Contoh RPP PAI dan BP Kelas 1 SD Semester 1 Kasih Sayang Revisi 2018 Kurtilas

PENDIDIKAN -  Selamat datang dan salam kelanl bapak ibu guru semua, pada kali ini kita ingin memberikan Contoh RPP PAI dan BP Kelas 1 SD Semester 1 Kasih Sayang Revisi 2018 yang mana anda tidak perlu download , tinggal copypastekan pada word dan diganti atau edit sesuai keperluan saja

RPP atau rencana program pembelajaran adalah perangkat guru yang wajib dibuat SEBELUM anda melaksanakan pembelajaran di dalam kelas, jadi sebelum mengajar anak didiknya sudah ada acuan bagaimana memulai, mengisi dan mengevaluasi dan terahir menutupnya, jadi semua sudah terprogram rapih dalam sebuah administrasi yang bernama RPP

Namun bagi para guru yang sibuk biasanya ingin praktis dengan cara download Contoh RPP PAI dan BP Kelas 1 SD Semester 1 Kasih Sayang Revisi 2018 kurikulum 2013, ini memeang efektif dan sangat menyingkat waktu, jadi waktu sepenuhnya bisa fokus ke anak didik saja, tidak usah disibukkan untuik membuat atau mengetik sendiri pada word yang membutuhkan waktu yang lama, apalagi tulis tangan, SUDAH TIDAK MUSIM

Nah, Contoh RPP PAI dan BP Kelas 1 SD Semester 1 Kasih Sayang Revisi 2018 k13 ini dikhususkan untuk bapak/ibu guru mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada jenjang Sekilah dasar kelas 1 semester 1, juga bisa digunakan untuk guru PAI pada MI ( madrasah ibtidaiyah ), dan berikut ini Contoh RPP PAI dan BP Kelas 1 SD Semester 1 tema Kasih Sayang Revisi 2018 atau 2017 sama saja, tidak ada perbedaan dalam esensinya

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           :  SDN ............................
Mata Pelajaran         :  Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester          :  I / I
Tema                          : 1. Kasih Sayang
Alokasi Waktu          :  2 x 4 Jam Pelajaran (2 pertemuan)

A.      Kompetensi Inti
KI-1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI-3    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
1.2 Meyakini adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

2.
2.4 Memiliki sikap pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW

3.
3.12    Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
3.3 Mengenal makna Asmaulhusna: ar-Rahman, ar-Rahim, al-Malik.

3.12.1 Menyebutkan kasih sayang Nabi Muhammad saw.
3.3.1 Menyebutkan ar-Rahman, ar-Rahim
3.3.2 mengartikan ar-Rahman dan ar-Rahim;
4.
4.2 Melafalkan Asmaulhusna: ar-Rahman, ar-Rahim, al-Malik.
4.15 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
4.2.1 menunjukan hafal ar-Rahman dan ar-Rahim dengan artinya
4.12.1 Menceritakan kisah singkat Nabi Muhammad saw
4.12.2 Menunjukan sikap kasih sayang Nabi Muhammad saw.


C.      Tujuan Pembelajaran   
Pertemuan ke-1
Melalui metode ceramah interaktifpeserta didik dapat:
1.      Menyebutkan kasih sayang Nabi Muhammad saw
2.      Menceritakan kisah singkat Nabi Muhammad saw
3.      Menunjukan sikap kasih sayang Nabi Muhammad saw

Pertemuan ke-2
Peserta didik mampu:
a. melafalkan ar-Rahman dan ar-Rahim;
b. mengartikan ar-Rahman dan ar-Rahim;
c. menyebutkan kasih sayang Allah Swt.

D.      Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
            Muhammad Rasulullah menyayangi umatnya
Hari Raya Idul Fitri tiba.
Anak-anak bergembira
ketika Rasulullah pulang.
Ada anak menangis.
Rasulullah berkata,
jangan menangis anakku.
Aku menjadi ayahmu

Solawat Badar
Rahmat keselamatan Allah
tetap untuk Nabi Muhammad
Rahmat keselamatan Allah
tetap untuk kekasih Allah

Pertemuan 2
Ar-Rahman dan ar-Rahim termasuk asmaulhusna.
Nama-nama Allah yang baik.
Ar-Rahman artinya Maha Pengasih
Ar-Rahim artinya Maha Penyayang

E.       Metode Pembelajaran
1.      Ceramah interaktif
2.      Diskusi dalam bentuk the educational-diagnosis meeting artinya peserta didik berbincang
F.       Media, Alat dan Sumber Belajar
1.      Media
-
2.      Alat
Gambar kasih sayang Nabi Muhammad saw
3.      Sumber Belajar
Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD, Kemdikbud Jakarta, 2013, Hal. 1-6, Penulis Achmad Hasim dan Otong Jaelani.

