliki perilaku hidup sehat dan peduli lingkungan sebagai implementasi dari pemahaman makna berwudhu | PTL | ||||
3.5 Mengenal hadits yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat | 65 | 65 | 55 | 62 | ||
4.5 Menunjukkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna hadits tentang kebersihan dan kesehatan | 70 | 75 | 70 | 72 | ||
1.3 Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah makan | PTL | |||||
3.9 Mengenal makna doa sebelum dan sesudah makan | 60 | 65 | 55 | 60 | ||
4.9 Mempraktikkan doa sebelum dan sesudah makan | 65 | 70 | 65 | 67 | ||
6 | 1.1 Terbiasa berwudhu sebelum shalat | PTL | ||||
3.7 Mengenal doa sebelum dan sesudah wudhu | 65 | 65 | 60 | 63 | ||
4.7 Mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar | 65 | 60 | 60 | 62 | ||
KKM | 63 | |||||
*PTL = Pembelajaran Tidak Langsung (Permendikbud 81A Th 2013) | ||||||
Mengetahui | Cihaur, Juli 2018 | |||||
Kepala SDN ................. | Guru PAI dan Budi Pekerti | |||||
........................ | ..................................... | |||||
NIP ........................ | NIP ............................................ |