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan
Wkt
1.
Pendahuluan
a. Guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa
b. Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
c. Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
d. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.


20 menit
2.
Kegiatan Inti
Pertemuan ke-1
1)  Guru meminta peserta didik mengamati gambar tentang ciptaan Allah Swt di dalam buku teks.
2) Peserta didik  mengemukakan isi gambar tersebut.
3)                                Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut.
4)                               Guru meminta kembali pendapat peserta didik dari isi gambar pada halaman berikutnya (suasana idul fitri, anak-anak yang lain gembira sementara satu anak sedang bersedih).
5)                                Guru menyampaikan kisah singkat kasih sayang Nabi Muhammad saw. (berkaitan dengan ilustrasi gambar tersebut).
6) Pada kolom “sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “Aku cinta Rasulullah”.
7)                                Guru membimbing peserta didik membacakan salawat badar dan terjemahnya baris  per baris/kalimat per kalimat.
8)                               Pada kolom   “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan dengan teman sebangku untuk memperhatikan dan mencermati gambar tersebut
9)  Selanjutnya mengemukakan isi gambar tersebut (kasih sayang seorang teman terhadap teman lainnya).
10) Pada kolom “insya Allah aku bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (ü) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’.

Pertemuan ke-2
1)   Guru mengajak peserta didik melafalkan ar-Rahman dan ar-Rahim.
2)  Guru memberikan penjelasan arti ar-Rahman dan ar-Rahim.
3)  Guru meminta peserta didik mengamati gambar pada subbab ar Rahman dan ar-Rahim.
4)  Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut.
5)  Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut.
6)  Guru meminta kembali pendapat peserta didik dari isi gambar berikutnya.
7)   Pada kolom “sikapku”, guru meminta peserta didik bersama sama mengucapkan “aku menyayangi temanku”.
8)  Pada kolom “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan (denganteman sebangku) untuk  melafalkan ar-Rahman dan ar-Rahim.
9)  Selanjutnya diminta untuk mengamati peristiwa kasih sayang di rumah dan menceritakan kasih sayang dalam keluarga (hasil kegiatan disampaikan pada pertemuan berikutnya).
10) Pada kolom “insya Allah aku bisa” guru membimbing peserta didik untuk
memberikan tanda (√) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’.
11)  Pada kolom “tugas kelompok” peserta didik melakukannya secara diskusi.

  100 menit
3.
Penutup
a.  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
b. Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
c.  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum memahami keteladanan Nabi Muhammad saw dengan baik;
d. Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

20 menit

H.      Penilaian
Pertemuan ke-1
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan mengamati gambar pada kolom “ayo kerjakan”.

No
Aspek
Nilai
1
2
3
4
1
Penguasaan materi




2
Penguasaan nilai-nilai




3
Keaktifan




4
Kesantunan




Catatan :
*4 =  Sangat Baik                            3 =  Baik
2 =  Sedang                                   1 =  Kurang baik
Rentang Skor  =  Skor Maksimal-Skor Minimal
= 16-4
= 12/4
= 3
MK   = 14-16
MB   = 11-13
MT   = 7-10
BT    = 4-6

Keterangan:
MK =  Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang  dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
MB =  Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT =  Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indicator tetapi belum konsisten).
BT  =  Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).

Pertemuan ke-2
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menjawab pertanyaan pada kolom “ayo kerjakan”.
Penskoran
Benar dan lengkap                  =  100
Benar dengan 1 jawaban        =  50
Tidak menjawab/salah           =  0
Skor yang diperoleh
-------------------------  X  100  = ...
Skor maksimal

Kunci jawaban:
ar-Rahman artinya Allah Maha Pengasih
ar-Rahim artinya Allah Maha Penyayang

I. Pengayaan
Pertemuan ke 1
Peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan berupa gambar yang menceritakan perilaku kasih sayang. Beberapa pilihan dapat dilakukan misalnya menggunting dan menempelkan beberapa gambar yang menceritakan perilaku kasih sayang dalam satu lembar. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).

Pertemuan ke 2
Peserta didik diminta memilah dan menentukan gambar yang mencerminkan kasih sayang atau bukan, atau dengan menceritakan isi gambar tentang kasih sayang yang sejenis (lihat butir 6 sebelumnya).

J. Remidial
Pertemuan ke 1
Peserta didik yang belum menguasai materi pembelajaran, akan dijelaskan kembali  materi kasih sayang Nabi Muhammad saw. Guru melakukan penilaian kembali (lihat butir 5) dalam kegiatan mengamati gambar yang sejenis. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30 menit setelah jam pulang.

Pertemuan ke 2
Guru menjelaskan kembali materi kasih sayang Allah Swt. dan melakukan penilaian kembali. (lihat butir 7 sebelumnya). Dalam tugas kelompok, jumlah peserta didik dalam kelompok disesuaikan. Selanjutnya melalui perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusinya. Kelompok lain menyampaikan pendapatnya. Guru membimbing jalannya diskusi.

J. Iteraksi Guru dan Orang Tua
Pertemuan ke 1
Guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “insya Allah aku bisa” dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Kegiatan ini dapat juga dilakukan dengan menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati perilaku kasih sayang anak dalam keluarganya. Misalnya, orang tua diminta untuk mengamati perilaku kasih sayang peserta didik kepada adiknya.

Pertemuan ke 2
(Lihat butir 8 halaman 4) dalam hal perkembangan pengetahuan dan sikap peserta didik, atau melakukan kunjungan ke rumah peserta didik.

Catatan Orang tua:
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
Catatan Guru
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           :SDN ............................
Mata Pelajaran         : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester          : I / I
Tema                          : 2. Aku Cinta Al-Qur’an
Alokasi Waktu          :  6 x 4 Jam Pelajaran (6 pertemuan)

A.      Kompetensi Inti
KI-1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI-3    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
1.5 Terbiasa membaca basmalah setiap memulai aktivitas.
1.5.1 Melafalkan basmalah dengan benar;
1.5.2 Mendemonstrasikan bacaan basmalah dengan benar.
2.


3.
3.1 Mengenal pesan-pesan yang terkandung di dalam surah al-Fatihah, al-Ikhlas dan Al-’Alaq/96: 1-5.

3.1.1  Menyebutkan pesan-pesan yang terkandung di dalam surah al-Fatihah
4.
4.4 Melafalkan surah al-Fatihah dan surah al-Ikhlas dengan benar dan jelas.
4.6 Menunjukkan hafalan surah al-Fatihah dan surah al-Ikhlas dengan benar
4.1 Melafalkan huruf-huruf hijaiyah dan harakatnya secara lengkap
4.4.1 Menunjukkan hafalan surah al-Fatihah dengan benar.
4.1.1 Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah dengan benar, dan
4.1.2 Mendemonstrasikan bacaan huruf hijaiyah berharakat dengan benar .

C.      Tujuan Pembelajaran   
Pertemuan ke 1
Peserta didik mampu:
a. melafalkan basmalah dengan benar;
b. mendemonstrasikan bacaan basmalah dengan benar.

Pertemuan ke 2
Peserta didik mampu melafalkan surah al-Fatihah dengan benar.

Pertemuan ke 3
Peserta didik mampu menunjukkan hafalan surah al-Fatihah dengan benar.

Pertemuan ke 4
Peserta didik mampu menyebutkan pesan-pesan yang terkandung di dalam surah al-Fatihah dengan benar.

Pertemuan ke 5 dan 6
Peserta didik mampu:
a. mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah dengan benar, dan
b. mendemonstrasikan bacaan huruf hijaiyah berharakat dengan benar .

D.      Materi Pembelajaran
Pertemuan ke 1
Melafalkan basmalah dengan benar

Pertemuan ke 2
Melafalkan surah al-Fatihah dengan benar.

Pertemuan ke 3
Menghafal surah al-Fatihah dengan lancar

Pertemuan ke 4
Pesan Surat Al-Fatihah

Pertemuan ke 5 dan 6
Lafal huruf hijaiyah dan huruf hijaiyah berharakat

E.       Metode Pembelajaran
1.    Ceramah interaktif
2.    Tanya Jawab

F.       Media, Alat dan Sumber Belajar
1.      Media
Tulisan pada karton yang besar dan mudah dibaca
2.      Alat
Gambar kasih sayang Allah SWT
3.      Sumber Belajar
Buku PAI dan Budi Pekerti SD/MI Kls I, Hal. 7-14. Penerbit Kemdikbud RI, 2014

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan
Wkt
1.
Pendahuluan
1)   Guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2)  Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3)  Guru menyapa peserta didik.
4)  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5)  Guru dapat memanfaatkan alternatif media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan di papan tulis atau kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat dibaca). Jika memungkinkan, guru dapat menggunakan
tayangan terawangan, slide (media proyector). Hal ini dilakukan untuk
mengkonkretkan antara apa yang diucapkan dan bentuk tulisannya.

20 menit
2.
Kegiatan Inti
Pertemuan ke 1
1)  Guru memberikan contoh bacaan basmalah yang benar.
2)  Peserta didik menirukan bacaan basmalah bersama-sama, selanjutnya ditunjuk beberapa peserta didik untuk membacanya.
3)  Guru meminta peserta didik mengamati gambar membaca doa sebelum makan bersama keluarga.
4)  Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut.
5)  Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut.
6) Pada kolom “sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “memulai pekerjaan aku baca basmalah”, selanjutnya guru menanyakan kepada beberapa peserta didik tentang pelaksanaan dari “sikapku” tersebut.
7)  Pada kolom   “ayo kerjakan” peserta didik secara bergantian maju ke depan kelas (3-5 peserta didik).
8) Pada kolom “insya Allah aku bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (√) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’.

Pertemuan ke 2
Proses melafalkan dengan langkah berikut ini:
1) Sebelum melafalkan surah al-Fatihah, guru memberikan contoh dengan  tepuk tangan islami, kemudian diikuti peserta didik.   Lakukan dengan  cara bergantian misalnya guru yang mengucapkannya, peserta didik yang tepuk tangan, atau sebaliknya dengan berulang-ulang.
2) Guru melafalkan surah al-Fatihah dengan suara jelas ayat 1 s.d. 3  diikuti seluruh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).
3) Peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan atau berdasarkan tempat duduk secara bergantian melakukan 1-2 kali.
4) Guru melafalkan surah  al-Fatihah dengan suara jelas ayat 1 s.d. 5 diikuti seluruh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).
5) Peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan atau berdasarkan tempat duduk secara bergantian melakukan 1-2 kali.
6) Guru melafalkan surah  al-Fatihah dengan suara jelas, ayat 1 s.d. 7 diikuti seluruh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).
7) Peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan atau berdasarkan tempat duduk secara bergantian melakukan 1-2 kali. Apabila peserta didik belum bisa melafalkan dengan lancar, dapat diulangi melalui cara
yang sama dari langkah 1 s.d. 6. Apabila sudah banyak yang  melafalkan
secara individual,  peserta didik mendemonstrasikan pelafalannya.
8) Pada kolom “sikapku”, guru menjelaskan bahwa peserta didik secara mandiri dapat  melafalkan sendiri.
9) Pada kolom “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku) untuk melafalkan surah al-Fatihah secara bergantian.

Pertemuan ke 3
Proses menghafal dengan langkah berikut ini:
1)   Guru melafalkan dengan cara menghafal surah al-Fatihah dengan suara
jelas ayat 1 s.d 2, diikuti seluruh peserta didik, sesekali meminta salah satu peserta didik untuk menghafalnya (lakukan sebanyak 2 sampai 3 kali).
2)  Mengikuti langkah butir 1, diteruskan ayat 3 sampai ayat 4, ayat 5 sampai
6, dan ayat 7.
3)  Lakukan pola ayat 1 sampai 5, (lakukan sebanyak 2-3 kali).
4)  Diteruskan pola ayat 6 sampai 7, (lakukan sebanyak 2-3 kali).
5)  Pola terakhir ayat 1 s.d. 7 (satu surat utuh) diawali gurunya, kemudian diikuti peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali). Bila belum hafal juga, dapat diulangi melalui cara yang sama dari langkah 1) s.d. 5). Bila sudah banyak yang hafal secara individual, peserta didik mendemonstrasikan hafalannya.
6)  Pada kolom “sikapku”, guru menjelaskan bahwa peserta didik secara
mandiri hafal surah al-Fatihah.
7) Pada kolom “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku) untuk menghafal surah al-Fatihah secara bergantian.

Pertemuan ke 4
1)  Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang pesan-pesan yang terkandung di dalam surah al-Fatihah, secara klasikal atau individual.
2)  Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok dengan kemampuan
yang beragam.
3)  Masing-masing kelompok mendiskusikan pesan-pesan yang terkandung
di dalam surah al-Fatihah.
4)  Menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang   pesan-pesan yang
terkandung di dalam surah al-Fatihah.
5)  Guru membimbing jalannya diskusi dan kelompok yang lain saling
mengoreksi.
6)  Salah satu kelompok atau individu menyampaikan kesimpulan hasil
diskusi.
7)   Guru memberikan penguatan hasil diskusi.
8)  Pada kolom “sikapku”, guru menjelaskan kepada peserta didik akan pentingnya berakhlak baik.
9)  Pada kolom   “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan (dengan
teman sebangku) untuk menyebutkan pesan-pesan surah al-Fatihah
secara bergantian.
10) Pada kolom “insya Allah aku bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (ü) pada kolom ‘sudah’ atau ‘belum’.
Catatan:
Diskusi yang dimaksud  adalah diskusi sederhana;  peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterima agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar.

Pertemuan ke 5
Untuk mengetahui kemampuan awal, guru mencoba secara acak satu atau dua peserta didik untuk melafalkan beberapa huruf hijaiyah dengan memperlihatkan  guntingan kertas yang sudah dibuat guru (media by desain). Pertama melafalkan huruf hijaiyah:
1) Guru mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah per huruf secara berurutan (sebaiknya langsung oleh guru bersangkutan, media audio hanya sebagai pendukung), peserta didik mencermati dan kemudian menirukannya. Pada waktu itu juga guru langsung membimbing dan membetulkan pelafalan yang kurang tepat, baik secara individual ataupun klasikal, sampai akhirnya selesai.
2) Pelafalan huruf per huruf dimaksud, misalkan guru melafalkan “alif”diikuti oleh seluruh peserta didik, lakukan 2-3 kali.
3)  Dilanjutkan dengan melafalkan huruf selanjutnya diikuti oleh seluruhpeserta didik, lakukan 2-3 kali.
4)  Setelah huruf per huruf, guru melafalkan per 4 atau 5 huruf diikuti olehseluruh peserta didik, lakukan 2-3 kali.
5)  Pelafalan dilakukan secara berulang-ulang sehingga benar-benar dikuasaipeserta didik.
6)  Untuk mengetahui penguasaan kompetensi kelas, secara acak gurumenunjuk peserta didik mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah.
7)  Guru memberikan penguatan pelafalan huruf hijaiyah secara lengkap.
8)  Langkah selanjutnya adalah menerapkan model make a match. Caranya,kertas yang bertuliskan huruf hijaiyah dengan bunyi bacaannya dicampur secara acak kemudian secara berkelompok atau berpasangan peserta didik saling mencari pasangan masing-masing huruf dengan terlebih dahulu melafalkan huruf yang akan dicari pasangannya. Ini dilakukan agar proses pelafalan menarik dan menyenangkan.

Pertemuan ke 6
Kedua melafalkan huruf hijaiyah berharakat
1)   Guru mulai mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah dengan harakat
fathah, mulai dari huruf alif sampai ya, diikuti oleh seluruh peserta didik
(lakukan 2-3 kali).
2)  Pelafalan dilakukan secara berulang-ulang sehingga peserta didik benar-
benar mampu melafalkannya dengan benar.
3)  Selanjutnya dengan harakat kasrah dan damah.
4)  Untuk mengetahui penguasaan kompetensi kelas, secara acak guru
menunjuk peserta didik mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah berharakat.
5)  Guru memberikan penguatan pelafalan huruf  hijaiyah berharakat.
6)  Pada kolom “sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “aku senang melafalkan huruf hijaiyah”.
7)  Pada kolom  “ayo kerjakan” peserta didik secara mengamati dan melafalkan huruf hijaiyah.
8)  Pada kolom “insya Allah aku bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (√) pada kolom ‘sudah’ atau ‘belum’.
9)  Pada kolom  “ayo kerjakan” yang kedua peserta didik secara bergantian melafalkan huruf hijaiyah.
10) Pada kolom tugas kelompok peserta didik secara berkelompok melafalkan ayat per ayat surah al-Fatihah.
  100 menit
3.
Penutup
a.       Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
b.      Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
c.       Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok
d.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.


20 menit

H.      Penilaian
Pertemuan ke 1
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam membaca basmalah pada kolom “ayo kerjakan”.
Rubrik penilaiannya sebagai berikut:

No
Nama
Aspek yang dinilai
Jml Skor
Nilai
Ketuntasan
Tndak Lanjut
1
2


T
TT
R
P
1.









2.









3.









Dst.









Aspek yang dinilai       :1. Tajwid                              = Skor 50
2. Kelancaran                          = Skor 50
Nilai Maksimal                       = skor 100
Rubrik Penilaian Diri
Peserta didik diminta untuk memberikan tanda (ü) pada kolom selalu, kadang kadang atau tidak pernah.

No.
Pertanyaan
Selalu
Kadang-Kadang
Belum Pernah

1.
Aku selalu membaca basmalah sebelum  mandi.




2.
Aku selalu membaca basmalah sebelum
berpakaian




3.
Aku selalu membaca basmalah sebelum
pergi sekolah.




4.
Aku selalu membaca basmalah sebelum
berangkat belajar.



Skor: Selalu                     = 10
Kadang-kadang       = 5
Belum pernah          = 0
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  = ... 
Skor maksimal


Pertemuan ke 2
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu melafalkan surah al-Fatihah.
Rubrik Penilaian melafalkan surah al-Fatihah
No.
Nama
Kriteria*
1
2
3
4
5
1.






2.






3.






dst






*Catatan kriteria :
1.  Sangat lancar

2.  Lancar

3.  Sedang

4.  Kurang lancar

5.   Tidak lancar
:

:

:

:

:
Apabila peserta didik dapat melafalkan surah al-Fatihah dengan lancar dan tartil.
Apabila peserta didik dapat melafalkan surah al-Fatihah dengan lancar dan tartil, tapi masih ada kesalahan kurangdari 2.
Apabila peserta didik dapat melafalkan surah al-Fatihah dengan lancar dan tartil, tapi masih ada kesalahan kurangdari 5.
Apabila peserta didik dapat melafalkan surah al-Fatihah dengan kurang lancar.
Apabila peserta didik tidak dapat melafalkan surah al-Fatihah


Pertemuan ke 3
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu  menghafal surah al-Fatihah. Penilaian lihat di butir 5 sebelumnya (kegiatan melafalkan menjadi menghafal).

Pertemuan ke 4
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menjawab pertanyaan pada kolom “ayo kerjakan”.
Penskoran
Benar dan lengkap                  =  100
Benar dengan 1 jawaban        =  50
Tidak menjawab/salah           =  0
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  = ... 
Skor maksimal

Kunbci Jawaban
1. Kasih sayang Allah Swt., taat dan berdoa kepada Allah Swt.
2. Allah Swt.

Pertemuan ke 5 dan 6
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menjawab pertanyaan pada kolom “ayo kerjakan”.
Rubrik Penilaian
No.
Nama Peserta Didik
Kriteria
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
1.




2.




3.





Keterangan:
Lancar
Sedang

Kurang Lancar
:
:

:
Pelafalannya lancar, pengucapan hurufnya tepat, penguasaan huruf lengkap.
Pelafalannya lancar sebagian, tetapi pengucapan hurufnyakurang sempurna, penguasaan huruf kurang lengkap.
Pelafalannya tersendat-sendat pengucapan hurufnya kurang  sempurna, penguasaan huruf lengkap

I. Pengayaan
Pertemuan ke 1
Peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan yaitu dengan menanyakan kegiatan apa saja yang harus dimulai dengan bacaan basmalah. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).

Pertemuan ke 2
Dalam kegiatan pembelajaran, bagi peserta didik yang sudah menguasai materi, diminta untuk memberikan bimbingan pelafalan surah al-Fatihah kepada teman lain yang belum lancar. (lihat butir 6 sebelumnya)

Pertemuan ke 3
Dalam kegiatan pembelajaran, bagi peserta didik yang sudah menguasai materi, diminta untuk memberikan bimbingan menghafal kepada teman lain yang belum lancar (lihat butir 6 sebelumnya)

Pertemuan ke 4
Peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran diberikan pengembangan materi dari pesan surah al-Fatihah (lihat butir 6 sebelumnya).

Pertemuan ke 5 dan 6
Peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaraan diberikan pengembangan materi dengan menambahkan harakat yang lain (fathatain, kasratain, dammatain, dll.)


J. Remidial

Pertemuan ke 1
Peserta didik yang belum menguasai materi akan diberikan contoh kembali bacaan basmalahyang benar. Untuk penilaian lihat butir 5. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang  disesuaikan, misalnya 30 menit setelah jam pulang.

Pertemuan ke 2
Lihat butir 7 sebelumnya, guru memberikan contoh pelafalan kembali surah al-Fatihah (penilaian ikuti butir 5).

Pertemuan ke 3
Lihat butir 7 sebelumnya, guru memberikan kegiatan menghafal kembali surah al-Fatihah (penilaian ikuti butir 5).

Pertemuan ke 4
Lihat butir 7 sebelumnya, guru memberikan penjelasan kembali pesan surah al-Fatihah (penilaian ikuti butir 5).

Pertemuan ke 5 dan 6
Lihat butir 7 sebelumnya. Guru memberikan contoh pelafalan kembali huruf hijaiyah berharakat (penilaian ikuti butir 5).

K. Interaksi Guru dan Orang Tua
Pertemuan ke 1
Guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “insya Allah aku bisa” dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Kegiatan ini dapat juga dilakukan dengan menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk bertukar infomasi. Selanjutnya, orang tua mengamati anaknya dalam memulai kegiatan yang diawali bacaan basmalah di lingkungan keluarga.

Pertemuan ke 2
(Lihat butir 8 sebelumnya) orang tua mengamati perkembangan kemampuan peserta didik dalam penguasaan pelafalan surah al-Fatihah.

Pertemuan ke 3
Lihat butir 8 sebelumnya, orang tua mengamati perkembangan kemampuan peserta didik dalam menunjukkan proses menghafal surah al-Fatihah.

Pertemuan ke 4
Lihat butir 8 sebelumnya, orang tua mengamati kemampuan peserta didik dalam menyebutkan pesan surah al-Fatihah.

Pertemuan ke 5 dan 6
Lihat butir 8 sebelumnya, orang tua mengamati kemampuan peserta didik dalam melafalkan huruf hijaiyah dan harakatnya.

Catatan Orang tua:
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
Catatan Guru
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah           : SDN............................
Mata Pelajaran         : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester          : I / I
Tema                          : 3. Iman Kepada Allah Swt
Alokasi Waktu          :  2 x 4 Jam Pelajaran (2 pertemuan)

A.    Kompetensi Inti
KI-1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI-3    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
1.2 Meyakini adanya Allah Swt. yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang

a. Menyebutkan bukti-bukti adanya Allah Swt. dengan benar;
b. Menjelaskan bukti-bukti adanya Allah Swt. dengan benar.
2.


3.
3.2    Mengenal keesaan Allah Swt. berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.
3.2.1 menyebutkan keragaman anggota tubuh sebagai bukti keesaan Allah Swt. dengan benar;
3.2.2  menyebutkan manfaat keragaman anggota tubuh sebagai bukti keesaan Allah Swt. dengan benar;
3.2.3  menyebutkan keragaman anggota keluarga di rumah sebagai bukti  keesaan Allah Swt. dengan benar, dan
3.2.4  menyebutkan keragaman di lingkungan sekolah sebagai bukti keesaan Allah Swt. dengan benar.




C.      Tujuan Pembelajaran   
Pertemuan ke 1
Peserta didik mampu:
a. menyebutkan bukti-bukti adanya Allah Swt. dengan benar;
b. menjelaskan bukti-bukti adanya Allah Swt. dengan benar.

Pertemuan ke 2
Peserta didik mampu:
a.   menyebutkan keragaman anggota tubuh sebagai bukti keesaan Allah Swt. dengan benar;
b.   menyebutkan manfaat keragaman anggota tubuh sebagai bukti keesaan Allah Swt. dengan benar;
c.   menyebutkan keragaman anggota keluarga di rumah sebagai bukti  keesaan Allah Swt. dengan benar, dan
d.   menyebutkan keragaman di lingkungan sekolah sebagai bukti keesaan Allah Swt. dengan benar.

D.      Materi Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Yakin Allah Swt. Itu Ada

Pertemuan ke-2
Allah Swt Itu Esa

E.       Metode Pembelajaran
Diskusi dalam bentuk the educational-diagnosis meeting artinya peserta didik berbincang
F.       Media, Alat dan Sumber Belajar
1.      Media
Illustrasi gambar atau tayangan visual (film) yang relevan
2.      Alat
Gambar kasih sayang Allah SWT
3.      Sumber Belajar
Buku PAI dan Budi Pekerti SD/MI Kls I, Hal. 15-19 Penerbit Kemdikbud RI, 2014.

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan
Wkt
1.
Pendahuluan
a.       Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dengan penuh khidmat;
b.     Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.     Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadirandan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.    Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi
e.     Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai


20 menit
2.
Kegiatan Inti
Pertemuan ke 1
1)   Guru meminta peserta didik mengamati gambar tentang ciptaan Allah
di dalam buku teks.
2)  Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut.
3)  Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang ada dalam
buku teks dan apa yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar
tersebut.
4) Pada kolom “sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama
mengucapkan “Aku percaya Allah itu ada” sebagai penguatan dari
penjelasan materi.
5) Guru membimbing peserta didik menyanyikan lagu yang ada dalam kotak. (judul lagu “agamaku Islam” mengikuti lagu topi saya bundar.
6)  Mengerjakan kolom   “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku).
7)   Pada kolom “insya Allah aku bisa” guru membimbing peserta didik untuk
memberikan tanda (
ü) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’.

Pertemuan ke 2
(Lihat tujuan pembelajaran butir a dan b)
1)  Guru meminta peserta didik mengamati gambar anggota tubuh (panca
indra) di dalam buku teks.
2)  Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut.
3)  Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang ada dalam
buku teks dan apa yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar
tersebut.
4) Pada kolom “sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama
mengucapkan “Aku bersyukur kepada Allah diberi anggota tubuh” sebagai penguatan dari penjelasan materi.
5)  Mengerjakan kolom   “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku).
(Lihat tujuan pembelajaran butir c)
1)   Guru meminta peserta didik mengamati gambar anggota keluarga didalam buku teks.
2)  Ikuti butir 2 dan 3 sebelumnya.
3)  Pada kolom “sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “aku bersyukur kepada Allah diberikan keluarga” sebagai penguatan dari penjelasan materi.
4)  Mengerjakan kolom   “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku).
(Lihat tujuan pembelajaran butir d)
1)   Guru meminta peserta didik mengamati 2 gambar suasana berteman dan belajar bersama guru di sekolah di dalam buku teks.
2)  Ikuti butir 2 dan 3 sebelumnya.
3)  Pada kolom “sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “Aku Percaya Allah Maha Esa” sebagai penguatan dari penjelasan materi.
4)  Mengerjakan kolom “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku).
5)  Pada kolom “insya Allah aku bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (ü) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’.

  100 menit
3.
Penutup
a.       Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
b.      Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
c.       Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok
d.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.


20 menit

H.      Penilaian
Pertemuan ke-1
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menjawab pertanyaan pada kolom “ayo berlatih”.
Penskoran

Benar dan lengkap                  =  100
Benar dengan 1 jawaban        =  35
Tidak menjawab/salah           =  0
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  = ... 
Skor maksimal
Kunci jawaban:
1.  Allah Swt.
2.  manusia
3.  bersyukur
4.  Allah Swt.

Pertemuan ke-2
Guru melakukan penilaian peserta didik dalam kegiatan individu menjawab pertanyaan pada kolom “ayo berlatih”.
Penskoran

Benar dan lengkap                  =  100
Benar dengan 1 jawaban        =  20
Tidak menjawab/salah           =  0
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  = ... 
Skor maksimal

Kunci jawaban:
1. Mata, hidung, mulut, telinga, dan tangan (jawaban dikembangkan)
2. Melihat
3. Patuh, taat (jawaban dikembangkan)
4. Rukun (jawaban dikembangkan)
5. Hormat (jawaban dikembangkan)

I.         Pengayaan
Pertemuan ke-1
Peserta didik diminta memilah dan menentukan gambar yang menunjukkan bukti ciptaan Allah atau bukan, atau dengan menceritakan isi gambar tentang bukti adanya Allah Swt. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).

Pertemuan ke-2
Peserta didik diminta memilah dan menentukan gambar yang menunjukkan bukti Allah Maha Esa (tentang diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekolah), atau dengan menceritakan isi gambar tentang bukti Allah Maha Esa. (lihat
butir 6 sebelumnya).

J.        Remidial
Pertemuan ke-1
Guru menjelaskan kembali materi Allah Swt. itu Ada dan melakukan penilaian  kembali (lihat butir 5) dalam kegiatan mengamati gambar yang sejenis. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30 menit setelah jam pulang.

Pertemuan ke-2
Ikuti butir 7 sebelumnya (sesuaikan dengan materi bukti Allah Maha Esa).

K.      Interaksi Guru dan Orang Tua
Pertemuan ke-1
Guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “insya Allah aku bisa”  dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf.

Pertemuan ke-2
Lihat butir 8 sebelumnya dalam hal mengamati perilaku peserta didik di lingkungan keluarga.

Catatan Orang tua:
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
Catatan Guru
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................


Nah, itulah Contoh RPP PAI dan BP Kelas 1 SD Semester 1 Kasih Sayang Revisi 2018 tahun pelajaran 2018 - 2019 yang dapat kita sampaikan, dan jangan lupa kunjungi yang kelas 2, 3, 4, 5, 6, SD atau Kelas 7, 8, 9, SMP dan juga Kelas 10, 11, 12 SMA pada artikel lainnya. terimakasih

Postingan terkait: